Mengenal Lever Block dan Beragam Manfaatnya



Mengenal Lever Block dan Beragam Manfaatnya

Merupakan alat bantu instalasi manual yang banyak digunakan, lever block ini memiliki sejarah dimana alat tersebut bisa mempermudah suatu instalasi di tempat terbuka maupun pada tempat yang tak memiliki sumber listrik. Mengenal lever block lebih dalam alat ini dikembangkan sejak 1919.


Sejak itu lever block mulai dipasarkan dan dapat membantu masyarakat dalam mengikat, menarik hingga mengangkat. Selain itu lever block ini juga cocok digunakan sebagai alat yang bisa menarik dengan vertikal.


Fungsi Lever Block


Mengenal lever block, fungsi lain dari alat ini adalah lifting yang penting untuk kebutuhan industri saat ini. Alat ini juga berguna untuk memindahkan barang dengan mudah dan bisa dioperasikan secara manual.


Dengan menarik, mengangkat dan menurunkan beban yang besar, alat ini sangatlah berguna di berbagai industri karena mudah dioperasikan dan memiliki istilah lain yaitu come along dan manual lever hoist.


Meski hampir mirip dengan chain block, namun lever block ini nyatanya lebih fleksibel dari segi fungsi yang digunakan. Alat ini juga bisa mengangkat beban secara horizontal yang tak bisa dilakukan oleh chain hoist.


Disisi lain, ada juga hal yang harus diperhatikan jika menggunakan lever block dalam mengangkat beban secara horizontal. Perbedaan lain pada lever block terdapat dalam penggunanya, tak seperti chain block yang menggunakan hand chain lever block ini cenderung menggunakan tenaga manual dalam menarik benda.


Penggunaan Lever Block dalam Dunia Industri


Tuas yang digunakan sebagai penggerak lever block, alat ini tak boleh digunakan berputar melingkar searah dengan jarum jam. Karena hal tersebut dapat menyebabkan lever block cepat rusak sehingga mengurangi masa pakainya.


Untuk itu, anda perlu pastikan lever block yang digunakan berposisi tegak lurus agar tak mudah rusak dan awet. Lever block juga memiliki daya angkat beban yang tertera dalam bagian kap masing-masing.


Hal ini sangat berguna dalam memastikan pengguna jika lever block yang digunakan telah berfungsi optimal dan baik. Untuk itu anda juga perlu memperhatikan bahwa berat beban yang diangkat oleh lever block mencukupi sebelum memindahkan barang.


Lever block yang memiliki variasi, anda juga perlu berkonsultasi dengan tim di lapangan agar penggunaan lever block bisa terjaga dan aman.


Manfaat Lever Block bagi Kebutuhan Industri


Mengenal lever block dan beragam manfaatnya, lever block antara lain bisa mempermudah industri dalam memindahkan beban ke tempat lain. Kelebihan lain yang dimiliki lever block dengan muatan 3 ton dan 1 ton adalah dapat memindahkan beban secara horizontal yang tak dimiliki peralatan lifting lain seperti chain block.


Lever block sendiri juga memiliki pegangan yang terhubung langsung dengan mekanisme internal dimana ratchet dengan load chain bisa diputar dalam roda internalnya. Lever hoist seperti bisa bekerja dengan cara digerakkan naik turun agar sistem ratchet bisa berjalan dalam memindahkan beban. Selain itu arah mekanisme internal juga bisa diatur sesuai kebutuhan.


Tak heran jika lever block seringkali digunakan dalam kebutuhan industri besar saat ini, setelah mengenal lever block ini diharapkan anda semakin paham penggunaan dan manfaat lever block bagi perusahaan.


Ada juga distributor yang bisa anda manfaatkan yaitu PT Indah Jaya Presisi dimana distributor ini telah berdiri puluhan tahun sejak 1968. Sejalan dengan hadirnya pasar global yang menguat anda bisa memilih PT Indah Jaya Presisi sebagai distributor terpercaya dalam distributor mesin, genset hingga peralatan dan mesin industri lainnya.