top of page

Mengenal Amplas Tangan dan Cara Menggunakannya dengan Benar


Amplas tangan adalah salah satu jenis alat yang digunakan untuk menghaluskan permukaan benda kerja. Alat ini berbentuk lembaran kertas pasir yang diikat pada bahan penyangga seperti kayu atau plastik. Amplas tangan biasanya digunakan untuk menghaluskan permukaan kayu, cat, plastik, dan logam. Dalam artikel ini, kita akan membahas lebih lanjut tentang amplas tangan, jenis-jenisnya, cara menggunakannya dengan benar, serta kelebihan dan kekurangan amplas tangan.


Jenis-Jenis Amplas Tangan

Terdapat berbagai jenis amplas tangan yang dapat digunakan untuk menghaluskan permukaan benda kerja. Beberapa jenis amplas tangan yang umum digunakan antara lain sebagai berikut.


1. Amplas tangan dengan grit kasar

Amplas tangan dengan grit kasar umumnya digunakan untuk menghilangkan noda dan cat yang tebal pada permukaan benda kerja. Amplas tangan dengan grit kasar memiliki nomor grit di bawah 80.


2. Amplas tangan dengan grit sedang

Amplas tangan dengan grit sedang digunakan untuk menghilangkan goresan pada permukaan benda kerja dan menghaluskan permukaan benda kerja. Amplas tangan dengan grit sedang memiliki nomor grit di antara 80 hingga 120.


3. Amplas tangan dengan grit halus

Amplas tangan dengan grit halus digunakan untuk menghaluskan permukaan benda kerja dengan tingkat kehalusan yang lebih tinggi. Amplas tangan dengan grit halus memiliki nomor grit di atas 120.


Cara Menggunakan Amplas Tangan dengan Benar

Untuk menggunakan amplas tangan dengan benar, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut adalah cara menggunakannya dengan benar.


1. Bersihkan permukaan benda kerja

Sebelum menggunakan amplas tangan, pastikan permukaan benda kerja dalam keadaan bersih dan bebas dari kotoran atau debu. Jika permukaan benda kerja terlalu kotor, gunakan sikat atau kain untuk membersihkannya terlebih dahulu.


2. Pilih jenis amplas tangan yang sesuai

Pilih jenis amplas tangan yang sesuai dengan jenis bahan benda kerja dan tingkat kekasaran permukaannya. Misalnya, jika permukaan benda kerja kasar, gunakan amplas tangan dengan grit kasar.


3. Pegang amplas tangan dengan benar

Pegang amplas tangan dengan kuat dan rapat dengan jari-jari Anda. Pastikan amplas tangan terletak pada bidang datar dan tidak terlipat atau kusut.


4. Gerakan amplas tangan dengan gerakan bolak-balik

Gerakan amplas tangan dengan gerakan bolak-balik searah dengan serat kayu pada permukaan benda kerja. Pastikan gerakan amplas tangan tetap pada satu arah dan tidak melenceng ke arah lain.


5. Gunakan amplas tangan dengan hati-hati

Gunakan amplas tangan dengan hati-hati dan jangan terlalu menekannya pada permukaan benda kerja. Terlalu banyak menekan amplas tangan dapat membuat permukaan benda kerja menjadi tidak rata dan rusak.


6. Ganti amplas tangan secara teratur

Ganti amplas tangan secara teratur untuk memastikan hasil yang optimal pada permukaan benda kerja. Amplas tangan yang sudah aus dapat menyebabkan goresan dan tidak merata pada permukaan benda kerja.


Kelebihan dan Kekurangan Amplas Tangan

Amplas tangan memiliki beberapa kelebihan dan kekurangan yang perlu diketahui sebelum menggunakannya. Berikut adalah beberapa kelebihan dan kekurangan amplas tangan.


1. Kelebihan:

- Mudah digunakan dan tidak memerlukan sumber listrik

- Dapat digunakan untuk menghaluskan berbagai jenis benda kerja

- Dapat diubah kekasarannya dengan mudah

- Biayanya lebih murah dibandingkan dengan alat penghalus permukaan benda kerja yang menggunakan sumber listrik


2. Kekurangan:

- Proses penghalusan permukaan benda kerja memakan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan menggunakan alat penghalus permukaan yang menggunakan sumber listrik

- Tidak cocok untuk menghaluskan permukaan benda kerja yang besar atau benda kerja yang memiliki tingkat kekasaran yang sangat tinggi


Kesimpulan

Amplas tangan adalah alat yang mudah digunakan untuk menghaluskan permukaan benda kerja. Terdapat berbagai jenis amplas tangan yang dapat digunakan sesuai dengan jenis benda kerja dan tingkat kekasaran permukaannya. Untuk menggunakan amplas tangan dengan benar, pastikan permukaan benda kerja dalam keadaan bersih, pilih jenis amplas tangan yang sesuai, pegang amplas tangan dengan benar, gerakan amplas tangan dengan gerakan bolak-balik, gunakan amplas tangan dengan hati-hati, dan ganti amplas tangan secara teratur. Sebelum menggunakan amplas tangan, perlu diketahui juga kelebihan dan kekurangan amplas tangan untuk memastikan penggunaan yang tepat dan efektif. Dengan mengikuti langkah-langkah yang benar dan memperhatikan kelebihan dan kekurangan amplas tangan, maka permukaan benda kerja dapat dihaluskan dengan baik dan hasil yang diinginkan dapat dicapai.

bottom of page