top of page

Cara Memperbaiki Genset yang Tidak Keluar Arus Listrik Secara Praktis


Cara Memperbaiki Genset yang Tidak Keluar Arus Listrik Secara Praktis

Dalam pemakaian Genset, tidak selamanya Genset itu bisa terus beroperasi, atau bisa juga Genset suatu saat akan mengalami kendala, kerusakan, apalagi jika tidak dirawat dengan semestinya. Salah satu masalah pada Genset yang cukup sering ditemukan adalah tidak keluar arus tegangan listrik. Tetapi tetap, setiap masalah akan ada solusi dan cara untuk memperbaikinya, begitu juga dengan Genset yang tidak keluar arus.


Melalui artikel ini, kami akan memberikan anda semua sebuah pelajaran atau solusi dalam mengatasi masalah Genset yang tidak keluar arus listrik, dimana cara kami adalah cara yang praktis dan pastinya bisa anda mengerti. Dan dengan begitu, maka silahkan anda simak cara praktis memperbaiki Genset yang tidak keluar arus, dengan menyimak artikel Jalur Pulsa ini selengkapnya!


Inilah Cara Praktis Untuk Memperbaiki Genset yang Tidak Keluar Arus Listrik

Tentunya cara memperbaiki Genset yang tidak keluar arus listrik, anda harus pahami dulu apa masalah yang disebabkan oleh Genset sehingga tidak keluar arus listrik, karena pemeriksaan dan perbaikan pada setiap sumber itu berbeda. Oleh karena itu pada tahapan pembahasan kami ini, kami akan jelaskan cara memperbaiki Genset yang tidak keluar arus berdasarkan sumber kerusakannya.


Saklar Utama Genset Belum Terhubung

Sebelum pada masalah serius, bisa jadi Genset tidak keluar arus listrik disebabkan karena keteledoran sang pemakai, yang dimana saklar utama Genset masih belum terhubung, atau bisa juga karena saklar sudah rusak Cara memperbaikinya, anda harus melakukan penggantian pada saklar utama, itu agar listrik dari Genset dapat terhubung ke instalasi listrik. Selain itu, anda semua harus memeriksa kondisi fisik kabel, apakah dalam keadaan bagus atau tidak.


Mesin Genset Tidak Beroperasi dengan Normal

Perlu anda tahu, Genset yang normal akan menghasilkan tegangan pada putaran mesin 1500 Rpm, jadi jika tidak 1500 Rpm maka berarti Genset sedang rusak. Untuk memperbaikinya, anda nyalakan dulu mesin penggerak dari Genset tersebut, jika kurang atau lebih dari 1500 Rpm, maka anda bisa lakukan penyesuaian agar putaran mesin Genset berada di 1500 Rpm.


Rotating Rectifier (Diode) Rusak

Diode bisa jadi sumber masalah pada Genset yang tidak mengeluarkan arus listrik, oleh karena itu cobalah anda periksa kabel-kabel pada Diode, dan pastikan apakah itu terhubung atau dalam keadaan bagus. Apabila ada yang jebol pada Rotating Rectifier, maka anda bisa bongkar satu persatu Diode tersebut, lalu ukur menggunakan Ohmmeter atau multitester untuk mengukur tahanan Ohm. Jika ada yang tidak terhubung karena jebol, maka anda ganti saja Diode yang baru dengan tipe yang sama.


AVR Genset yang Rusak

Untuk tahu AVR Genset rusak atau tidak, maka anda bisa lakukan pemeriksaan X, XX di AVR dengan menggunakan Voltmeter DC atau multitester untuk Volt DC. Nah apabila tidak ada tegangan yang keluar dari terminal X, XX maka bisa disimpulkan AVR telah rusak. Lalu untuk mengatasinya, anda bisa lakukan penggantian atau perbaikan, atau bisa juga anda lakukan reset pengaman agar bisa terkoneksi kembali.


Gulungan Exciter Stator Rusak

Rusak atau tidaknya gulungan Exciter Stator, anda bisa cek dengan cara pengukuran nilai tahanan, dengan menggunakan ohmmeter atau multitester ohm. Cara memperbaikinya apabila ada kerusakan, pertama cek tahanan isolasi pada kabel gulungan, apabila kurang dari 3Megaohm maka gulungan ada masalah. Gulungan ada masalah, jika lembab anda bisa coba keringkan, tetapi jika tidak maka bisa dilakukan penggantian.


Itulah artikel pembelajaran pada kali ini, dimana bermanfaat bagi anda dalam mengatasi masalah Genset yang tidak keluar arus listrik. Tentunya dengan mempelajari hal-hal diatas, anda seharusnya tidak perlu khawatir dalam menggunakan Genset. Dan bagi anda yang ingin mengganti Genset atau memiliki Genset, maka kami rekomendasikan Genset Tenka, yang mana anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.

Comments


bottom of page