Mengenal Jenis-jenis Ukuran Selang Serat Kawat dan Fungsinya


Selang serat kawat ciri umunya adalah terdapat kawat di dalamnya. Dalam kehidupan sehari-hari memiliki banyak fungsi baik di industri maupun rumah tangga.


Fungsinya sangat beragam, Anda bisa memilih ukuran berdasarkan keperluan. Dengan mengetahui ukuran yang tepat, maka akan sangat membantu Anda untuk menyelesaikan pekerjaan dengan cepat.


Semakin besar ukuran dari selang akan memperbesar debit airnya. Biasanya ukuran yang tersedia antara 1/2 inci sampai 8 inci. Pembuatan berbagai ukuran tersebut mempertimbangkan diameter dari kran yang tersedia.


Inilah Berbagai Ukuran Selang Serat Kawat


Ukuran dari selang sangat beragam, mulai dari yang paling kecil hingga besar semua tersedia di pasaran. Hal inilah yang menjadi salah satu faktor mengapa masing-masing memiliki fungsi berbeda.


1/4 Inci


Ukuran ini paling kecil dan biasanya hanya digunakan untuk keperluan rumah tangga. Misalnya untuk mengalirkan air. Tekanan air yang dialirkan juga lebih lemah sehingga cocok untuk keperluan ini.


3/8 Inci


Ukuran selang serat kawat dimanfaatkan untuk kebutuhan dalam skala rumah tangga. Daya semprot maupun daya hisap air tidak begitu kuat sehingga hanya dipakai untuk kebutuhan yang sederhana seperti menyiram kebun.


5/8 Inci


Selang 5/8 inci banyak digunakan dalam perawatan rumah. Misalnya membersihkan bagian samping, depan dan belakang yang mana tidak membutuhkan diameter besar.


3/4 Inci


Keunggulan ukuran 3/4 inci dibandingkan 5/8 adalah mampu menyuplai lebih banyak air. Volume air yang mampu dialirkan lebih banyak dengan waktu singkat.


Jenis selang serat kawat yang satu ini tidak cocok jika Anda pakai untuk menyiram berbagai macam tanaman. Hal ini karena akan menyebabkan banjir di kebun.


Dengan demikian, Anda hanya akan menjumpainya di pabrik atau industri lainnya. Selain itu, bisa dipakai mengairi berbagai fasilitas umum yang luas sehingga pengerjaan akan cepat selesai.


1/2 Inci


Ukuran yang satu ini banyak dipakai dalam skala industri makanan. Misalnya aman untuk dipakai mengalirkan minuman maupun bahan pangan. Kualitasnya sangat bagus karena mampu bertahan pada suhu tinggi.


1 Inci


Selang serat kawat berukuran 1 inci atau lebih banyak dimanfaatkan untuk mengalirkan minyak, biji plastik, solar dan air. Semakin besar ukurannya maka bobotnya juga bertambah sehingga harganya lebih mahal.


8 Inci


Ukuran 8 inci biasanya dibuat untuk keperluan pertamina mini. Contohnya mengalirkan bensin, minyak hingga solar. Meskipun bahannya tebal namun tetap bersifat elastis, tidak kaku dan lebih lentur.


Keuntungan Menggunakan Selang Serat Kawat Spiral


Salah satu manfaat dari selang jenis ini adalah digunakan untuk pembuangan air. Biasanya tipenya adalah spiral dan bahan pembuatannya dari campuran antara PVC dan kawat.

Ciri-cirinya yaitu secara fisik warnanya semi transparan. Dengan demikian, Anda bisa melihat bagaimana proses air bergerak dari sumber air menuju ke bagian ujung.


Meskipun bentuknya tampak spiral, namun bagian dalamnya halus. Akibatnya aliran air di dalam selang serat kawat sangat lancar. Ukuran yang tersedia antara 1 hingga 8 inci.

Perbedaannya terletak pada diameter bagian dalam. Biasanya di pasaran selang tersedia dalam bentuk roll. Satu roll panjangnya ada yang 50 meter atau 100 meter.


Tipe spiral ini juga banyak dipakai pada pertamina mini untuk menyalurkan bensin maupun solar. Sifatnya yang lebih lentur mempermudah dalam proses penyaluran tersebut.


Semua jenis selang memiliki ukuran bervariasi. Oleh karena itu, sangat penting memahami perbedaan ukuran tersebut beserta kegunaannya. Salah satu tipe selang serat kawat yang umum digunakan adalah spiral.