Mengenal Apa Itu Hydraulic Hose Sizing pada Penjelasan di Bawah Ini


Mengenal Apa Itu Hydraulic Hose Sizing pada Penjelasan di Bawah Ini

Dalam mendapatkan jenis selang hydraulic yang tepat untuk kebutuhan Anda, maka sebaiknya Anda memahami apa itu hydraulic hose sizing. Terkait penjelasannya bisa Anda simak di bawah ini dengan baik.


Apa Itu Hydraulic Hose Sizing?


Hydraulic hose sizing yang jika diartikan dalam bahasa Indonesia ialah ukuran selang hidrolik. Di mana jika Anda ingin membeli selang hydraulic untuk mesin, maka Anda harus tahu dahulu bagaimana ukuran dan spesifikasi besaran ukurannya.


Dalam mendapatkan selang hydraulic yang sesuai, maka Anda harus memahami beberapa hal penting dalam hydraulic hose sizing. Setidaknya ada 3 poin utama yang menjadi spesifikasi ukuran selang hydraulic yakni inner diameter atau I.D, Outer Diameter atau O.D, serta Length of Hydraulic Hose.


Dalam memahami tiga hal ini Anda bisa memahaminya pada penjelasan di bawah ini.


Inilah 3 Spesifikasi dari Hydraulic Hose Sizing


Seperti yang telah dijelaskan di atas, dalam menentukan ukuran selang yang tepat maka Anda harus mengena ketiga spesifikasi yang menjadi bagian dari hose sizing hydraulic di antaranya sebagai berikut:


1. Inner Diameter atau I.D

Spesifikasi pertama dari hydraulic hose sizing ialah Inner Diameter yang disingkat menjadi I.D. Inner diameter ialah ukuran diameter yang ada pada bagian dalam selang hidrolik. Dalam menentukan ukuran selang yang tepat, maka Anda harus tahu betul mengenai Inner Diameter. Sebab, inner diameter ini mempengaruhi laju kecepatan dan tekanan aliran material baik itu cairan ataupun gas selama pengoperasian berlangsung.


Inner diameter yang terlalu kecil akan membuat tekanan meningkat dan berisiko yang akhirnya dapat menyebabkan kebocoran pada selangnya dan jika inner diameternya terlalu besar, ini dapat menyebabkan aliran menjadi lebih lambat. Oleh sebab itu, sangat penting bagi Anda untuk lebih selektif dalam mengenali spesifikasi mesin secara lebih mendetail.


2. Outer Diameter atau O.D

Selain dengan mengenal spesifikasi inner diameter, Anda pun harus paham terkait outer diameter yang disingkat dengan O.D. O.D—outer diameter ialah diameter selang atau hose dengan secara keseluruhan yang diukur dari bagian luar.


Out Diameter terdiri dari inner diameter—I.D dan ketebalan lapisan hose atau selang. Dalam mengetahui Ketebalan pelapis hose atau selang bisa Anda temukan pada selisih outer diameter dan inner diameter.


Dengan Anda bisa menemukan spesifikasi ini Anda bisa memperkirakan terkait hose yang Anda pilih, apakah sudah sesuai dengan kebutuhan ataupun tidak. Jika tidak, Anda bisa mencari jenis selang hydraulic lainnya yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kebutuhan pekerjaan Anda tersebut.


3. Length of Hydraulic Hose

Terakhir dalam mendapatkan spesifikasi ukuran selang yang sesuai Anda pun harus paham mengenai length of hydraulic hose yang artinya panjang dari selang hidrolik secara keseluruhannya. Di mana Anda bisa mendapatkan ragam jenis spesifikasi panjang selang untuk kebutuhan mesin atau pekerjaan.


Jika Anda sedang menemukan panjang selang hidrolik yang tepat, harus Anda ingat bahwa semakin panjang ukuran selangnya, maka tekanan alirannya menjadi semakin berkurang.


Karena kode ukuran hydraulic hose rata-rata memakai dash size maka Anda harus memahami dash size. Dash size biasa mengacu ukuran diameter selang hydraulic, tabung atau tube serta fitting dengan kenaikan 1/16.


Jika Anda masih bingung untuk menemukan selang hydraulic setelah penjelasan apa itu hydraulic hose sizing di atas untuk mendapatkan ukuran selang yang tepat, Anda bisa konsultasi dan dapatkan produknya di PT Indah Jaya selaku distributor alat teknik di Indonesia, langsung saja mampir ke situs resminya INDAHJAYA.COM