top of page

Mencegah Resiko dengan Menggunakan Selang Antistatis di Tempat Kerja



Penggunaan selang secara umum bisa digunakan untuk media penghantaran fluida atau cairan ke tempat yang terarah atau dari ujung selang tersebut. Ini bisa terjadi dari selang yang tersambung dengan pompa serta sumber air yang memang hendak dialirkan. Dengan peranannya tersebut, maka banyak kebutuhan akan air mudah tercapai secara cepat. Ini bahkan juga pada media penghantaran material lainnya yang berbeda dari air.


Selang bukan hanya bisa diandalkan untuk menghantarkan air, dia juga bisa diandalkan untuk menghantarkan material lainnya yang memungkinkan, seperti angin, pasir, minyak, bahkan bubuk sekalipun. Namun selang yang digunakan untuk menghantarkan material lain selain air bersih, cenderung akan mengalami masalah yang membuat selang tersebut tidak layak pakai. Adapun masalah yang ada serta solusinya, adalah dengan selang antistatis.

Informasi Mengenai Selang Antistatis yang Dapat Mencegah Resiko di Tempat Kerja

Apa itu anti statis? Nah antistatis "Anti Static", adalah semacam alas (tatakan) yang mempunyai sifat anti statik, artinya tidak bersifat menarik debu debu halus seperti pada umumnya bahan plastik. Jelasnya antistatis itu adalah sebuah perlindungan yang dapat melindungi objek tertentu dari listrik statis. Untuk antistatis di selang yang dikenal selang antistatis, dia adalah selang yang bisa memiliki struktur khusus.


Itu adalah kemampuan dalam menyebarkan listrik statis di dalam selang sehingga mencegah beberapa materi menempel dan menyumbat di dalam saluran selang. Ini juga jelas akan memastikan kelancaran pengangkutan untuk jangka waktu lama sehingga ideal untuk mengangkut serbuk plastik dan bahan butiran lainnya yang ada pada beberapa tempat kerja. Jadi selang antistatis memiliki keunggulan, salah satunya yakni mencegah beberapa resiko. Apa resikonya antara lain adalah:


  • Selang tersumbat yang menyebabkan selang menjadi macet. Bila dibiarkan maka selang pun bisa rusak, seperti bocor atau kendor. Jadi selang antistatis dapat menghindarkan dari resiko tersebut, dikarenakan selang tersebut mencegah beberapa materi menempel dan menyumbat di dalam saluran selang.

  • Apa yang tersumbat pun dapat memicu bau, ini terjadi bila yang tersumbat adalah kotoran. Nah selang yang bau pastinya adalah selang yang terkontaminasi bakteri, yang mana itu akan membuat penyakit bagi tubuh kita. Oleh karena itu, penting adanya selang antistatis yang dapat mencegah materi menempel, terutama material yang kotor serta bau.

  • Selang antistatis tepat adanya untuk tempat kerja seperti industri yang memproduksi bubuk. Ini karena selang dengan sistem antistatis mampu mengarahkan bubuk teralirkan dengan sempurna tanpa satupun bubuk menempel dalam selang. Perlu Anda ketahui, bubuk yang menempel dalam selang lama kelamaan akan menumpuk. Hal itu pun menjadi salah satu faktor selang dapat mampet bahkan pecah dengan sendirinya.

  • Mencegah keausan, ini karena selang antistatis adalah selang tahan aus yang memang bisa dilakukannya karena selang tersebut menambahkan kawat logam untuk mencapai efek anti-statis.

  • Selang antistatis juga mencegah Anda dari yang namanya pemborosan. Alasannya karena selang antistatis adalah selang dengan ketahanan aus tinggi serta daya tahan yang cukup panjang. Alhasil selang tersebut akan bisa terus tetap awet serta berumur panjang.


Dan itulah bagaimana selang antistatis bisa mencegah resiko yang ada di tempat kerja. Sekian artikel dari kami, kiranya bisa bermanfaat bagi Anda semua. Nah Anda yang ingin memiliki selang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah selang dari Toyox. Mengenai selang dari Toyox, Anda bisa dapatkan itu atau ketahui lebih lengkap di IndahJaya.com

bottom of page