Mengatasi Selang Serat Benang yang Bocor, Berikut Caranya


Mengatasi Selang Serat Benang yang Bocor, Berikut Caranya!

Selang serat benang banyak dimanfaatkan untuk mengalirkan air. Alat tersebut sangat praktis karena membuat proses pemindahan menjadi lebih cepat dan tidak ribet.


Namun, setelah lama digunakan biasanya akan muncul berbagai masalah seperti adanya kebocoran pada bagian tertentu. Anda harus lebih teliti, apalagi jika sudah memakainya bertahun-tahun.


Oleh karena itu, untuk mengantisipasinya maka Anda perlu mengetahui bagaimana mengatasi kebocoran yang bisa terjadi kapan saja. Dengan demikian, jika sewaktu-waktu ada masalah bisa langsung memperbaikinya.


Banyak pilihan cara yang dapat digunakan. Namun, ada cara sederhana yang tidak ribet dan tentunya mudah untuk diikuti. Peralatan yang dibutuhkan juga tidak banyak.


Cara Mudah Mengatasi Kebocoran pada Selang Serat Benang


Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk memperbaiki selang yang mengalami kebocoran. Ikuti setiap langkahnya dengan benar agar bisa kembali digunakan secara normal.


1. Mencari Letak Kebocoran dan Penyebabnya


Carilah di mana tempat kebocoran terjadi apakah pada bagian tengah atau ujung. Lalu pelajari apa saja penyebabnya, misalnya karena adanya penyumbatan.


Penyumbatan bisa terjadi akibat tekanan air tinggi. Oleh karena itu, solusi untuk mencegahnya yaitu dengan rajin membersihkan selang serat benang.


Selain itu, harus waspada dengan benda-benda yang berpotensi menyumbat seperti lumut, kotoran dan masih banyak lagi lainnya. Pastikan saluran air yang terdapat di rumah bersih.

Dengan demikian, saat menyambungkan dengan kran maka tidak ada kotoran yang masuk ke selang. Penumpukan kotoran bisa mengakibatkan penyumbatan sehingga menghambat aliran air.


2. Menambal dengan Seal Tape


Setelah mengetahui penyebabnya, kini saatnya Anda memasang seal tape. Seal tape adalah lem yang bagus untuk menambal selang. Pasanglah seal tape pada bagian selang serat benang yang bocor.


Bahan utama pembuatan seal tape adalah PTFE atau poly yang prosesnya memakai teknologi modern. Pada umumnya, mempunyai tingkat ketebalan dan kekenyalan tertentu.


Fungsi utama seal tape yaitu mencegah kebocoran pada selang air sekaligus melindungi bagian sambungan. Keuntungan menggunakan seal tape ini adalah lebih tahan terhadap panas bahkan hingga 250 derajat celcius.


Selain itu, seal tape ini sangat cocok untuk menambal pada alat yang bahan dasar pembuatannya adalah PVC. Misalnya seperti selang serat benang dan lain sebagainya.


Tahap selanjutnya Anda potong seal tape memakai gunting. Lalu, tempelkan seal tape di area yang bocor. Pastikan area tersebut sudah dilapisi dengan sempurna.


Jangan lupa Anda coba terlebih dahulu untuk memastikan lem bisa bekerja dengan baik. Jika masih ditemukan kebocoran maka bisa tempelkan lem lagi.


3. Mengecek Hasil Penambalan


Anda lakukan pengecekan kembali sampai penambalan benar-benar sempurna. Dengan demikian, air bisa mengalir dengan lancar dan tidak terbuang sia-sia. Pastikan pemasangan seal tape tepat dan benar.


Selanjutnya, rapikan bagian yang sudah Anda tambal. Perhatikan seal tape tidak menggulung atau mengelupas. Setelah pengecekan selesai, selang serat benang bisa digunakan kembali secara normal.


Biasakan untuk membeli di tempat terpercaya agar kualitasnya terjamin bagus. Setiap jenis selang biasanya mempunyai batas waktu tertentu sehingga membutuhkan pengecekan secara berkala.


Tujuannya untuk memastikan bahwa kondisinya masih bagus atau tidak. Apabila ditemukan kerusakan atau kebocoran bisa langsung ditangani sehingga kondisinya tidak semakin parah.


Namun, perlu diketahui bahwa selang tersebut terbuat dari serat benang polyester dan material PVC plastik. Sifatnya kuat dan lebih tahan dengan berbagai macam kondisi maupun temperatur.


Segera lakukan penambalan jika menemukan kebocoran. Caranya bisa mengikuti ketiga langkah di atas. Hal ini penting untuk diperhatikan agar kebocoran pada selang serat benang tidak melebar.