Mengenal Apa Itu RTG Hoist Crane


 Mengenal Apa Itu RTG Hoist Crane

Untuk memindahkan alat-alat berat maupun material yang memiliki beban berat, Anda memerlukan alat khusus. Dimana salah satu alat yang dimaksud yaitu RTG Hoist Crane. Untuk mengenal lebih jauh mengenai apa itu RTG Hoist Crane ini, Anda bisa simak sedikit ulasannya berikut ini!


Apa Itu RTG Hoist Crane dan Fungsinya


Bisa dibilang, RTG Hoist Crane merupakan salah satu jenis crane. Dimana fungsi dari hampir semua jenis crane adalah memindahkan barang/material dari satu titik/lokasi ke titik/lokasi lainnya. Pada umumnya, material yang dipindahkan oleh crane ini memiliki ukuran yang cukup besar, serta beban yang lumayan berat.


Sementara RTG Hoist Crane merupakan salah satu jenis crane yang dilengkapi dengan granty dan juga hoist. Itulah mengapa crane yang satu ini dinamakan RTG Hoist Crane, yang merupakan kependekan dari Rubber Tyre Granty Hoist Crane.


Dalam arti, merupakan salah satu jenis crane yang berbentuk seperti gawang raksasa, yang terdiri dari ban-ban yang terbuat dari karet (rubber). Bukan hanya itu saja, RTG Hoist Crane ini juga dilengkapi dengan granty yang berfungsi sebagai dudukan troli.


Selain itu, karena RTG Hoist Crane ini merupakan jenis Hoist Crane, maka tentu saja, pengangkut alat berat yang satu ini dilengkapi dengan sebuah hoist, yang memiliki fungsi untuk menggulung kabel baja.


Meskipun pengangkut alat berat yang satu ini bisa digunakan untuk memindahkan alat-alat berat. Namun sebenarnya, pengangkut berat RTG Hoist Crane ini sering Anda lihat di pelabuhan. Benar sekali, RTG Hoist Crane banyak digunakan di berbagai pelabuhan, untuk memindahkan kontainer-kontainer yang berasal dari kapal, maupun yang akan diangkut ke kapal.


Kapasitas beban yang bisa diangkat dan dipindahkan oleh RTG Hoist Crane ini bermacam-macam. Ada yang hanya sekitar 1 ton saja, namun ada juga yang bisa mengangkat beban hingga 2 ton, 3 ton, 5 ton, bahkan lebih.


Komponen-Komponen yang Ada Pada RTG Hoist Crane


Dalam mengenal apa itu RTG Hoist Crane, selain Anda perlu mencari tahu pengertian hingga fungsi dari alat ini. Anda juga perlu mengetahui mengenai komponen-komponen apa saja yang ada pada pengangkut alat-alat/material berat yang satu ini. Beberapa komponen tersebut meliputi:


1.Granty

Sebagaimana disebutkan sebelumnya, bahwa pada RTG Hoist Crane terdapat granty yang berjumlah 2 buah. Dimana fungsi dari granty ini yaitu sebagai dudukan troli, yang mana saat digunakan, troli yang diangkat dan yang akan dipindahkan, agar bergeser, dari granty yang satu ke granty yang lainnya. Letak granty ini biasanya berada di bagian paling atas dari RTG Hoist Crane ini.


2.Hoist

Hoist merupakan salah satu komponen penting dalam setiap jenis Hoist Crane. Termasuk pada RTG Hoist Crane ini. Fungsi dari hoist ini adalah sebagai alat untuk menggulung kabel baja, yang biasanya ada pada setiap sudut kontainer.


3. Ban

Fungsi ban-ban karet (rubber) yang ada pada RTG Hoist Crane ini yaitu untuk memudahkan pengangkut alat/material berat yang satu ini saat akan berpindah tempat. Pada setiap RTG Hoist Crane, sedikitnya ada sekitar 8 ban hingga 16 ban, yang akan membantu RTG Hoist Crane saat berpindah dari lokasi kontainer berada, menuju tempat penyimpanan di atas kapal.


4. Engine (Mesin)

Bukan hanya saat Anda mengenal apa itu RTG Hoist Crane ini saja, pada beberapa alat berat, dan hampir semua kendaraan. Fungsi engine (mesin) sangatlah vital. Hanya saja, jika pada RTG Hoist Crane ini, mesin yang digunakan sejenis mesin diesel.


Dimana energi yang dihasilkan dari mesin pada RTG Hoist Crane ini akan dialihkan menuju genset. Sehingga energi mekanik yang sebelumnya dihasilkan, akan diubah hingga menjadi energi listrik. Dengan adanya energi listrik ini, akan lebih memudahkan proses pengangkatan kontainer, bahkan mungkin dalam proses penurunan hingga pemindahan kontainer.


5. Kabin Kontrol

Fungsi dari kabin kontrol adalah sebagai tempat bagi operator saat menjalankan dan mengemudikan RTG Hoist Crane. Pada beberapa RTG Hoist Crane, posisi dari kabin kontrol ini ada yang berada di bagian atas. Namun ada juga yang memang sengaja menempatkan kabin kontrol ini pada bagian bawah dari RTG Hoist Crane.


6. Container Spreader

Container Spreader merupakan sebuah rangka besi yang berukuran besar, serta berbentuk persegi panjang. Dimana operator biasanya akan menggeser-geserkan Container Spreader, yang disesuaikan dengan lubang penggantung kontainer yang berada di bagian RTG Hoist Crane. Jumlah lubang penggantung kontainer ini biasanya terdiri dari 4 buah.


Itu dia beberapa informasi seputar RTG Hoist Crane. Dengan menyimak penjelasan diatas, kiranya kini Anda telah mengenal apa itu RTG Hoist Crane. Baik itu mengenai fungsinya, hingga komponen-komponen yang ada pada pengangkut alat/material berat yang satu ini.