top of page

Mengenal Fungsi Obeng Selain Melonggarkan dan Mengencangkan yang Jarang Diketahui



Dalam mempermudah pekerjaan, biasanya alat seperti perkakas akan dipergunakan. Namun itu semua harus sesuai dengan fungsi dari alat perkakas tersebut. Seperti palu untuk memalu, gunting untuk memotong dan sebagainya. Tetapi tidak semua perkakas itu memiliki 1 fungsi saja, karena ada juga beberapa perkakas yang memiliki fungsi lebih dari 1. Contohnya seperti obeng yang akan menjadi topik utama artikel ini.


Obeng adalah perkakas yang paling umum ditemukan, dimana ia memiliki banyak jenis dan ragam sesuai dengan mata obeng. Obeng adalah salah satu perkakas yang ternyata memiliki lebih dari 1 fungsi, yaitu ada fungsi selain melonggarkan atau mengencangkan baut, mur, ataupun sekrup. Nah apa saja fungsi obeng secara lengkapnya? Untuk mengetahui itu semua maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Berbagai Fungsi Obeng

Berikut adalah fungsi lengkap dari obeng, yang mana beberapa diantaranya adalah fungsi yang jarang diketahui oleh orang banyak.


  • Obeng tentunya memiliki fungsi untuk melepas mur, baut, ataupun sekrup, yang mana itu harus sesuai dengan mata obeng yang digunakan kepada ulirnya.

  • Jika obeng memiliki fungsi melepas mur, baut dan juga sekrup, maka obeng pun juga bisa digunakan untuk memasang mur, baut, atau sekrup yang sesuai dengan ulir serta mata obengnya.

  • Obeng pun juga bisa Anda andalkan untuk melonggarkan segala jenis mur, baut, dan sekrup. Tetapi sama itu pun juga harus sesuai dengan mata obeng dan ulirnya.

  • Kemudian ada juga fungsinya untuk mengencangkan mur, baut, dan sekrup, yaitu yang memang sesuai dengan mata obeng yang digunakan serta ulir pada mur, baut, dan juga sekrup.

  • Obeng bisa untuk mencungkil sesuatu yang tipis, seperti sela-sela sempit ataupun bisa untuk paku. Namun obeng yang bisa melakukan itu hanyalah pada obeng jenis minus, atau bisa juga disebut dengan obeng flathead. Nah cara penggunaannya adalah dengan mengandalkan ujung tipis dari mata obeng minus.

  • Obeng pun juga bisa Anda andalkan sebagai alat untuk melubangi sesuatu, seperti papan ataupun kayu. Nah obeng yang bisa diandalkan untuk itu, adalah obeng seperti obeng minus ataupun juga bisa untuk obeng plus. Lalu untuk melakukannya, yaitu mata obeng ditempel pada objek yang ingin dilubangi, lalu kemudian diketok dengan alat bantu seperti palu atau sebagainya.

  • Fungsi obeng yang jarang diketahui orang, yaitu bisa juga dari kegunaannya yang bisa mengambil barang-barang kecil. Hal itu karena pada batang obeng atau mata obeng terdapat magnet yang bisa menarik.

  • Untuk jenis obeng minus atau flathead, obeng tersebut dapat diandalkan untuk mengikir ataupun bisa menserut sesuatu, seperti kayu ataupun papan. Nah caranya, yaitu dengan mengandalkan ujung lancip dari obeng minus, lalu seret dengan dalam sampai kulit kayu ataupun papan terkelupas.


Jadi itulah fungsi-fungsi obeng, begitu juga dengan fungsi yang jarang diketahui oleh banyak orang. Semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan Anda semua. Nah bilamana Anda ingin memiliki obeng atau perkakas lainnya, maka yang terbaik dan rekomendasi dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Yorumlar


bottom of page