top of page

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Masalah Engine Mounting Pada Genset yang Bikin Berisik



Komponen bernama engine mounting adalah komponen yang memang ada dari mobil dan bisa juga ada dari Genset. Nah tentunya komponen tersebut ada karena memang ia berfungsi untuk bekerja sebagai dudukan mesin sehingga mampu menyangganya di atas sasis. Selain itu, fungsi dudukan mesin yang lain adalah menahan getaran dari mesin supaya tidak sampai ke bagian lain yang dekat dengan mesin.


Engine mounting pada Genset pun tidak lepas dari yang namanya masalah, karena biasanya masalah pada engine mounting Genset akan membuat suara yang cukup berisik. Nah sehingga dengan begitu, maka masalah pada engine mounting tersebut perlu segera diatasi dengan benar dan tepat. Cara mengatasi masalah engine mounting pada Genset yang bisa bikin berisik bisa Anda semua ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Beberapa Cara Mengatasi Masalah Engine Mounting Pada Genset yang Bikin Berisik

Sebelum mengetahui apakah benar ada kerusakan atau masalah pada engine mounting, maka Anda perlu tahu dulu ciri-ciri yang menandakan bahwa engine mounting Genset sedang dalam masalah atau kerusakan. Nah ciri-cirinya ada berupa getaran mesin yang kuat, adanya bunyi aneh dan berisik, hentakan mesin, hingga adanya posisi mesin Genset yang tidak terlihat proporsional sebagaimana mestinya.


Jadi ketika Anda sudah tahu ciri-ciri dari Genset yang mengalami engine mounting bermasalah, maka barulah Anda bisa atasi masalah tersebut. Nah mengatasi masalah tersebut penting, karena Genset memang pada dasarnya adalah mesin yang tersusun dari banyak komponen dan beberapa bagian diantaranya yang saling terhubung. Jadi jika ada kerusakan di salah satu komponen, pasti akan mempengaruhi komponen dan kinerja dari Genset tersebut.


Karena memang pada dasarnya tanda-tanda engine mounting bermasalah sudah bisa dirasakan sejak pertama kali engine Genset dinyalakan. Maka ketika Anda bisa mendengar bunyi kasar dan keras di bagian mesin, pastinya engine mounting yang bermasalah akan membuat getaran besar dari mesin, dikarenakan engine mounting bermasalah dan tidak bisa menahan getaran dari mesin Genset.


Seringnya, kerusakan engine mounting Genset terjadi karena memang juga bisa berasal dari karet di dalamnya yang sudah sobek. Jika dipaksakan untuk dioperasikan, maka biasanya mesin Genset tidak akan ajek dan cenderung bisa bergoyang dengan cara mengayun. Hal tersebut pastinya akan menyebabkan bunyi gluduk dari bagian ruang mesin, kemudian suara akan semakin parah saat Genset menyala begitu lama.


Nah jadi jika Anda menemukan adanya getaran pada bagian mesin Genset, cara atasinya Anda bisa segera mencoba terlebih dahulu dengan mengecek kondisi engine mounting. Coba buka bagian penutup mesin Genset dan lihat bagian sisi-sisi mesin yang berupa karet. Biasanya, ada tiga atau empat titik di sisi mesin yang dilengkapi dengan karet.


Kemudian jika Anda sudah memperhatikan karet engine mounting dengan teliti, maka pastikan Anda lihat apa ada retakan atau pecahan di bagian tersebut. Nah rusaknya karet bisa terjadi karena beberapa faktor, seperti bisa jadi karena usia komponen yang sudah semakin tua atau sering mengalami getaran yang kencang pada Genset tersebut.


Nah sebenarnya tidak ada cara khusus atau trik dalam mengatasi engine mounting yang bermasalah atau sudah rusak. Namun jika memang menemukan tanda-tanda kerusakan pada engine mounting, maka Anda bisa melakukan perawatan atau penggantian segera, hal itu agar kerusakan tidak merembet pada komponen lain yang ada pada Genset.


Jadi itulah beberapa cara mengatasi masalah engine mounting pada Genset. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Nah bilamana Anda tertarik dengan Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comentarios


bottom of page