Mengenal Komponen dan Bagian pada Selang Hidrolik


Mengenal Komponen dan Bagian pada Selang Hidrolik

Seperti yang sudah kita ketahui, selang ini memiliki banyak jenis dan kegunaannya. Di mana salah satu di antaranya ialah selang hidrolik. Jika Anda ingin mengoperasikannya dengan tepat, maka Anda harus mengenal komponen dan bagian pada selang hidrolik di bawah ini.

Pengertian Selang Hidrolik

Selang hidrolik atau dikenal dengan istilah hose hidrolik ialah selang dari bagian mesin sistem hidrolik, atau lebih tepatnya mesin yang biasa ada di bidang perindustrian.


Selang hidrolik ini memiliki fungsi sebagai penghantar atau media yang digunakan dalam penyaluran atau pengaliran berbagai jenis zat seperti angin, air, oli, dan steam yang berasa dari suatu komponen ke komponen lain.


Selang hidrolik sendiri dibuat dari berbagai jenis bahan. Hal ini dilakukan untuk menyesuaikan pekerjaan penggunanya.


Selang hidrolik biasanya dibuat dari bahan Teflon—politetrafluoroetilena, termoplastik, hingga karet sintetis. Setiap jenis bahan pada selang ini memiliki manfaat yang berbeda-beda.


Umumnya selang hidrolik ini digunakan pada perindustrian khususnya pertambangan.

Selang hidrolik ini pun biasa ditemukan pada berbagai jenis alat berat seperti crane, excavator, bahkan bulldozer.


Sebelum Anda mengoperasikan selang hidrolik secara maksimal, akan lebih baik jika Anda mengenal komponen dan bagian pada selang hidrolik.


Mengenal Komponen dan Bagian pada Selang Hidrolik

Di mana selang hidrolik terdiri dari bagian lapisan-lapisan,setidaknya ada 4 lapisan yang memiliki fungsi tersendiri sehingga selang hidrolik dapat berfungsi dengan baik. Berikut ini penjelasan rincinya.


1. Inner Tube

Bagian pertama disebut dengan inner tube atau lapisan dalam. Inner tube memiliki fungsi yang berperan sebagai penghantar fluida, rincinya membawa dan tempat mengalir cairan fluida.


2. Reinforcement Layer

Bagian kedua atau lapisan yang disebut dengan reinforcement layer. Yang mana lapisan ini berfungsi untuk memberikan kekuatan pada hose atau selang.


Yang mana Reinforcement layer atau lapisan penguat ini terbuat dari bahan kapas dengan material sintetis atau kawat.


Nantinya, kapas dan bahan sintetis dianyam, sedangkan kawat bisa dibuat dengan membelit membentuk spiral atau dianyam.


Setiap jenis selang hidrolik dibuat dengan lapisan penguat dari bahan yang berbeda. Namun, rata-rata biasanya selang hidrolik tidak terlepas dari bahan kawat dan kapas.


3. Wire Cushion

Bagian ketiga ialah lapisan yang disebut dengan wire cushion, di mana lapisan ini berfungsi sebagai lapisan yang dapat mengurangi kemungkinan kawat untuk menjadi kaku dan berakibat pada kerusakan.


Di mana kerusakan yang dimaksud ini terjadi pada lubang pin yang ada pada inner tube.


4. Cover

Terakhir komponen cover yang artinya penutup. Dari nama bagiannya saja, komponen ini memang dibuat untuk melindungi hose dari kerusakan eksternal seperti cuaca maupun lingkungan.


Biasanya, bagian cover ini dibuat dari material kawat baja, plastik, hingga kain. Bahan-bahan ini akan disesuaikan dengan kebutuhannya tersendiri.


Nah itulah terkait komponen dan bagian pada selang hidrolik beserta fungsinya. Dengan ini selang hidrolik dapat bekerja dengan semestinya. Jika Anda ingin mendapatkan selang hidrolik yang berkualitas, maka pastikan Anda membelinya di tempat yang tepat! tentu sebelumnya, Anda harus memahami spesifikasi selang hidrolik termasuk komponen dan bagian-bagiannya.


Jika bingung, Anda bisa mendapatkannya di PT. Indah Jaya sekaligus Anda pun bisa mengkonsultasikan terkait selang yang Anda butuhkan untuk penyesuaian. Lebih jelasnya, Anda bisa mengunjungi situs resminya di INDAHJAYA.COM. Tunggu apa lagi? Komunikasikan sekarang juga!