Mengenal 1 Ton Electric Chain Hoist dan Fungsinya


Mengenal 1 Ton Electric Chain Host dan Fungsinya

1 ton electric chain hoist dalam dunia industry sudah tidak asing lagi. Alat ini memiliki fungsi utama untuk mengangkat beban dan memindahkan barang yang bobotnya berat dalam jumlah banyak.


Jika dilakukan secara manual sudah pasti sangat sulit. Manusia memiliki keterbatasan untuk mengangkat beban berat apalagi yang mencapai 1 ton. Sehingga keberadaan electric chain hoist akan sangat membantu untuk mengangkat benda berat.


Mungkin sebagian orang masih awam dengan apa itu serta bagaimana cara mengaplikasikannya untuk berbagai industri. Baik logistik, konstruksi, pertambangan, kelautan, gas, hingga minyak.


Pengertian 1 Ton Electric Chain Hoist


Electric chain hoist merupakan alat yang digunakan untuk membantu mengangkat dan menurunkan benda berbobot berat yang mencapai kapasitas 1 ton dengan bantuan rantai. Chain hoist tidak sama dengan chain block karena tipe hoist memiliki 2 roda yang dililit rantai.


Untuk mengoperasikannya, ada tombol yang mengatur naik turun benda secara otomatis. Rantai akan langsung berputar dan mengangkat berat yang telah dikaitkan pada kail. 1 ton electric chain hoist juga membutuhkan sumber daya listrik agar mendapatkan kekuatan.


Karena alat ini memang dirancang secara khusus dengan fungsi untuk mengangkat dan menurunkan benda dengan bobot berat dan banyak. Untuk kebutuhan industri yang menggunakan peralatan berat tentu alat ini akan sangat dibutuhkan.


Fungsi 1 Ton Electric Chain Hoist


Electric chain hoist memiliki motor listrik, sprocket, dan mekanisme transisi untuk menjalankan fungsinya. Fitur yang terdapat pada alat ini memungkinkan chain hoist untuk dapat mengangkat dan menurunkan barang. Banyak industri yang menggunakan alat ini, di antaranya adalah sebagai berikut:


1. Perkapalan


Dalam industri perkapalan, 1 ton electric chain hoist banyak dimanfaatkan oleh pelaku industri dengan mengaplikasikannya pada crane untuk mengangkat material di dermaga maupun area kapal.


2. Bangunan/Konstruksi


Industri yang cukup sering menggunakan 1 ton electric chain hoist adalah bangunan/konstruksi untuk membantu mengangkat material yang bobotnya berat.


Alat pengangkut barang ini ditempatkan pada crane maupun balok untuk mengangkat dan menurunkan beban. Contohnya seperti pipa, kaca, metal, beton, besi, dan material konstruksi lainnya.


3. Manufaktur


Industri manufaktur juga termasuk yang sering menggunakan 1 ton electric chain hoist untuk mengangkat beban dan material manufaktur. Tujuannya agar operator di produksi lebih mudah melakukan pengangkatan material.


4. Minyak dan Pertambangan


Industri di bidang ini juga cukup banyak menggunakan electric chain hoist untuk mengangkat bahan konstruksi seperti pipa pengeboran. Alat ini juga bisa diaplikasikan baik di daratan maupun laut bebas.


Kelebihan 1 Ton Electric Chain Hoist


Setiap alat dan benda tentu memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, tidak terkecuali electric chain hoist. Berikut ini beberapa kelebihannya, yaitu:


1. Alat angkat beban yang aman dan handal sehinga resiko berbahaya dapat diminimalisir.


2. Strukturnya sederhana, instalasi mudah baik untuk pemasangan maupun pembongkaran, serta memiliki perawatan yang baik.


3. 1 ton electric chain hoist memiliki tingkat pembuangan panas yang tinggi karena mengadopsi paduan aluminium ringan yang kuat dan berbobot ringan.


4. Lebih mudah dipindahkan dan bisa diangkut untuk antar lokasi.


5. Pengangkatan bisa dilakukan secara vertical dan tidak ada gerakan lateral .


6. Bisa digunakan untuk berbagai alat lifting.


7. Memiliki chain containers yang berfungsi untuk mengumpulkan terjadinya kelebihan

kendur pada rantai serta mencegah kerusakan pada alat.


Pekerjaan akan menjadi ringan dan menghemat waktu menggunakan alat bantu. Berbagai kelebihan 1 ton electric chain hoist sudah pasti mendatangkan keuntungan maka tidak heran banyak perusahaan menggunakannya.