Mengenal Selang Hidrolik PTFE di Bidang Industri


Mengenal Selang Hidrolik PTFE di Bidang Industri

Sejalan dengan pemanfaatan alat berat serta sistem berbasis hidrolik, menjadikan produk selang hidrolik terus digunakan. Hal ini sepadan, jika Anda melihat fungsinya sebagai penghantar fluida. Mesin tidak akan berjalan secara optimal, tanpa adanya selang hidrolik. Adapun klasifikasi selang hidrolik meliputi:

  1. Selang hidrolik PTFE atau PTFE hydraulics hose

  2. Selang spiral wire hose

  3. Selang termoplastik

  4. Selang rem udara atau air brake/compressed air.

Tentunya jenis selang hidrolik ini memiliki fungsi dan penggunaan yang beragam. Oleh karena itu, dalam pemanfaatannya Anda perlu menyesuaikan kebutuhan, sehingga tidak terjadi kesalahan. Dalam tulisan ini, akan memberikan insight kepada Anda tentang selang hidrolik khususnya selang PTFE hydraulics hose. Untuk penjelasan menyeluruh, baca ulasan berikut hingga selesai!


Apa Itu Selang hidrolik dan Selang Hidrolik PTFE?

Selang hidrolik atau bisa disebut hydraulic hose merupakan komponen penting yang dimanfaatkan sebagai penghantar oli hidrolik sesuai dorongan yang diinginkan. Selang ini terbuat dari beberapa bahan seperti termoplastik yang diperkuat melalui kawat, dan bahan karet sintetis. Dua bahan tersebut digunakan dalam bidang produksi, agar produk tidak mudah terkelupas, meskipun digunakan untuk mengalirkan cairan panas.


Adapun pemanfaatan selang ini tidak hanya mencangkup bidang industri saja, tetapi juga cocok digunakan untuk konstruksi pembangunan, pertanian, pertambangan, dan kegiatan lainnya. Penting untuk Anda tahu, jika selang hidrolik memiliki fungsi utama, yakni sebagai pengantar cairan fluida (misalnya oli) ke dalam ekuator, dan akan diubah menjadi tenaga serta energi.


Dari beberapa jenis selang hidrolik, ada selang hidrolik PTFE, yang masuk ke dalam produk HFT atau hose fitting hydraulic, serta dimanfaatkan di bidang industri. Adapun bahan utama yang digunakan untuk membuat produk selang ini, menggunakan politetrafluoroetilena (PTFE) atau yang dikenal teflon, agar produk yang dihasilkan tahan akan cuaca ekstrem, abrasi, dan cairan kimia lainnya.


Apa Perbedaan PTFE Hydraulics Hose dan Air Broke Hose?

Memang ada beberapa orang yang membandingkan kesamaan fungsi antara selang PTFE Hydraulics Hose dengan Air Broke Hose. Untuk membedakan keduanya, Anda bisa melanjutkan penjelasan berikut!


Seperti yang Anda ketahui sebelumnya, jika selang PTFE Hydraulics Hose sering dimanfaatkan dalam bidang industri, karena ketahanannya sebagai penghantar fluida, baik pada kondisi cuaca ekstrem, abrasi, dan terkena cairan kimia. Ini sepadan dengan kelebihan yang dimiliki produk selang ini meliputi.

  1. Memiliki ketebalan yang baik, sehingga tidak tembus akan kelembaban panas serta dingin.

  2. Ramah lingkungan dan aman.

  3. Koefisien gesekannya rendah, sehingga tidak mudah rusak.

  4. Selang hidrolik PTFE dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Selanjutnya, pemanfaatan selang Hose Fitting Hydraulic di bidang industri, juga memanfaatkan jenis selang Air Broke Hose. Selang ini dimanfaatkan untuk menahan udara panas pada mesin industrial. Adapun bahan utama yang digunakan pada selang ini adalah karet yang sangat tebal, sehingga memiliki kelebihan sebagai berikut.

  1. Tahan lama dan dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama.

  2. Mengandung bahan berkualitas, sehingga tingkat kebocoran minim.

  3. Pada bagian tengah ketebalan selang sangat baik, sehingga tidak meleleh, meskipun terkena cairan kimia dan udara panas.

  4. Kelengkapan standar emisi sangat kuat, sehingga ramah lingkungan.

Berikut menjadi penjelasan tentang selang hidrolik PTFE. Melalui artikel ini Anda juga mengenal Air Broke Hose yang sama kegunaannya di bidang industri. Apabila Anda membutuhkan informasi lengkap terkait selang ini, dan mengetahui portofolio produknya, silahkan kunjungi website Indah Jaya Group.