top of page

Cara Efektif Mencegah Kerusakan pada Selang Industri



Selang industri adalah selang yang memang sangat diandalkan di hampir semua pekerjaan industri, tetapi sebenarnya bukan hanya di industri saja, melainkan ada juga di beberapa sektor pekerjaan lain selain industri. Hal itu karena selang industri memiliki kelebihan yang lebih tahan lama, kuat dan tahan panas, yang mana itu adalah kelebihan yang hampir dicari di semua sektor pekerjaan yang membutuhkan peran selang.


Ciri dari selang industri umumnya ada pada bahan pembuatannya, yakni umumnya terbuat dari bahan-bahan beragam yang kuat, seperti salah satunya hypoallergenic dengan bakteri resisten untuk memastikan ia selamat digunakan dalam lingkungan yang berpotensi penuh dengan toksin. Nah apapun bahan pembuatan dari selang industri, tentu selang industri memang sudah seharusnya dirawat, terutama dijaga dari potensi kerusakannya.


Inilah Cara-Cara Efektif Mencegah Kerusakan pada Selang Industri


Selang industri adalah satu dari semua selang yang dapat rusak jika tidak dirawat dengan benar serta tepat. Namun meski sudah merawatnya, tapi ada saja hal lain yang bisa membuat rusak selang industri, seperti tidak menerapkan pencegahan yang terarah agar selang industri bisa selamat dari potensi besar kerusakan. Oleh karena demikian, Anda sebagai pemilik atau yang memiliki tanggung jawab pada kondisi selang industri, tentu harus bisa mencegah kerusakan pada selang industri. Nah adapun cara efektifnya adalah:


Selalu Menjaga Kebersihan Selang Industri

Kebersihan adalah pangkal kesehatan, istilah tersebut ternyata juga turut berlaku pada beberapa peralatan yang berguna. Oleh karena itu, alat seperti selang pun juga patut diperhatikan kebersihannya. Yakni jika kotor segera bersihkan, atau jika memang sudah waktunya alangkah baiknya dibersihkan dengan kurun waktu yang rutin.


Kotoran pada selang industri jelas bisa memicu kerusakan pada selang industri. Hal itu karena bisa saja kotoran pada selang industri memicu korosi, atau menghambat pergerakan atau penggunaan selang industri sebagaimana mestinya. Alhasil jika dibiarkan begitu saja, selang industri pun akan rusak bahkan semakin parah kedepannya.


Rutin Memberikan Pelumas Khusus pada Selang Industri

Selang industri nyatanya juga memerlukan pelumasan, tepatnya pada komponen selang yang terbuat dari bahan atau material logam, seperti connector, klep, dan lain sebagainya. Walau begitu, teknik pelumasan pada selang juga harus turut diperhatikan, yakni jangan sampai pelumas mengkontaminasi bagian dalam selang, atau malah membuat selang tidak bekerja dengan benar.


Ada banyak jenis pelumas selang industri yang bisa Anda terapkan pada selang-selang industri Anda. Tetapi pastikan pelumasan yang dilakukan tepat adanya, yang mana kemudian dilanjutkan dengan melakukannya secara rutin atau berkala. Tujuannya, agar tidak seret pada komponen yang dapat melakukan pergerakan, atau dapat membuat selang tersebut awet atau kuat terhadap korosi.


Tidak Menggunakannya Secara Sembarangan

Seperti halnya dengan alat atau benda lainnya, penggunaan selang yang salah atau sembarangan yang tidak dilengkapi dengan pengetahuan, maka itu bisa membuat kondisi selang lama kelamaan menjadi rusak. Jadi dengan begitu, perhatikan penggunaan selang industri dengan benar dan tepat, alias tidak menggunakannya secara berlebihan atau sesuai dengan penggunaan yang sebenarnya.


Menempatkan Selang pada Tempat yang Sebenarnya

Berbeda dengan selang lainnya, selang industri harus mendapatkan pelayanan khusus pada tempat penempatannya. Ini menjadi hal penting yang harus diterapkan pada selang industri, karena selang industri yang tidak ditempatkan di tempat yang tepat, bisa membuat kondisi selang rusak, mulai dari bengkok permanen, hingga kulit luar selang yang retak ataupun lainnya.


Jadi ada baiknya selang industri ditaruh atau ditempatkan ditempat yang memang dianjurkan. Tempat tersebut antara lain tempat yang bersih tidak lembab, jauh dari komponen atau benda berbahaya, hingga sebagainya yang tidak mempengaruhi kondisi selang industri tersebut.


Lakukan Pemeriksaan Selang Industri Secara Berkala dan Bertahap

Meski tidak dirasa ada masalah atau ditemukan adanya masalah pada selang industri, tetapi ada baiknya selang industri dilakukan pemeriksaan secara berkala. Tujuannya adalah bisa mengetahui kondisi selang, yang mana jika ada kerusakan maka itu bisa dengan segera diketahui hingga bisa segera diperbaiki.


Pemeriksaan selang industri pun dapat dilakukan secara berkala dalam kurun waktu tertentu, begitu juga perbaikan yang bisa dilakukan secara bertahap dengan benar. Dampak dari cara ini, pastinya bisa mencegah kerusakan selang industri, hingga juga bisa membuat selang industri Anda menjadi selang yang tahan lama, awet, serta akan selalu prima ketika hendak digunakan nantinya.


Jadi itulah artikel dari kami yang membahas mengenai cara efektif mencegah kerusakan pada selang industri. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua untuk mengetahui serta mengaplikasikannya pada selang industri Anda. Bilamana Anda tertarik dengan selang yang terbaik serta berkualitas, maka kami rekomendasikan kepada Anda yakni selang Toyox yang ada di IndahJaya.com


Comments


bottom of page