top of page

Mengenal Electric Winch: Fungsi, Kelebihan, dan Cara Memilih yang Tepat



Dalam mengangkat benda berat, maka alat angkat seperti chain hoist sangat diperlukan, seperti salah satunya jenisnya adalah electric chain hoist. Nah mungkin Anda pernah mendengar nama yang serupa dengannya, yakni electric winch. Jika Anda beranggapan bahwa electric winch itu sama dengan electric chain hoist, maka Anda salah besar. Faktanya, keduanya memiliki perbedaan, baik itu pengertian, kelebihan atau fungsi, serta sebagainya.


Electric winch berbeda dengan electric chain hoist, sehingga dengan begitu jangan sampai Anda salah dalam mengenal mereka. Agar tidak salah, maka ada baiknya Anda mengetahui lebih lengkap tentang electric winch, yakni apa itu electric winch, kelebihan atau fungsinya, hingga sebagainya dari electric winch. Nah untuk mengetahuinya itu, maka lengkapnya bisa Anda simak artikel kami ini pada kesempatan kali ini!


Mengenal Lebih Lengkap Tentang Electric Winch yang Perlu Anda Semua Ketahui

Apa itu electric winch? Untuk mengenalnya, kita tahu dulu apa itu winch? Nah winch sendiri secara sederhana merupakan suatu alat yang biasa digunakan untuk menggulung dan mengulur wire rope. Tegangan yang dihasilkan pada wire rope pun nyatanya dapat membantu untuk menarik dan memindahkan suatu beban berat. Pada electric winch sendiri akan terdapat drum yang terbuat dari baja, yang mana itu dirancang untuk dapat menahan kapasitas beban tertentu.


Nah biasanya electric winch akan umum juga digunakan untuk memindahkan potongan alat-alat berat ataupun untuk menyeret suatu kendaraan seperti mobil dan bahkan juga bisa yang besar seperti kapal. Di zaman saat ini pun, sudah banyak yang menggunakan electric winch, hal itu karena electric winch memiliki sifat yang portabel, yaitu jelasnya dapat dipindah-pindah sesuai kebutuhan yang diinginkan.


Benda yang dikatakan sebagai electric winch, adalah benda yang memiliki komponen lengkap sebanyak 8. Komponen tersebut ada wire drum yang berbentuk seperti lingkaran, kemudian ada wire rope dengan panjang yang bervariasi, setelah itu ada motor listrik penggerak, gear train, hook, remote control wire, brake system, hingga ada juga box panel yang terdiri dari contactor, rectifier, dan komponen electrical lainnya.


Inilah Fungsi dan Kelebihan Electric Winch

Berikut adalah beberapa fungsi serta kelebihan dari electric winch, yang mana sebenarnya itu tergantung dari jenis dari electric winch itu sendiri:


  • Kita sudah mengenal bahwa electric winch bisa digunakan untuk berbagai bidang seperti konstruksi, shipping dan banyak bidang lainnya lagi. Namun yang juga umum, electric winch biasa digunakan untuk memindahkan potongan alat berat dan atau menyeret mobil serta kapal yang memang tersangkut. Itu bisa dilakukan karena ia memiliki kelebihan dengan bentuk electric winch portable, yang mana itu mudah untuk di pindah dari satu tempat dengan tempat lain dengan mudah.

  • Ada electric winch yang memerlukan daya yang lebih besar dibandingkan dengan model elektrik, itu karena penggeraknya menggunakan mesin mekanis pada gardan. Electric winch itu adalah winch PTO, yang mana jenis tersebut bukan alat terpisah, yakni harus membelinya satu paket kendaraan dengan kelebihan bisa memodifikasinya.

  • Beberapa electric winch pastinya memiliki gear, elektrik, hidrolis, pneumatik, bahkan juga pembakaran internal dan lain sebagainya. Nah fungsi itu akan bisa memberikan keleluasan user untuk mengatur jalannya mesin dan untuk mengamankan jalannya mesin supaya tetap bisa terkontrol dengan baik, terutama pada dunia industri yang terkenal memiliki resiko.


Inilah Cara Memilih Electric Winch yang Tepat untuk Anda

Ketika ingin menggunakan electric winch, maka yang sangat membutuhkan mungkin akan secara asal memilih tanpa mengetahui mana yang paling direkomendasikan. Padahal pemilihan yang tepat cukup penting untuk menentukan seberapa kekuatan yang dimiliki electric winch. Perlu diketahui, kekuatan electric winch itu sendiri diukur dari jumlah beban maksimum yang bisa ditarik hanya dengan lapisan tali bagian paling bawah pada drum.


Nah seiring dengan bertambahnya jumlah lapisan pada tali, biasanya kekuatan yang dimiliki pada tarikan akan berkurang sebanyak 10%. Kapasitas electric winch yang dibutuhkan ini akan bergantung dari beberapa faktor seperti berat beban, mobilitas dan tingkat permukaan. Lebih mudahnya, paling penting dalam memilih electric winch yang tepat, yaitu Anda harus mengukur electric winch yang Anda butuhkan, yakni dengan menggunakan rumus “Berat Kotor Beban dikali 1,5”


Jadi itulah dari kami tentang electric winch, baik pengertian, fungsi dan kelebihan, serta cara memilihnya yang tepat. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua. Jika ingin memiliki alat lifting seperti crane dan hoist, maka yang terbaik dan berkualitas adalah Elephant Hoist and Crane yang ada di IndahJaya.com


bottom of page