Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Obeng Ketok dan Fungsinya



Baut adalah bentuk pengikat berulir yang dipasangkan dengan ulir jantan eksternal, selain itu baut juga erat kaitannya, dan juga sering kali tertukar dengan yang namanya sekrup. Tentunya untuk mengencangkan dan mengendurkan ikatan baut, maka alat yang paling dibutuhkan adalah obeng, alat yang memang diciptakan untuk mengencangkan atau mengendorkan baut.


Namun selain baut yang memiliki banyak jenis, obeng juga memiliki banyak jenis, dimana yang menjadi topik utama artikel ini adalah obeng ketok. Nah apa itu obeng ketok dan apa fungsinya, semua itu akan kami jelaskan melalui artikel pada kesempatan kali ini. Maka dari itu bagi anda yang masih belum paham tentang obeng ketok, maka silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Apa Itu Obeng Ketok?

Obeng ketok, apakah mungkin itu obeng yang cara menggunakannya di ketok, atau mungkin fisiknya mirip seperti di ketok? Nah obeng ketok memang salah satu jenis obeng, yang mana fisiknya sendiri mirip dengan selongsong yang terbuat dari material logam. Biasanya obeng ketok memiliki bobot yang lebih berat daripada obeng pada umumnya, tetapi perbedaannya juga yang paling terlihat adalah cara menggunakannya. Obeng ketok menggunakan mekanisme penggerak gaya rotasi yang sangat kuat apabila bagian belakangnya dipukul.


Tidak hanya itu, obeng ketok juga memiliki ciri adanya socket khusus yang dapat digunakan untuk mengganti mata obeng. Sehingga dengan begitu maka obeng ketok dapat digunakan pada beberapa kebutuhan yang membutuhkan, tetapi tetap saja cara menggunakannya itu cukup terlihat aneh daripada obeng-obeng pada umumnya yang ada, sehingga dengan begitu maka tidak heran obeng tersebut dinamai dengan obeng ketok.



Fungsi dari Obeng Ketok

Obeng ketok adalah suatu alat yang tentunya akan digunakan untuk mengencangkan atau melepas sekrup dengan kekencangan yang lebih, yang mana itu layaknya obeng biasanya. Keunikan obeng ini sendiri, ia dapat diaplikasikan dengan cara memutar gagang obeng ke arah mengencangkan, atau bisa juga untuk mengendorkan kemudian menahan dengan tetap menekan, selanjutnya ujung gagang obeng dipukul dengan palu. Nah perlu anda ketahui, obeng ketok sekarang ini sudah berkembang, yang mana kini ada varian obeng ketok elektronik yang tidak digunakan secara manual.


Obeng ketok elektrik memiliki gaya‌ ‌tekan‌ ‌yang‌‌ dapat menghasilkan tenaga 2000-3000‌ ‌bpm‌ ‌setiap‌ ‌menit. Jadi dengan begitu maka obeng tersebut jelas sangat‌‌ berguna‌ ‌lebih hebat dibanding obeng biasa, yang mana ia akan cepat untuk ‌mengencangkan‌ ‌dan‌ ‌melepas‌ ‌sekrup‌ ‌atau‌‌ membuat‌ ‌lubang‌ ‌pada‌ ‌bahan‌ ‌yang‌ ‌keras.‌ ‌Ditambah lagi, mata obeng ketok juga dapat diganti-ganti sesuai ukuran yang pas dengan kepala sekrup, selain itu ia bisa juga digunakan untuk baut dan mur.


Karena bisa membuka dan mengencangkan baut dengan cepat, terutama yang besar, maka jelas alat satu ini cukup umum ditemukan di tempat mekanik. Contohnya seperti bengkel mobil, motor, dan lain sebagainya yang memang membutuhkan obeng dalam pengerjaan aktivitas pekerjaannya. Selain dijadikan sebagai alat utama untuk membuka atau mengencangkan baut, obeng ketok juga bisa dijadikan cara alternatif apabila ada baut yang sulit untuk dibuka atau dikencangkan, alias obeng ketok ini bisa menjadi solusi yang tepat untuk masalah tersebut.


Nah itulah segalanya yang perlu anda ketahui tentang obeng ketok. Bilamana anda tertarik dengan obeng atau perkakas lainnya, maka rekomendasi kami yang terbaik untuk anda adalah perkakas Tenka, dimana itu bisa anda miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan bisa anda share kepada yang lainnya.