Mengenal Pengertian dan Jenis Crane yang Ada


Mengenal Pengertian dan Jenis Crane yang Ada

Crane merupakan jenis alat berat yang memiliki fungsi dalam mengangkat dan memindahkan beban dengan bobot sangat berat. Dengan adanya alat ini, dapat membantu pekerjaan manusia dalam berbagai bidang.


Alat dapat membantu berbagai pekerjaan dalam bidang kontruksi, gudang, bengkel dan masih banyak lagi. Dengan kemampuan ini, tentu saja dapat memudahkan dan menghemat tenaga manusia.


Bentuk dari alat ini panjang dengan kemampuan menjangkau berat yang sangat besar. Beberapa di antaranya dapat berputar hingga 360 derajat serta jangkauan puluhan meter. Mesin ini umumnya dioperasikan menggunakan minyak atau hidrolik maupun pneumatik atau udara.


Penting Ketahui Apa Itu Crane ?


Anda mungkin pernah melihat benda raksasa menjulang tinggi berdiri di samping bangunan yang sedang dibangun. Benda tersebut juga disebut derek jangkung.


Dikatakan jangkung karena bentuknya dari crane yang panjang dan tinggi dapat menjangkau tempat yang cukup tinggi juga. Tinggi dari lengan alat ini dapat disesuaikan dengan kapasitasnya dalam mengangkat beban.


Mesin ini memiliki kawat yang mampu bergerak layaknya sebuah katrol. Ada disebut derek atas (overhead), derek bergerak atau mobil dan derek tetap (fixed). Ketiganya dapat disesuaikan penggunaannya dengan kebutuhan.


Ada 3 Jenis dari Crane


Jika dilihat dari bentuknya dibagi menjadi 3 yakni derek atas, derek bergerak dan derek tetap. Ketiganya dimanfaatkan untuk berbagai kebutuhan dan memiliki daya angkat berbeda-beda pula. Penggunaannya dapat disesuaikan.


Pertama ada derek atas atau overhead. Derek atas merupakan rangkaian hoist yang dipasang di bagian atap sebuah bangunan agar dapat mengangkat benda-benda di bawahnya. Selain disebut overhead, seringkali disebut sebagai jembatan atau bridge.


Jenis crane ini banyak dimanfaatkan dan secara umum pada pemakaian di dalam ruangan. Tetapi, kadang juga digunakan di luar ruangan. Terdapat beberapa jenis dengan sistem overhead ini diantaranya overhead traveling.


Overhead traveling memiliki fungsi memindahkan barang dalam ruangan. Ini dapat bergerak ke arah kiri dan kanan serta maju dan mundur. Ada yang berbentuk Single girder dan double girder. Ini banyak digunakan di lokasi kontruksi bangunan.


Kedua adalah jenis derek bergerak atau disebut mobil derek. Mobile crane merupakan jenis alat yang fungsinya untuk memindahkan beban berat. Penggunaan jenis ini dinilai lebih fleksibel karena dipasang permanen dalam sebuah kendaraan.


Mobil derek banyak dimanfaatkan oleh perusahaan dalam memindahkan material yang jaraknya cukup dekat. Selain itu, komponen yang dimiliki lata berat tersebut dapat menjadi penunjang atau membantu dalam membuat tower.


Terdapat beberapa jenis crane yang menggunakan prinsip mobile. Misalnya jenis mobile derek hidrolik, all-terrian mobile, rough terrain mobile, crawler dan carry deck. Kelimanya memiliki peran dan fungsi yang hampir sama.


Ketiga adalah fixed. Sesuai dengan namanya, penggunaan jenis ini tidak dapat dipindahkan. Pemasangannya dengan cara menanam strukturnya dilangit-langit rel. Rel tersebut mampu bergerak maju mundur satu arah.


Beberapa jenis yang menggunakan sistem derek tetap seperti jembatan derek, bulk handling, hammerhead, stacker dan tower crane yang penggunaannya sulit untuk dipindahkan. Contohnya pada tower, struktur bawahnya dipasang permanen di dalam tanah.


Berbeda dengan jenis mobil derek yang lebih fleksibel, penggunaan derek tetap tidak fleksibel. Namun untuk kapasitas mengangkatnya bisa dikatakan lebih besar karena strukturnya cukup besar.


Penggunaan alat ini sangat bermanfaat dalam berbagai bidang dan memudahkan pekerjaan. Misalnya dalam bidang kontruksi, perkapalan, hingga perbengkelan. Crane memiliki banyak kelebihan sebagai alat untuk memindahkan beban yang beratnya berton-ton.