Mengetahui Fungsi Klem Selang dan Tips Memilihnya


Mengetahui Fungsi Klem Selang dan Tips Memilihnya

Klem selang atau penjepit adalah salah satu alat yang sangat penting. Mungkin, bagi Anda yang sering berkecimpung di bidang industry sudah tidak asing lagi dengan benda satu ini.


Biasanya terbuat dari besi ataupun logam. Ukurannya tipis dengan bentuk lingkaran. Kegunaan utamanya untuk menjepit selang. Antara lain seperti menjepit selang tabung gas, air, atau bahan bakar lainnya.


Namun tentu tidak hanya itu saja, masih banyak kegunaan lain yang perlu untuk diketahui. Meskipun kegunaan utamanya sama, tidak semua klem yang terjual di pasaran memiliki harga serupa.


Karena setiap klem yang ada, harganya bervariasi. Hal itu disebabkan karena beberapa faktor. Maka dari itu sebelum memilih, Anda perlu mengetahui beberapa tips yang baik dalam memilihnya.


Fungsi Klem Selang yang Perlu Dipahami


Apabila Anda ingin mengetahui dengan pasti fungsi dari penjepit selang ini, Anda dapat mencoba menggunakannya langsung untuk industri Anda. Fungsi klem ini umum, tidak terkotak pada beberapa bidang saja.


Semua jenis industry, baik itu industri kecil maupun besar pasti menggunakan produk ini. Tidak hanya harganya saja yang terjangkau, namun cara penggunaannya juga sangat mudah.


Pemanfaatannya klem selang ini sangat banyak. Mulai dari untuk selang gas, pipa dan masih banyak jenis selang lainnya yang bisa menggunakan klem ini. Disebabkan karena perkembangan kebutuhan.


Maka tidak heran, apabila kini banyak yang menggunakannya. Seperti misalnya pabrik industry, industry otomotif, perkapalan dan masih banyak lainnya. Tetapi tidak hanya ada dalam bidang itu saja.


Namun juga bidang rumah tangga. Antara lain seperti clamp selang untuk menyiram tanaman, mencuci piring dan sebagainya. Meskipun mampu menyambung berbagai jenis berbagai jenis selang.


Namun, untuk jenis pipa bertekanan tinggi perlu melakukan riset dulu. Apa bisa menahan tekanan dari pipa tersebut. Demi keamanan penggunaan, pipa bertekanan tinggi lebih baik menggunakan alat khusus.


Yaitu fitting kompresi atau fitting crimp bold yang memang khusus dibuat untuk pipa bertekanan tinggi. Sebelum memasang klem pada pipa bertekanan tinggi, lakukanlah perlindungan diri terlebih dahulu.


Tips Memilih Klem Selang yang Sesuai


Salah satu tips sebelum memilih klem adalah memperhatikan berapa harganya. Memang, semuanya memiliki fungsi yang sama, namun mempunyai jenis yang berbeda. Setiap jenisnya itu mempunyai harga yang berbeda-beda juga.


Perbedaan harga ini selain disebabkan karena ukurannya, namun juga disebabkan karena jenis materialnya. Memang, sebagian besar klem selang terbuat dari besi. Namun, dipasaran terdapat jenis lain.


Yaitu berbahan dasar tembaga serta stainlis steel. Disesuaikan dengan lokasi penggunaan hose clamp tersebut. Dalam memilih hose clamp berkualitas, pertimbangkan kebutuhan dari lapangan.


Apa hose clamp yang dibutuhkan sesuai dengan kapasitas kekuatannya atau tidak. Pertimbangkan juga, apakah harganya sesuai dengan budget keuangan Anda. Namun tidak hanya itu saja yang perlu dipertimbangkan.


Untuk mendapatkan klem selang berkualitas, lakukan pemeriksaan terhadap fisik produk secara keseluruhan. Sebab, hose clamp ini mudah sekali berkarat. Apabila sudah berkarat lama kelamaan akan kropos.


Bila hose clamp sudah kropos, kemampuan produk dalam menyambung tidak akan efektif. Tidak heran apabila klem mudah terindikasi karat. Hal ini tentu saja disebabkan karena bahan yang dipakai tidak berkualitas.


Jadi apabila hendak memilih produk klem selang, jadilah pembeli cerdas. Anda harus bisa bijak serta kritis dalam memilih suatu produk. Jangan mudah tergiur dengan harga murah. Bisa saja, kualitasnya memang kurang.


Perhatikan juga ukurannya. Sesuaikan ukuran klem dengan jenis selangnya. Jangan sampai salah ukuran, Anda perlu tau pasti ukurannya sebelum membeli. Umumnya, clamp harus berukuran lebih besar daripada selangnya.


Kini, Anda sudah mengerti berbagai macam fungsi serta tips memilih hose clamp yang baik. Jadi, jangan sampai salah dalam memilih klem selang, sesuaikan dengan kebutuhan serta keuangan Anda.