Mengetahui Macam-macam Selang Air Beserta Ukurannya


Mengetahui Macam-macam Selang Air Beserta Ukurannya

Selang air merupakan salah satu peralatan rumah tangga yang memiliki peran penting. Seperti diketahui, saat ini sebagian besar orang pasti memilikinya. Untuk mencuci peralatan rumah tangga, berkebun, bersih-bersih dan sebagainya.


Namun perlu Anda tau, ada berbagai macam jenis dan ukuran yang tersedia di pasaran. Dan masing-masing mempunyai fungsi khususnya sendiri-sendiri. Tergantung di mana dan untuk apa digunakannya.


Setiap jenis dan ukuran juga memiliki kelebihan serta kekurangannya masing-masing. Sesuaikan pilihan dengan kebutuhan. Maka dari itu, sebelum memilih Anda perlu mengetahui apa saja jenis dan ukurannya.


Macam-macam Selang Air yang Perlu Diketahui


Meskipun terlihat sama, selang memiliki berbagai macam jenis. Dan semuanya mempunyai kegunaan yang berbeda-beda. Seperti untuk menyiram tanaman, tidak sama seperti yang biasa digunakan untuk keperluan rumah tangga.


1. Jenis plastik

Jenis plastik ini terbuat dari campuran karet dan juga PVC. Lebih keras dan juga tebal, namun elastis. Selain itu ukuran diameternya juga lebih besar. Dengan berbagai macam pilihan warna mencolok.


Bagi Anda yang suka berkebun, mungkin sudah familiar dengan jenis selang air satu ini. Sebab, jenis plastik ini memang sering dipakai untuk menyiram tanaman. Jenis plastik ini juga tahan lama.


Sebab dibuat dengan ketebalan yang lumayan bagus. Hal itu menyebabkannya tahan terhadap cuaca ekstrim dan berbagai jenis goresan. Tidak hanya untuk berkebun, sering juga digunakan untuk pendistribusian air.


2. Jenis transparan

Warnanya yang transparan, membuat Anda dapat melihat sesuatu yang mengalir di dalamnya. Terbuat dari bahan PVC dan juga sangat elastis. Jadi, dapat digulung dengan mudah setelah digunakan.


Selang air ini sering kali digunakan pada aquarium untuk mendistribusikan air dari pompa. Tidak hanya itu, selang ini juga sering dipakai tukang bangunan untuk mengukur permukaan agar rata serta seimbang.


3. Jenis spiral

Selang ini didesain untuk pembuangan air bertekanan tinggi. Terbuat dari perpaduan bahan PVC keras dan lunak. Seperti sebelumnya, jenis spiral ini juga mempunyai warna transparan, sehingga bisa terlihat isinya.


Bentuk lekukan spiral itu hanya terlihat pada permukaan luarnya saja. Namun, permukaan dinding dalamnya masih lurus, tidak spiral seperti diluar. Jadi, cairan di dalam masih tetap bisa mengalir dengan lancar.


4. Jenis selang untuk air panas

Terakhir ini sering digunakan untuk air panas. Terbuat dari bahan khusus yaitu PEX, yang tahan terhadap suhu tinggi. Selang ini dapat tahan terhadap suhu mencapai 200° Celsius.

Tidak hanya itu saja, selang ini juga tidak mudah berkarat. Mempunyai ciri khas, warna selangnya orange atau merah. Biasa digunakan untuk mengalirkan air panas dari water heater ke bak mandi.


Ukuran Selang Air yang Beragam


Jika tadi telah membahas tentang berbagai jenisnya. Sekarang Anda juga harus mengetahui berbagai macam ukurannya. Sebab selain jenis, selang juga memiliki berbagai macam ukuran. Berbagai macam ukurannya antara lain :


1. Ukuran 1/4 inci

Pertama, ada ukuran 1/4 inci. Ini adalah ukuran paling kecil yang paling sering dipakai dalam kebutuhan rumah tangga. Salah satunya adalah untuk keperluan pengairan aquarium.


2. Ukuran 3/8 inci

Berikutnya ada selang air berukuran 3/8 inci. Sama seperti sebelumnya, ukuran ini masih sering dipakai untuk keperluan rumah tangga. Sebab daya semprot dan juga hisapannya dan tidak terlalu kuat.


Selang berukuran 3/8 inci ini sangat mudah dikoneksikan dengan grip atau kran air. Misalkan saja untuk menyiram tanaman, cukup sambungkan saja dengan kran konektor yang ukurannya sesuai.


3. Ukuran 5/8 inci

Selang berukuran 5/8 inci ini, hanya bisa menyuplai aliran air lebih kecil dengan volume yang sedikit. Apabila Anda menggunakan ukuran ini, aliran air yang keluar tidak menyebar dan kurang kuat.


Anda mungkin membutuhkan selang air ini hanya sebagai pelengkap saja, seperti untuk perawatan rumah. Seperti untuk membersihkan area luar rumah. Memiliki harga yang lebih murah.


4. Ukuran 3/4 inci

Ukuran ini mampu menyuplai air lebih banyak daripada sebelumnya. Selain itu kekuatan dan kekuatan sebarnya juga lebih besar. Sebaiknya, jangan menggunakannya untuk menyiram taman bila tidak ingin taman Anda banjir.


Anda sudah mengetahui berbagai macam jenis dan ukuran selang. Dengan begitu, kini Anda tidak perlu bingung lagi dalam menentukan pilihan. Cukup sesuaikan saja jenis dan ukuran selang air sesuai kebutuhan.