Inilah Cara Mengatasi Impeller Macet Serta Penyebabnya yang Terjadi Pada Pompa Celup


Apa itu impeller? Impeller adalah salah satu komponen penting pompa celup yang berputar, yang dapat digunakan untuk mengirim/mentransfer energi dari motor dengan mempercepat cairan keluar dari pusat rotasi. Mesin impeller biasanya berbentuk silinder pendek dengan inlet terbuka, untuk menerima cairan yang masuk dan baling-baling untuk mendorong cairan secara radial.


Impeller sendiri terbuat dari bahan logam cor dengan melalui proses pengecoran logam, sehingga bahannya cukup kuat dan awet. Tetapi sayang itu bukan jaminan impeller tidak mengalami kemacetan, karena impeller pada pompa air seperti pompa celup, juga dapat mengalami macet yang tentunya sangat merugikan. Nah oleh karena itu untuk mengatasi impeller pompa celup yang macet serta penyebabnya, maka anda bisa simak artikel ini!


Inilah Penyebab dan Juga Cara Mengatasi Impeller Macet Pada Pompa Celup


Impeller Tersumbat Kotoran

Impeller macet jelas bisa dipicu dari adanya kotoran yang tersumbat, sehingga dengan begitu maka impeller atau kipas pompa tidak dapat berputar karena kotoran yang masuk ke dalam ruang pompa membuat tersumbat. Tentunya hal tersebut mengakibatkan kipas tersebut tidak dapat berputar karena terganjal oleh kotoran, sehingga harus segera diperbaiki atau diatasi dengan cepat agar tidak menimbulkan masalah lain.


Nah cara mengatasi masalah tersebut, anda hanya perlu melepas cover penutup kipas, lalu kemudian bersihkan kotoran yang ada di dalam ruang pompa dengan cara menyiramkan air bersih melalui lubang hisap. Terus lakukan sampai kotoran tersebut hilang sepenuhnya. Agar tidak terjadi lagi adanya kotoran, maka periksalah tusen klep pada ujung pipa hisap. Apabila penyaring pada tusen klep sudah rusak, maka sebaiknya gantilah dengan tusen klep yang baru.


Pemasangan Impeller yang Tidak Presisi

Pemasangan impeller yang tidak presisi bisa membuat impeller tidak bekerja dengan baik, sehingga lama kelamaan akan membuat kipas pompa tersebut macet tidak karuan, yang mana akan membuat ruang pompa akan tersumbat. Tentunya jika dibiarkan, maka kipas pompa impeller lama kelamaan bisa juga menyerang dinding sekitar ruang pompa atau impeller, yang dimana bisa juga menyebabkan macet pada impeller pompa celup.


Oleh karena itu masalah tersebut harus segera diatasi. Nah cara mengatasinya adalah dengan membongkar kembali ruang impeller pompa celup tersebut. Kemudian bongkar pasang kembali impeller dengan sesuai dan presisi, sehingga dengan begitu tidak menimbulkan masalah kemacetan. Jika sudah dipastikan benar atau dudukan impeller tidak ada objek apapun, maka pasang kembali lalu tes apakah masih macet atau tidak.


Impeller Sudah Mengalami Kerusakan

Macetnya impeller pada pompa celup, bisa juga berasal dari impeller yang memang rusak. Mungkin anda sebagai user pompa celup tidak menyadarinya, yang dimana impeller sudah retak yang kemudian dibiarkan terus menerus akan rusak dan terpecah dengan sendirinya. Kemudian pecahan tersebut yang ada dalam ruangnya, akan membuat impeller pompa celup tersebut macet, dimana bisa mengakibatkan kerusakan fatal pada komponen sekitarnya.


Tentunya itu harus segera diatasi, caranya adalah dengan melakukan penggantian komponen, itu karena kerusakan tersebut sudah mustahil diperbaiki, karena yang terbaik hanya mengganti komponen tersebut. Tentunya pemasangan impeller pada ruang pompa celup juga harus sesuai, lalu pastikan tidak ada material yang tersisa tersimpan pada ruang pompa yang bisa menyebabkan kemacetan kembali.



Pompa Celup Tidak Berkualitas

Impeller yang anda gunakan tentunya perlu dipastikan bahwa itu memang terbuat dari material logam berkualitas, karena jika tidak demikian maka jelas akan membuat impeller tersebut rusak yang mana berakibat pada macetnya impeller pada ruang pompa. Untuk mengatasinya, jelas anda harus mengganti komponen impeller tersebut dengan yang terbaik serta berkualitas, hal itu agar impeller bisa awet serta tahan lama.


Jadi itulah penyebab serta cara mengatasi impeller yang macet pada pompa celup. Semoga bermanfaat untuk anda semua, serta bisa di share kepada yang lainnya. Jika anda ingin memiliki pompa celup terbaik serta berkualitas, maka Tsurumi bisa menjadi rekomendasi pertama anda. Mengenai pompa celup Tsurumi, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.