top of page

Cara Efektif Mengatasi Kebocoran Selang di Tempat Kerja



Di dunia ini banyak pekerjaan yang memang semua tidak sama antara satu dengan yang lainnya. Itu karena memang ada pekerjaan yang membutuhkan peralatan tertentu, yang mana jelas juga dengan keahlian tertentu yang memang dituntut suatu pekerjaan. Meski demikian, pekerjaan pun umumnya bisa mengalami masalah, baik pada para pekerjanya hingga juga pada peralatan kerja yang digunakan serta diandalkan.


Seperti pada suatu tempat kerja yang mengandalkan selang sebagai alat kerjanya, dimana selang pun bisa mengalami masalah yang beragam pada tempat kerja. Masalah tersebut yang umumnya terjadi pada hampir semua jenis selang adalah masalah berupa kebocoran selang. Tentunya selang yang bocor akan menjadi gangguan bagi pengerjaan yang ada di tempat kerja, sehingga dengan begitu selang tersebut harus diatasi dengan cara yang efektif.


Inilah Cara Efektif untuk Mengatasi Kebocoran Selang yang Terjadi di Tempat Kerja


Selang yang bocor di tempat kerja, jelas akan banyak menimbulkan masalah serta kerugian. Itu karena selang yang bocor pastinya akan mengeluarkan isi aliran yang mau dialirkan melalui selang tersebut. Contohnya seperti air yang bisa menimbulkan kebasahan pada tempat kerja, dimana basah tersebut akan membahayakan pekerja dalam bekerja atau mungkin merusak alat lain di tempat kerja. Kemudian ada juga kebocoran gas yang bisa membuat sesak, hingga bocor lain pada selang yang memang berdampak buruk.


Jadi selang di tempat kerja yang mengalami kebocoran harus segera diatasi dengan tepat dan benar, bahkan sesegera mungkin agar kebocoran tidak menimbulkan masalah lain bahkan masalah yang besar di suatu tempat kerja. Nah adapun cara efektif untuk mengatasi kebocoran selang di tempat kerja adalah:


  • Memeriksa visual selang, yang mana artinya periksa darimana bocor selang yang ada. Karena umumnya selang yang bocor bisa berasal dari banyak sisi, mulai dari badan selang, hingga penyambung selang atau memang dari sumbernya.

  • Selang di tempat kerja yang sudah diketahui mengalami kebocoran, maka ada baiknya sebelum diatasi, Anda perlu matikan pompa atau mesin yang tersambung pada selang tersebut. Tujuannya agar kebocoran tidak menjadi besar atau bocor yang ada tidak memenuhi tempat kerja.

  • Persiapkan beberapa peralatan untuk mengatasi kebocoran selang di tempat kerja. Adapun peralatan tersebut antara lain seperti seal tape, gunting, atau sebagainya yang memang direkomendasikan.

  • Jika sudah menemukan sumber bocor serta sudah mempersiapkan peralatan untuk mengatasi kebocoran. Maka Anda bisa atas kebocoran tersebut dengan menambalnya, yakni dengan melakukan pemasangan seal tape pada bagian yang bocor.

  • Seal tape yang terpasang lalu potong dengan alat potong seperti gunting, yakni dengan ukuran yang memang sesuai.

  • Setelah itu, periksa kembali apakah seal tape yang terpasang sudah benar adanya atau tidak ada yang terlepas.

  • Bila terjadi kebocoran selang pada penyambungnya, maka cara efektif untuk mengatasinya itu adalah dengan merekatkan penyambung secara kuat. Bisa dengan ikatkan menggunakan kabel tis secara semantara, atau yang lainnya seperti klem dan sebagainya.

  • Nah cara efektif mengatasi kebocoran pada selang, sebenarnya salah satu cara mudahnya adalah dengan mengganti selang yang bocor tersebut dengan selang yang baru yang memang terbaik dan berkualitas. Itu memang efektif, apalagi jika memang selang di tempat kerja sudah kendor dan tidak layak pakai lagi.


Itulah cara efektif dalam mengatasi kebocoran pada selang di tempat kerja. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada semuanya. Bagi Anda yang ingin memiliki atau mengganti selang lama Anda dengan selang yang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang Toyox. Untuk mendapatkan selang Toyox serta mengetahuinya lebih lanjut, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page