Beberapa Cara Mengatasi Selang yang Mengeras yang Wajib Diketahui


Sebagai alat yang dapat digunakan untuk membantu memindahkan cairan atau fluida bertekanan ke tempat tertentu, selang tentunya lentur dan dapat digerakan atau dikondisikan pada beberapa tempat. Nah itu memang umumnya adalah sifat dari selang, karena kalau tidak demikian maka selang akan sangat sulit digunakan pada beberapa tempat yang ada.


Selang pada dasarnya juga memiliki beberapa masalah, seperti selang kendor, selang bocor, selang lepas, dan bahkan yang banyak orang tidak tahu yaitu selang yang dapat mengeras. Nah mengapa selang bisa mengeras dan bagaimana cara mengatasinya, semua itu kami akan jelaskan kepada anda melalui artikel pada kesempatan kali ini. Maka dari itu silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Penyebab Selang Bisa Mengeras yang Wajib Anda Ketahui

Pada dasarnya selang terbuat dari bahan vinyl Chloride resin, yang mana itu memang bisa membuat keras tetapi bisa dibuat menjadi lentur karena adanya plasticizer. Namun dengan adanya faktor eksternal seperti panas matahari, suhu, hingga sejenis lainnya, maka hal tersebut dapat mencairkan plasticizer yang membuat vinyl chloride kembali mengeras, dimana itu bersumber karena ada peristiwa migrasi plasticizer yang kembali ke permukaan selang. Lalu jadilah selang menjadi keras atau bahkan kaku.


Inilah Cara Mengatasi Selang yang Mengeras yang Wajib Anda Ketahui

Pada dasarnya selang yang sudah mengeras dan kaku tidak bisa lagi digunakan atau di lenturkan kembali, itu karena seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya bahwa selang yang kaku mencairkan plasticizer yang membuat vinyl chloride kembali mengeras. Namun meski begitu, selang yang kaku dapat dicegah dengan beberapa hal, yakni sebagai berikut:

Cara Mencegah Selang yang Menjadi Keras atau Kaku

  • Penggunaan selang sebaiknya tidak terlalu sering berada di suhu panas yang ekstrim, seperti di bawah sinar matahari atau dekat dengan suhu-suhu panas lainnya.

  • Nah jika memang penggunaan selang harus berada pada suhu panas, maka cobalah bungkus selang dengan pelindung selang, yang mana hal tersebut bisa membuat suhu panas tidak langsung terkena pada selang.

  • Selang yang sudah digunakan, akan lebih baik dirapikan dengan benar, atau selang yang sudah dipakai sebaiknya di taruh di tempat teduh yang jauh dengan panas ultraviolet.

  • Selalu merawat selang dengan benar, yang mana bisa mempertahankan kualitas selang agar selang dapat awet, yang mana juga bisa tidak mudah untuk mengeras atau kaku.

  • Mengolesi bahan yang dapat membuat panas matahari bisa teredam pada selang yang terpapar langsung dengan suhu panas.

  • Selalu memastikan selang dalam keadaan bersih dan jauh dari kotoran yang berbahaya bagi fisik selang itu sendiri.


Jadi itulah penyebab dan juga cara mengatasi serta cara mencegah selang yang mengeras atau kaku, yang dimana wajib untuk anda ketahui semuanya. Semoga bermanfaat untuk anda semua, yang mana bisa membuat selang bisa tetap aman dan awet dalam waktu lama. Jika anda ingin memiliki selang yang berkualitas dan tidak mudah untuk keras atau kaku, maka selang Toyox yang ada di IndahJaya.com bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk anda semua.