Mengenal Apa Itu EOT Crane Berdasarkan Jenis-Jenisnya


Mengenal Apa Itu EOT Crane Berdasarkan Jenis-Jenisnya

Meskipun terlihat sama, namun sebenarnya EOT crane sangatlah berbeda dengan crane pada umumnya. Dimana crane yang satu ini lebih mirip dengan sebuah crane gantung, yang dioperasikan dengan menggunakan teknologi elektronik. Untuk mengenal apa itu EOT crane secara lebih detail, maka Anda bisa menyimak beberapa informasi di bawah ini.


Mengenal Apa Itu EOT Crane Berdasarkan Bentuknya


EOT Crane merupakan kependekan dari Electric Overhead Travelling. Dimana jenis crane yang satu ini merupakan salah satu jenis overhead crane, namun yang digerakkan/dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik (elektrik).


Mungkin diantara Anda yang belum mengetahui persis mengenai apa itu overhead crane. Maka dari itu, Anda bisa menyimak sedikit penjelasan berikut ini. Overhead crane merupakan salah satu tipe/jenis crane, yang mana bentuknya lebih menyerupai sebuah derek berjalan. Namun disertai dengan sebuah kerekan.


Dalam arti, overhead crane merupakan salah satu crane yang mengadaptasi cara kerja dari sebuah derek, namun yang digunakan dengan mengandalkan sebuah kerekan. EOT crane ini biasanya akan dipasang diatas langit-langit pabrik, bengkel, gudang, dan yang lainnya.


Pada umumnya, bentuk dari EOT crane ini sebenarnya lebih menyerupai sebuah jembatan yang terpasang di atas langit-langit bangunan. Mengapa bisa dikatakan demikian? Hal ini dikarenakan, EOT crane memiliki ujung, yang mana kedua ujung dari EOT crane ini akan bertumpu pada sebuah pilar beton yang cukup tinggi, maupun yang terpasang pada penopang yang berbahan logam.


Fungsi dari EOT crane ini sebenarnya hampir sama dengan fungsi dari jenis-jenis crane yang lainnya. Khususnya dalam mengangkat dan memindahkan material yang memiliki bobot yang cukup berat, yang memang tidak bisa dilakukan secara manual.


Jenis-Jenis dari EOT Crane


Dalam mengenal apa itu EOT crane, Anda bukan hanya dituntut untuk mengenal bentuk dari salah satu jenis crane gantung (overhead crane) ini saja. Namun lebih dari itu, Anda juga tentunya dituntut untuk bisa mengenal jenis-jenis dari EOT itu sendiri.


Dimana jika dilihat berdasarkan grider serta posisi kaki yang ada pada EOT crane itu sendiri, EOT crane terbagi ke dalam 4 jenis. Diantaranya:


1. Single Girder

Jenis EOT single girder merupakan salah satu tipe/jenis EOT crane yang memiliki girder tunggal. Dimana girdel tunggal (single) itu sendiri akan dibantu oleh sebuah hoist tunggal, yang berupa single rail.


Jika dibandingkan dengan jenis EOT crane lainnya, EOT crane dengan jenis single girder pada umumnya lebih murah. Bukan hanya itu saja, single girder ini juga bisa dibilang lebih kuat dan juga tahan lama. Kelebihan lainnya dari EOT crane ini yaitu proses pemasangannya yang terbilang mudah.


2. Double Girder

Dalam mengenal apa itu EOT crane ini, Anda bukan hanya diajak untuk mengenal jenis EOT crane dalam bentuk single girder saja. Namun Anda juga dituntut untuk mengenal jenis-jenis dari EOT crane lainnya.


Salah satunya tentunya yaitu EOT crane dengan tipe girder ganda (double grider). Berbeda dengan jenis EOT single girder, yang menggunakan girder tunggal. Maka pada jenis EOT crane double girder ini, jumlah girder yang digunakan berjumlah 2 unit. Bukan hanya itu saja, hoist yang digunakan juga dirancang dalam bentuk double rail.


Salah satu keunggulan dari EOT crane dengan menggunakan double girder ini yaitu jarak pengangkatan material yang bisa dilakukan dalam jangkauan/jarak yang tinggi. Sehingga sangat cocok digunakan dalam aktivitas peminbdahan barang-barang yang dilakukan di pelabuhan, pabrik dan juga di gudang-gudang yang memiliki langit-langit ruangan yang cukup tinggi.


3. EOT Crane Model Granty

Pada jenis ini, EOT crane dibedakan berdasarkan jumlah kaki yang sengaja dipasang, dengan tujuan untuk menopang tiang girder. Dimana untuk EOT crane model granty ini terbagi ke dalam 2 jenis. Diantaranya EOT crane model semi granty yang hanya memiliki 1 kaki, yang bergerak secara maju dan mundur, serta EOT granty crane yang terdiri dari 2 buah kaki. Sementara pada bagian rel dari crane tersebut, sebelumnya telah dialiri oleh aliran listrik.


4. EOT Crane Monorel

Sesuai dengan namanya, EOT crane monorel ini beroperasi diatas sebuah rel, yang terdiri dari 1 unit rel (monorel). Pada umumnya, EOT crane jenis monorel ini akan dialiri oleh tegangan listrik, yang mengalir di sepanjang rel yang digunakan.


Demikian sedikit informasi mengenai apa itu EOT crane ini. Untuk lebih mengenal EOT crane secara lebih terperinci, maka Anda bisa mengunjungi laman https://www.indahjaya.com. Sementara bagi Anda yang membutuhkan referensi seputar EOT crane dengan kualitas terbaik, maka Anda bisa mengandalkan Indahjaya.com.


Karena hanya Indahjaya.com, yang merupakan satu-satunya distributor dari berbagai industrial tools dengan kualitas dan juga brand terbaik. Tak terkecuali dengan produk EOT crane ini yang tersedia dalam beragam pilihan grider dan kaki penopang girder, dengan jumlah yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.