Mengenal Bagian-Bagian Pompa Celup atau Pompa Submersible



Mengenal Bagian-Bagian Pompa Celup atau Pompa Submersible

Mengenal bagian-bagian pompa celup tentunya akan sangat membantu Anda dalam mengidentifikasi bagaimana cara kerja dari mesin pompa celup tersebut. Mesin pompa air ini merupakan suatu peralatan yang berfungsi untuk mengisap dan menekan air dari sumbernya.


Cara kerja dari pompa celup ini sendiri berpusat pada impeller yang berputar. Putaran impeller tersebut akan menghisap air pada kedalaman tertentu dan mendorongnya keluar menuju kran air.


Mengenal Bagian-Bagian Pompa Celup


Proses terjadinya siklus pemompaan air tersebut tentu saja akan dihasilkan dari kinerja bagian-bagian mesin pompa airnya. Namun, apa saja bagian-bagian dari pompa celup ini?

Secara umum,, mesin pompa air ini terdiri dari 2 komponen utama, yakni komponen mesin penggerak dan komponen tabung pompa. Kedua komponen ini terdiri dari bagian-bagian yang memiliki fungsi masing-masing. Nah, berikut penjelasan lengkapnya.


1. Mesin Penggerak

Mesin pompa air ini memiliki sesuatu mesin penggerak yang berupa dinamo atau elektromotor. Dinamo ini berupa rangkaian gulungan yang terdiri dari rotor dan stator yang akan berputar apabila dihubungkan ke sumber listrik. Dan putaran dinamo inilah yang akan bertugas untuk menggerakkan putaran impellernya.


2. Kapasitor

Kapasitor yang ada pada mesin pompa air celup ini memiliki jenis kapasito starting. Nah, kapasitor starting ini berfungsi untuk mengangkat putaran dini dari dinamo penggerak keetika mesin pompa airnya dinyalakan. Apabila memang mesin dinamonya sudah berputar, maka kapasitor startingnya pun akan terputus secara otomatis.


3. Tabung Pompa Air

Mengenal bagian-bagian pompa celup selanjutnya adalah tabung pompa airnya. Tabung pompa air ini merupakan tempat dimana terjadinya siklus pemompaan air. Tabung pompa air ini berupa ruangan kecil yang dilengkapi dengan jalur lubang hisap dan saluran keluar airnya. Nah, pada bagian dalam tabung pompanya inilah letak dari berputarnya impeller.


4. Impeller

Impeller ini merupakan komponen mesin pompa air yang berupa kipas bergerigi. Fungsi dari impeller ini sendiri adalah untuk menghasilkan tenaga hisap dan tenaga dorong. Dengan begitu, maka siklus dari pemompaan airnya pun akan terjalin dengan baik.


5. Mekanikal Seal

Mekanikal seal ini merupakan sesuatu seal yang memiliki pegas. Fungsunya adalah untuk membagikan tekanan pada mesin. Sementara pada mesin pompa airnya sendiri, mekanikal seal ini berfungsi untuk membagikan penutup jalur poros impeller dengan bagian tabung pompa airnya. Dengan begitu, maka ketika poros impellernya berputar, maka airnya pun tidak bisa mengalir keluar.


6. Check Valve

Check valve ini merupakan bagian dari pompa air yang berfungsi untuk menutup saluran hisap dari mesin pompa celupnya. Dengan adanya check valve ini, maka air pun tidak akan bisa keluar atau kembali ke sumber air ketika mesin pompa airnya tidak menyala.


7. Otomatis Pompa Air

Otomatis mesin pompa air ini merupakan rangkaian saklar yang bekerja secara otomatis. Rangkaian ini digerakkan oleh tekanan air. Saklar otomatis ini akan terputus ketika kran airnya ditutup dan akan terhubung lagi ketika kran airnya dibuka.


Dan inilah hal penting yang harus Anda pahami dari mengenal bagian-bagian pompa celup. Bagi Anda yang ingin mencari alat-alat untuk untuk mendukung kinerja dari pompa celup ini, maka bisa mendapatkannya di PT. INDAH JAYA TEKNIK PRESISI. Disini merupakan distributor alat teknik yang berkualitas, dan bahkan jangkauannya sudah meyebar hingga ke seluruh Indonesia.