top of page

Mengenal Apa Saja Perkakas Bangunan yang Wajib Diketahui Pekerja Bangunan



Perkakas sebenarnya sudah ada pada zaman batu, yang mana manusia primitif menggunakannya untuk membangun rumah mereka, ataupun sekedar memburu atau melakukan pekerjaan lainnya. Lalu dengan seiring perkembangan zaman, maka perkakas yang dulunya batu kini beralih menjadi perkakas yang terbuat dari logam atau besi, yang mana itu juga diikuti dengan pengoperasian otomatis menggunakan mesin canggih.


Nah perkakas sendiri saat ini telah menjadi alat yang banyak digunakan di beberapa sektor, yaitu ada perumahan, otomotif, hingga sektor konstruksi atau pekerja bangunan. Dari beberapa sektor tersebut, pastinya perkakas yang digunakan tidaklah selalu sama, karena seperti yang kita tahu bahwa pengerjaan mereka itu berbeda. Layaknya di pekerjaan bangunan, mereka tentunya membutuhkan jenis perkakas tertentu, yang mana itu akan kami jelaskan di artikel ini!


Inilah Perkakas Untuk Pekerjaan Bangunan yang Wajib Diketahui Para Pekerja Bangunan

Mesin Bor

Bor adalah alat perkakas yang penggunaannya bisa menggunakan mesin. Dalam dunia konstruksi, alat perkakas bor lebih condong digunakan yang menggunakan mesin daripada manual. Nah tujuan dari mesin bor bagi pekerja bangunan, yaitu untuk berfungsi sebagai pelubang tembok atau papan kayu yang biasa ada pada pekerjaan bangunan. Namun mesin bor juga dapat digunakan untuk memasang berbagai macam furniture hingga melepas sekrup dan lain sebagainya. Seperangkat bor biasanya juga memiliki beberapa jenis mata bor cadangan, yang mana itu dapat dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhannya.


Mesin Gerinda Tangan

Gerinda tangan salah satu perkakas atau alat tukang bangunan yang sangat umum ada di pekerjaan bangunan. Hal itu karena alat tersebut praktis, dikarenakan sudah menggunakan mesin untuk menggerakkannya, lalu ditambah lagi mudah dibawa dan digunakan. Fungsi gerinda tentunya untuk memotong plat besi, besi batangan dan bahan lainnya yang bersifat logam. Tidak hanya itu, gerinda dapat juga diganti mata nya dengan batu asah, sehingga itu bisa membuat ia menjadi alat asah yang multifungsi.


Palu

Selain menggunakan mesin, ada juga perkakas yang menggunakan tenaga manual manusia, yaitu palu. Nah palu merupakan salah satu perkakas untuk bangunan yang umum ditemukan pada sektor tersebut, hal itu karena ia memiliki fungsi utama sebagai pemukul bagi paku untuk ditancapkan pada kayu, dinding, ataupun sebagainya yang ada pada pekerjaan bangunan. Selain itu palu juga dapat digunakan untuk menghancurkan batu dan dinding yang ingin di bongkar, serta dapat juga mencabut paku yang sudah tertanam apabila palu tersebut memiliki ujung seberang berupa pencungkil.


Gergaji

Gergaji memiliki 2 jenis, tetapi untuk pekerjaan bangunan biasanya hanya digunakan gergaji manual. Gergaji adalah alat yang bisa untuk memotong kayu, besi, ataupun material lainnya, hal itu karena pada mata gergaji terdapat ujung-ujung lancip atau bergerigi tajam.


Mesin Ketam

Atau mesin serutan kayu, adalah mesin yang dapat digunakan untuk merapikan kayu, menghaluskan permukaan kayu dan bahkan membentuk siku pada sudutan kayu agar terlihat lebih rapi. Nah kegunaannya itu jelas sekali sangat dibutuhkan pada pekerjaan bangunan, yang mana biasanya pekerjaan bangunan rumah akan bisa mengandalkan alat tersebut untuk memperoleh kayu dengan penyesuaian yang tepat bagi pemasangan pondasi rumah ataupun untuk furniture.


Meteran

Dalam membangun bangunan, maka tidak hanya sekedar membangun tanpa diukur terlebih dahulu. Oleh karena itu, sebelum membangun maka dibutuhkan alat ukur yang tepat seperti meteran bangunan. Kegunaannya jelas yaitu untuk mengukur ukuran, mulai dari 3 meter, 5 meter, 10 meter bahkan ada yang 100 meter. Baik itu pengukuran lebar, ataupun pengukuran tingginya.


Nah itulah beberapa alat perkakas yang umum harus ada di pekerjaan bangunan, yang mana semuanya wajib diketahui oleh para pekerja bangunan. Sekian dari kami, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda tertarik dengan perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka perkakas Tenka bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk Anda. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa memiliki itu dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page