Mengenal Cara Mudah Memasang Klem Selang atau Pipa


Mengenal Cara Mudah Memasang Klem Selang atau Pipa

Terdapat beberapa cara mudah dalam pemasangan klem selang yang perlu diketahui. Meskipun terlihat mudah, memasang clamp harus benar-benar teliti agar hasilnya tidak sia-sia. Anda harus rekat memasangnya.


Tidak hanya itu saja, tapi juga ada beberapa cara lain yang perlu diperhatikan dengan benar. Selain harus benar dalam memasangnya. Perlu ketelitian dalam menentukan mana clamp yang hendak digunakan.


Jangan sampai salah pilih. Sebab ada banyak jenis yang dijual di pasaran dan harganya juga berbeda-beda. Mulai dari clamp dengan harga cukup mahal hingga sangat mahal.


Perbedaan harga tersebut disebabkan karena banyak faktor. Salah satunya karena perbedaan ukuran. Tetapi, tidak perlu bingung dalam memilihnya. Cukup sesuaikan saja dengan kebutuhan dan juga budget Anda.


Cara Memasang Klem Selang dengan Mudah


Ada beberapa cara perlu dilakukan saat akan memasang klem selang atau pipa. Pemasangan ini harus dilakukan dengan kuat saat awal. Untuk mencegah terjadinya perubahan posisi saat bekerja.


1. Posisikan plat dasar pada lokasi yang diinginkan. Pastikan bahwa beban sistem bisa bekerja secara efektif di lokasi tersebut.


2. Berilah tanda agar mudah untuk disejajarkan pada posisi plat dasar.


3. Kencangkan plat dasar dengan sekrup tanpa bantuan pengelas.


4. Usahakan jangan sampai kendor, harus rapat secara maksimal.


5. Kemudian lepaskan satu setengah klem selang atau pipa ke bawah pada plat dasar.


6. Kemudian masukkan yang akan direkatkan. Seperti selang, pipa ataupun komponen lain untuk digunakan.


7. Terakhir, posisikan setengah klem sisa dengan plat penutup di atas tabung atau saluran yang akan digunakan. Selesaikan proses pemasangan tersebut dengan menggunakan baut dan juga sekrup untuk mengencangkannya kembali.


Perlu berhati-hati pada proses pemasangan ini. Beri perlindungan diri, seperti sarung tangan agar tangan Anda tidak lecet. Namun, bisa juga meminta tolong bantuan orang yang memang sudah ahli memasang komponen.


Perbedaan Harga Klem Selang


Seperti diketahui, clamp yang sering kali dijual di pasaran memiliki harga bervariasi. Meskipun pada dasarnya, semua klem sendiri mempunyai fungsi utama sama, yaitu untuk menahan tekanan saat digunakan.


Adanya perbedaan tersebut disebabkan karena banyak hal. Antara lain disebabkan karena perbedaan spesifikasi, ukuran, merek, serta banyaknya pembelian.Faktor yang disebabkan karena spesifikasi. Misalkan saja klem berbahan stainles dengan baja.


Klem selang dengan bahan baja mempunyai harga yang jauh lebih mahal bila dibandingkan dengan clamp berbahan stainlessteel. Tidak hanya itu saja, perbedaan ketahanan juga menyebabkan harganya berbeda.


Kemudian perbedaan harga selanjutnya dipengaruhi karena ukurannya. Seperti diketahui, clamp mempunyai berbagai macam ukuran. Mulai dari paling kecil 1/2 inci, 5/8 inci. Hingga paling besar 7/8 inci.


Adanya perbedaan ini bertujuan agar clamp bisa disesuaikan dengan penggunaannya. Bila membeli ukuran terkecil, maka semakin murah juga harganya. Begitu juga sebaliknya, semakin besar semakin mahal juga harganya.


Faktor pembeda selanjutnya adalah banyaknya pembelian. Semakin banyak jumlah klem selang yang dibeli, harga yang diberikan penjual kepada Anda juga akan semakin murah. Namun ini tergantung di mana Anda membelinya.


Harganya clamp yang Anda beli di toko tentu saja akan berbeda. Bila Anda beli secara langsung ke distributor atau web perusahaan. Faktor pembeda berikutnya adalah merek.


Terdapat berbagai macam merek yang dijual di pasaran. Anda bisa memilih merek standar atau baru untuk mendapatkan harga murah. Namun biasanya merek standar akan menawarkan harga yang bersaing.


Jadi, Anda tidak perlu bingung lagi bagaimana cara pemasangannya dan mengapa harga di pasaran berbeda. Karena kini Anda telah mengerti, bagaimana cara memasang klem selang dan mengapa ada perbedaan harga.