Cara Menangani Busi Kotor atau Rusak Pada Genset Secara Efektif



Apa itu busi? Busi adalah suatu suku cadang yang dipasang pada mesin pembakaran dalam dengan ujung elektrode pada ruang bakar. Selain itu, busi dapat juga dipasang untuk membakar bensin yang telah dikompres oleh piston, dengan percikan dari busi berupa percikan elektrik. Nah layaknya beberapa mesin kendaraan, busi juga ada pada mesin Genset, dengan fungsi serta kegunaan yang cukup sama.


Pada dasarnya, busi bisa berfungsi memberikan percikan api untuk membakar campuran udara dan bahan bakar yang terkompresi di ruang bakar. Nah percikan api itu dihasilkan dari tegangan listrik yang disalurkan oleh koil ke busi. Namun tentu percikan akan sulit dihasilkan, hal itu apabila busi pada suatu mesin mengalami rusak atau hanya kotor. Oleh karena itu, anda tentunya perlu simak artikel ini, dikarenakan kami akan jelaskan cara menangani busi kotor atau rusak pada suatu Genset.

Inilah Penyebab Busi Kotor atau Rusak Pada Genset yang Wajib Diketahui Semuanya

  • Adanya pemakaian yang intens, sehingga lama kelamaan busi akan kotor dengan sendirinya.

  • Busi yang kotor dapat disebabkan adanya perbandingan bahan bakar dan udara yang tidak tepat, sehingga munculnya deposit karbon di kepala busi Genset.

  • Adanya suplai bahan bakar dari karburator yang terlalu banyak, sehingga dengan begitu maka campurannya dengan udara tidak ideal yang mengakibatkan busi tersebut menjadi kotor.

  • Lalu filter udara yang kotor bisa juga pemicu busi menjadi cepat kotor. Itu karena adanya debit udara yang dibutuhkan untuk mendapatkan campuran bahan bakar dan udara yang ideal menjadi sulit tercapai. Jadi filter udara yang sangat kotor akan menjadi penghalang bagi udara untuk masuk ke intake. Hasilnya, kevakuman pada selang udara setelah filter menjadi lebih besar.

  • Kualitas bahan bakar Genset yang rendah juga mampu menurunkan kinerja mesin, akibatnya busi lebih cepat tertutup karbon karena proses pembakaran tidak maksimal secara terus menerus, sehingga dengan begitu busi akan kotor.

  • Menggunakan busi yang tidak tepat atau sesuai, sehingga dengan begitu maka busi dapat mendingin dan terjadilah deposit karbon.

  • Adanya kebocoran kompresi mesin, sehingga menyebabkan hilangnya tekanan di silinder ruang pembakaran atau combustion chamber, yang mana dapat menyebabkan juga kerusakan pada busi.

  • Adanya korsleting di jalur pengapian, sehingga busi akan rusak dengan sendirinya.

  • Posisi pemasangan busi yang tidak tepat, sehingga bisa menyebabkan banyak masalah pada mesin, seperti tenaga Genset mulai mengurang, hingga busi yang jadi cepat mati atau rusak.

Inilah Beberapa Cara Efektif Untuk Menangani Busi yang Kotor atau Rusak Pada Genset

  • Cara efektif untuk menangani busi yang kotor, jelas adalah membersihkan busi yang kotor tersebut. Dimana membersihkan busi pada Genset juga harus tepat dan sesuai.

  • Melakukan pembakaran pada bagian elektroda, dimana itu bisa menggunakan api kecil. Sehingga hasilnya dapat memicu busi kembali hidup.

  • Memeriksa apakah posisi busi tepat, karena bisa jadi adanya posisi busi yang melenceng, sehingga busi bisa mendadak mati hingga menyebabkan kerusakan.

  • Mencoba memecahkan bagian kaca pemantiknya, dimana dengan memecahkan terlebih dahulu bagian kaca keramiknya menggunakan obeng, tang atau batu.

  • Menggosok bagian atas busi dengan amplas, yang dimana cara ini adalah cara ampuh untuk busi yang sudah tua.

  • Untuk memperbaiki busi yang rusak, anda bisa melakukan peregangan pada bagian cop-nya, hal itu agar api yang dihasilkan oleh busi bisa berpindah ke bagian cop. Lalu setelah api berhasil dinyalakan, maka kemudian anda bisa memasang kembali cop dan Genset sudah dapat digunakan kembali.

  • Mengatur celah dari katup busi, dimana itu bertujuan untuk melihat percikan terbaik yang bisa dihasilkan dari busi Genset.

  • Membakar ujung busi, jika suhu busi tersebut sudah kembali normal, maka langsung saja pasang busi pada tempatnya.

  • Terakhir adalah dengan membeli yang baru, itu karena yang baru memiliki kualitas yang masih utuh, ditambah lagi busi yang sudah rusak akan berkemungkinan besar memiliki masalah yang sama pada suatu saat nanti.


Jadi itulah cara menangani busi kotor atau rusak pada Genset, berikut juga dengan penyebabnya. Semoga bermanfaat untuk anda, dan juga bisa di share kepada yang lainnya. Tertarik untuk memiliki Genset? Maka cari produk terbaik dan berkualitas layaknya Tenka. Mengenai Genset Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.