Beragam Cara Mengatasi Selang Industri yang Melar dan Tidak Bisa Dipakai



Selang adalah salah satu alat yang memang dirancang untuk membawa cairan dari satu tempat ke tempat lain. Selang juga bisa anda sebut sebagai pipa, tetapi berbeda dengan pipa, selang tentunya memiliki sifat yang bisa melengkung tanpa adanya bantuan dari conduit ataupun sebagainya. Nah sudah banyak macam selang yang bisa anda gunakan sesuai dengan kebutuhan, seperti salah satunya adalah selang industri.


Namun sama dengan selang-selang pada umumnya, selang industri juga bisa berpotensi menjadi rusak, yang mana kerusakan paling umum terjadi adalah selang yang menjadi melar karena beberapa penyebab. Mungkin sudah banyak cara agar selang tidak menjadi melar, tetapi bagaimana jika itu sudah terjadi? Nah jika sudah terjadi maka anda masih bisa mengatasinya, dengan cara anda menyimak artikel ini terlebih dahulu.

Inilah Beragam Cara Mengatasi Selang Industri yang Melar dan Tidak Bisa Dipakai

Berikut adalah beberapa cara yang bisa anda ikuti untuk membuat selang industri melar anda bisa dipakai kembali, alias tidak sia-sia menjadi sampah yang tidak berguna.

  • Selang industri yang melar bisa anda gunakan kembali, dengan mencoba mengandalkan kabel ties. Hal itu agar selang industri menjadi kembali kencang kembali, ataupun anda bisa mengencangkannya dengan kabel ties pada bagian sambungannya, agar selang melar tidak mudah lepas.

  • Selang industri yang melar bisa anda hubungkan dengan selang industri yang tidak melar. Contohnya pada beberapa bagian, anda masukan selang industri yang tidak terpakai, alias double. Tidak perlu panjang-panjang, anda bisa sematkan beberapa dengan jarak tertentu, agar selang industri melar tersebut masih bisa digunakan.

  • Untuk menggunakan selang industri melar kembali, anda bisa coba gunakan alat bantu seperti kawat yang menjalar di seluruh bagian melar selang industri tersebut. Hal itu agar selang melar bisa mengikut tulang dari kawat tersebut, sehingga selang tidak terlihat menjadi melar.

  • Menggunakan potongan pipa pada sambungan selang industri melar juga bisa. Dimana anda sambungkan beberapa potongan pipa, dan masukan selang industri melar, hal itu agar selang bisa mengikuti tekstur keras dari si pipa tersebut.

  • Anda bisa juga coba gunakan perekat yang kuat pada bagian melar selang industri, sehingga nantinya selang tidak melar atau melar tersebut tidak menjalar ke bagian lainnya.

  • Gunakan klem selang juga cocok sekali untuk selang industri melar anda. Anda bisa sematkan klem selang pada bagian melar, sehingga selang melar teksturnya akan kembali menjadi kencang kembali.

Jadi itulah beragam cara mengatasi selang industri yang melar dan tidak bisa dipakai. Namun sebenarnya, selain mengatasi itu, hal yang paling benar dan tepat adalah menggantinya. Itu karena selang industri yang melar dan bisa diatasi, kemungkinan besar hanya bertahan sementara, atau bisa saja bisa menimbulkan masalah lain. Maka dari itu, jika kebutuhan anda mencukupi, maka anda bisa mengganti selang industri melar anda dengan yang baru.


Nah selang merk apa yang terbaik dan berkualitas? Tentunya itu adalah selang Toyox, karena Toyox adalah produk selang terpercaya dengan kualitas yang terbaik sehingga bisa membuatnya awet dan tahan lama dalam segala kebutuhan yang membutuhkan selang. Dan untuk mengetahui, memiliki, ataupun keterangan lebih lanjut mengenai Toyox, maka anda bisa langsung kunjungi di IndahJaya.com


Sekian artikel kami pada kesempatan kali ini, dan semoga dengan artikel ini maka anda semakin paham dan mengerti cara mengatasi selang industri yang sudah melar dan tidak bisa dipakai kembali. Jangan lupa, anda bisa bagikan artikel ini kepada mereka yang membutuhkan, dimana anda bisa share melalui media sosial ataupun media yang ada dan tersedia.