Mengenal Apa Itu Underslug Hoist : Kelebihan dan Kekurangannya


Mengenal Apa Itu Underslug Hoist : Kelebihan dan Kekurangannya

Banyaknya kategori hoist crane sebagai alat bantu di area pabrik, industri, hingga kontruksi, menjadikan penggunanya, perlu memperhatikan setiap ukuran, kapasitas, dan lainnya. Salah satu jenis hoist crane adalah underslug hoist, yang dapat digunakan dalam berbagai kebutuhan pengakutan barang. Artikel ini akan menjabarkan tentang ‘apa itu underslug hoist’.


Penggunaan underslug hoist merupakan langkah maksimal untuk menggunakan ruang lantai dan membebaskan mobilitas pelanggan di suatu industri. Jika biasanya Anda melihat alat angkut yang dilekatkan di struktur atap, maka underslg lebih minimalis, karena penopang landasan derek tidak diperlukan lagi. Jika Anda ingin lebih jauh mengenal hoist tipe ini, berikut ulasannya!

Apa Itu Underslug Hoist?


Underslug hoist masuk dalam kategori hoist crane, yang merupakan rangkaian alat derek yang sering Anda temui di area pabrik, kontruksi dan industri. Dalam pemanfaatannya, hoist (kerekan) digunakan saat pemindahan suatu barang dari titik satu ke titik lainnya. sedangkan crane (derek) merupakan tempat topangan hoist.


Jika Anda mengenali hoist crane, tentu tak lepas dari jenis dan tipenya yang memiliki kegunaan beragam. Ini meliputi , eot crane, gantry crane, semi gantry crane, rubber tyree gentry crane, jib crane, wall running crane, monorail crane, underslug crane, grab crane, polar crane, container handling crane, dan foundry crane.


Dari pemahaman tersebut, bisa disimpulkan bahwa underslug hoist merupakan perpaduan antara kerekan dan derek, yang cara kerjanya menggunakan rail menggantung. Apabila pemasangan alat ini disertai dengan overhead crane, maka bagian rail berada di atas beam. Ini disebabkan karena letak rail yang berada di bawah beam, sehingga menjadikan underslug hoist bergerak secara bergelantung.


Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Underslug Hoist


Dalam mengenal apa itu underslug hoist dan cara kerjanya, Anda perlu tahu tentang kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh alat bantu ini. Pada dasarnya, pengaplikasian underslug hoist membutuhkan pengamatan pada struktur bangunan atap atau rafter bangunannya. Hal ini disebabkan keduanya penting untuk dijadikan penopang dalam pemasangan alat bantu ini.


Untuk lebih mengenali underslug hoist, Anda dapat mengidentifikasi produk dengan kelebihannya sebagai alat bantu ataupun derek. Secara umum, underslug hoist memiliki keunggulan yang lebih efisien, karena tidak membutuhkan tiang kolom lagi. Lalu , underslug hoist juga tidak membutuhkan rail, namun membutuhkan saddle secara khusus. Tidak hanya itu, karena sudah tidak menggunakan tiang kolom, tentunya memaksimalkan dalam proses pemasangannya.


Adapun untuk kekurangannya, underslug hoist masih membutuhkan rangka atas, yakni rafter bangunan dan rangka atap yang kuat. Selain itu underslug hoist memiliki kapasitas minimum pengangkatan overhead crane, yang maksimalnya mencapai 5 ton saja. Apabila dibedakan, underslug hoist memiliki perbedaan dengan jenis hoist crane lainnya.


Penyebab perbedaan ini ada pada posisi beam girder terletak di atas beam runaway. Pun jika diperhatikan lagi, underslug hoist tidak mudah dipasang di sembarang tempat. Ini menjadi gambaran bahwa terdapat area khusus yang sesuai dengan pemasangan tipe underslug hoist, sehingga pemasangannya bisa digunakan untuk semua jenis crane hoist.


Berikut menjadi informasi bagi Anda dalam mengenal apa itu underslug hoist. Jika Anda membutuhkan konsultan, untuk menggunakan dan memasang alat underslug hoist, bisa mengunjungi website Indah Jaya Group. Disana terdapat referensi projek dan portofolio produk, untuk meyakinkan keputusan yang Anda ambil nantinya.