top of page

Menemukan Genset Terbaik, Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan


Menemukan Genset Terbaik, Ini Hal-hal yang Harus Diperhatikan

Istilah genset lebih akrab dikenal daripada generator set. Alat ini banyak digunakan sebagai sumber energi listrik di sejumlah industri. Generator set menjadi kebutuhan wajib industri agar aktivitas produksi dapat tetap berlangsung sekalipun listrik tengah padam.


Selain untuk kebutuhan industri, generator set dapat Anda gunakan di dalam rumah. Terlebih akhir-akhir ini PLN kerap melakukan pemadaman listrik bergilir di sejumlah wilayah sehingga mengganggu aktivitas kita saat berada dalam rumah.


Sebagai kebutuhan sehari-hari, generator set dapat Anda gunakan untuk memberikan daya listrik bagi sejumlah peralatan elektronik berkekuatan besar. Karena aliran listrik dari generator set cenderung stabil.


Karena kebutuhan alat ini cukup krusial, terutama untuk sejumlah industri maka sebelum membelinya perlu memperhatikan beberapa hal. Baik itu tips memilih generator set berkualitas maupun beberapa kesalahan saat membelinya.


Tips Memilih Genset Terbaik agar Tidak Kecewa


Untuk mendapat generator set terbaik sesuai dengan kebutuhan dan tahan lama. Berikut beberapa tips memilihnya yang perlu Anda perhatikan, di antaranya:


Mengetahui Tipe Generator Set


Secara umum genset memiliki 2 tipe yaitu open dan silent. Tipe silent tidak berisik atau tingkatnya relatif rendah karena memiliki peredam suara, cocok digunakan di rumah, hotel dan restaurant. Sedangkan tipe open lebih cocok digunakan di pabrik karena bising.


Pertimbangkan Besar Dayanya


Sebelum membeli generator set, perhatikan juga besar daya yang dibutuhkan untuk menyalakan sejumlah elektronik. Misalnya dengan menghitung total daya yang dibutuhkan oleh lampu, kulkas, AC dan peralatan lainnya.


Ketahui Bahan Bakarnya


Ketahui bahan bakar genset yang dibutuhkan karena setiap tipe berbeda-beda. Di antaranya bensin, solar dan propana. Pilihlah bahan bakar yang paling mudah untuk ditemukan sehingga Anda tidak akan kesulitan saat mencarinya.


Pertimbangkan Kelengkapan Tempat Membeli


Pertimbangkan juga kelengkapan tempat membeli untuk mempermudah proses perbaikan jika suatu hari rusak. Misalnya sparepart tersedia lengkap agar generator set tetap terawat baik atau memilih tempat yang sudah berdiri lama dan banyak melakukan penjualan.


Pertimbangkan Garansi


Garansi merupakan hal utama yang penting Anda pertimbangkan saat membeli genset. Pilihlah garansi panjang agar lebih untung karena barang cenderung rusak jika sudah memasuki pemakaian minimal 6 bulan hingga satu tahun untuk menguji ketahanannya.


Inilah 3 Kesalahan Membeli Generator Set


Beberapa kesalahan saat membeli generator set penting diketahui sebagai pembelajaran sehingga tidak terulang lagi. Dengan begitu, Anda tidak akan rugi saat melakukan transaksi pembelian dan alat yang dibeli bisa berumur panjang. Berikut di antaranya:


Tidak Mempelajari Cara Menggunakan Sebelum Membelinya


Kesalahan pertama, pembeli tidak mempelajari terkait cara mengoperasikannya sehingga ketika digunakan sulit untuk menyala. Maka dari itu pastikan terlebih dahulu bahwa generator set yang Anda beli dapat berfungsi dengan baik.


Tidak Mengetahui Tingkat Keamanan Generator Set


Kesalahan kedua, pembeli tidak mengetahui bagaimana tingkat keamanan genset sehingga dapat menimbulkan masalah di kemudian hari. Akan lebih baik jika memastikan bahwa generator set memiliki tingkat keamanan paling lengkap.


Emisi yang Dikeluarkan Terlalu Tinggi


Emisi yang dikeluarkan terlalu tinggi dari generator set dapat membahayakan pernapasan makhluk hidup di sekitarnya, baik hewan maupun manusia. Sebaiknya tanyakan terlebih dahulu terkait emisi sebelum membelinya atau pilih yang ramah lingkungan.


Generator set merupakan salah satu kebutuhan krusial bagi kegiatan industri atau rumah tangga yang memiliki aktivitas produktif di dalamnya. Sebelum membeli genset jangan lupa perhatikan tips dan beberapa kesalahannya sebagai pembelajaran.

ความคิดเห็น


bottom of page