top of page

Yuk Simak Beragam Cara Mengatasi Genset Hilang Tegangan yang Menyulitkan



Genset itu merupakan mesin yang dapat menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam, sehingga dengan begitu maka ia bisa digunakan ketika ada kekurangan dalam pembangkitan energi listrik di suatu tempat, atau ketika sering terjadi pemadaman listrik. Namun sayang, Genset tidak akan berfungsi demikian jika Genset mengalami beberapa kendala, seperti salah satunya adalah Genset yang hilang tegangan.


Ada banyak faktor atau penyebab yang bisa menyebabkan Genset hilang tegangan, yang mana itu pastinya akan menyulitkan bagi para pemilik dan pengguna Genset. Nah maka dari itu, ketika Genset diketahui hilang atau tidak ada tegangan, maka segera atasi dengan cara yang tepat dan juga benar. Cara terbaik serta efektif untuk mengatasi Genset hilang tegangan, yaitu caranya bisa Anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Berbagai Cara Tepat dan Benar Dalam Mengatasi Genset yang Hilang Tegangan

Atur Kecepatan Putaran Mesin Mencapai 1500 RPM

Apabila Anda mengetahui bahwa mesin Genset sedang tidak bekerja dengan normal atau tidak biasa, maka masalahnya bisa jadi dari adanya tegangan Genset yang memang tidak keluar, atau tepatnya hilangnya tegangan. Perlu diketahui, generator itu menghasilkan tegangan saat diputar dengan putaran 1500 RPM.


Nah maka dari itu, untuk mengatasinya Anda bisa coba hidupkan lebih dulu mesin penggerak dari Genset itu. Kemudian pastikan putaran mesin telah normal dengan kecepatan 1500 RPM. Apabila putaran masih kurang, maka Anda harus naikkan putaran mesin sampai memperoleh kecepatan yang normal.


Menyesuaikan dan Memperbaiki Saklar Utama Genset

Pada saklar penghubung dari Genset, tentunya itu akan mengarah ke instalasi listrik, yang mana tentu saja itu harus dihidupkan agar tegangan listrik dari Genset mengalir ke instalasi listrik. Saklar utama yang umum digunakan seperti MCCB atau Breaker untuk Genset 3 fase, MCB untuk Genset 1 fase. Nah sakelar ini berperan untuk menyambungkan atau memutus saluran listrik dari Genset ke instalasi listrik, sekaligus sebagai pengaman saat terjadi korsleting listrik. Pastikan tegangan listrik ada di saklar utama ini saat genset dijalankan atau dihidupkan.


Kemudian saat Genset telah dihidupkan, maka saklar utama juga tersambung, sehingga ada perlu cek terminal keluaran pada saklar utama dengan tespen, yang mana itu apabila tegangan dari Genset ada dan di terminal keluaran dari saklar utama tidak ada tegangan, yang memang itu berarti permasalahannya ada di saklar utama. Untuk mengatasinya, maka lakukan penggantian saklar utama agar listrik Genset bisa tersambung dan mengalir ke instalasi listrik.


Memperbaiki Kabel Diode yang Bermasalah

Ketika ada kabel-kabel di diode itu dalam keadaan tidak bagus dan tidak tersambung dengan baik, maka hal tersebut bisa membuat Genset hilang tegangan. Untuk mengatasinya, maka coba buka satu persatu diode, selanjutnya ukur diode dengan memakai Ohmmeter atau multitester untuk mengukur tahanan (Ohm). Nah apabila dioda ada yang rusak, maka lakukan penggantian dioda, lalu pastikan juga bahwa tipe diode yang ditukar harus sama dengan tipe dioda yang rusak.


Mengganti AVR Genset yang Rusak

AVR memiliki pengaman saat terjadi Over current dari Exciter, yang mana pengaman tersebut akan memutus arus saat terjadi kelebihan arus, sehingga dengan begitu bisa mengamankan AVR dari kerusakan yang lebih fatal. Untuk atasinya, maka lakukan perbaikan atau pergantian bila pengaman tersebut rusak atau putus, atau bisa juga lakukan reset pengaman supaya terhubung kembali, terutama untuk tipe otomatis.


Nah kemudian terminal untuk pengaman Exciter pada AVR umumnya mempunyai lambang k1 dan k2, jadi apabila pengaman pada AVR Genset telah dipastikan tersambung dengan baik dan tepat, maka ada kemungkinan bila penyebab yang lain ialah AVR itu rusak atau Gulungan Exciter sudah tidak keluar.


Itulah beragam cara mengatasi Genset yang hilang tegangan. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Jika Anda mau memiliki atau mengganti Genset lama Anda, maka rekomendasi Genset terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com



Comentarios


bottom of page