Mengenal Jenis 2 Ton Electric Chain Hoist untuk Crane


Mengenal Jenis 2 Ton Electric Chain Hoist untuk Crane

2 ton electric chain hoist merupakan alat yang digunakan untuk mengangkut dan memindahkan barang yang bobotnya berat dan dalam jumlah banyak. Tidak heran jika alat ini sering dijumpai di industri besar seperti perkapalan, permesinan, manufaktur, dan lainnya.


Penggunaan alat ini dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi dalam operasional industri. Karena tidak bisa dipungkiri bahwa manusia memiliki keterbatasan untuk mengangkut banyak barang dalam satu waktu dengan bobot yang berat.


Fungsi utama dua ton electric chain hoist pada dasarnya untuk membantu aktivitas mengangkat dan menurunkan benda berat dengan menggunakan bantuan rantai yang melilit dua roda. Agar dapat berfungsi, alat ini dihubungkan dengan sumber daya listrik yang memberikan kontrol serta kekuatan yang lebih baik.


Jenis 2 Ton Electric Chain Hoist Khusus Crane


Sebelum memahami bagaimana cara pemasangan dua ton electric chain hoist, maka ketahui terlebih dahulu jenis-jenis hoist crane yang digunakan untuk membantu pengangkatan barang. Berikut ini beberapa jenis crane yang perlu Anda ketahui, di antaranya:


1. Portable Gantry Crane

Jenis portable gantry crane ini digunakan untuk alat yang kapasitasnya kecil. Keunggulan dari alat ini adalah lebih ekonomis dan fleksibel untuk mengangkat dan memindahkan material berat sekaligus.


2 ton electric chain hoist banyak dijumpai di stasiun kerja, toko, garasi, dan lainnya. Sangat cocok untuk penggunaan ringan karena mobilitasnya tinggi, sedikit biaya pemeliharaan, strukturnya sederhana, dan biaya rendah sehingga lebih hemat.


2. Gantry Crane

Jenis alat ini termasuk yang berkapasitas besar dan bisa digunakan untuk electric chain host. Gantry crane merupakan rangkaian derek yang memiliki support legs beroda dan idealnya diaplikasikan di luar ruangan. Alat ini biasanya berjalan di atas landasan rail.


3. Semi Gantry Crane

2 ton electric chain hoist ini merupakan rangkaian dari gantry crane yang hanya memiliki 1 support legs. Semi gantry crane biasanya menggabungkan support legs yang memakai rail maupun elevated runway. Crane jenis ini idealnya diaplikasikan untuk kebutuhan indoor dan outdoor.


4. Overhead Crane

Crane ini biasanya digunakan untuk alat yang berkapasitas besar seperti 2 ton electric chain hoist. Alat ini biasanya terpasang di atap bangunan dan memiliki fungsi untuk mengangkat maupun memindahkan beban.


Overhead crane juga sering disebut sebagai bridge crane atau jembatan crane yang kerapkali bisa dijumpai dalam pembuatan gedung atau bangunan.


5. EOT (Electric Overhead Travelling) Crane

Alat ini juga termasuk yang sering digunakan pada electric overhead traveling crane dan termasuk yang sangat populer karena mampu untuk mengangkat beban hingga 20 – 50 ton. Secara otomatis 2 ton electric chain hoist juga termasuk.


Crane ini biasanya digunakan dan dipasang pada atap langit atau atap pabrik. Terdapat dua jenis crane yang sering digunakan yakni girder dan single girder.


6. Jib Crane

Jenis crane ini memiliki tiang yang berfungsi sebagai penopang atau pusat yang mana posisinya terdapat di salah satu ujung girder. Bagian girder pada crane ini diklaim mampu berputar mulai dari 180 – 360 derajat dan tiang pada jib crane menjadi titik tengahnya.


Keberadaan 2 ton electric chain hoist tentu akan sangat membantu khususnya di bidang peralatan berat agar lebih efektif dan efisien dalam memindahkan benda atau barang yang berbobot berat. Anda juga bisa memilih alat ini sesuai kebutuhan industri.


Karena tentu saja setiap industri atau bidang membutuhkan kapasitas yang berbeda-beda tergantung seberapa banyak benda yang diangkut menggunakan alat tersebut. Oleh sebab itulah penting memahami jenis 2 ton electric chain hoist yang Anda butuhkan sebelum membelinya.