top of page

Bagaimana Cara Mengetahui Status Permohonan PLN dan Alasan Ditolak



Untuk memperoleh daya listrik di tempat atau rumah Anda, maka Anda harus mempunyai daya listrik dari PLN yang tersambung dengan sambungan serta meteran yang akan disediakan. Namun memasang sambungan PLN tentunya tidak langsung jadi begitu saja, begitu juga tidak langsung dipasang oleh teknisi begitu saja. Hal itu karena adanya permohonan yang harus diajukan oleh Anda atau yang lainnya.


Nah Anda yang sudah mengajukan permohonan, pastinya harus membuat Anda menunggu beberapa waktu untuk dikabarkan. Tapi terkadang kabar dari PLN cenderung membuat Anda penasaran bagaimana prosesnya, apakah diterima atau ditolak. Untuk mengetahui status permohonan PLN, maka Anda bisa langsung mengetahuinya dengan cara-cara yang akan kami jelaskan di artikel ini. Berikut juga dengan alasan mengapa itu ditolak.


Inilah Cara Mengetahui Status Permohonan PLN

Melalui Website

Cara melalui website bisa Anda lakukan melalui berbagai perangkat, mulai dari komputer, gadget, ataupun sebagainya dengan koneksi internet. Nah langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di berikut ini:

  1. Buka browser internet Anda.

  2. Kemudian masukan alamat web berikut ini: https://web.pln.co.id/pelanggan/layanan-online/status-permohonan-pelanggan

  3. Lalu Anda bisa masukan ID Pelanggan/Nomer Register/No Agenda/Kode Booking Anda.

  4. Anda juga jangan lupa untuk memasukan kode captcha.

  5. Berikutnya nantinya akan muncul tampilan mengenai informasi jenis transaksi/permohonan, data permohonan, data pemohon dan status permohonan Anda.


Melalui PLN Mobile

PLN Mobile merupakan aplikasi dari PLN yang bisa memungkinkan Anda mengetahui segalanya yang berkaitan dengan PLN, begitu juga dengan layanan lainnya yang Anda inginkan. Nah karena ini merupakan aplikasi, maka Anda wajib install dulu aplikasinya di perangkat Anda, lalu daftar jika belum. Kemudian jika sudah, maka ikuti langkah-langkah berikut ini untuk mengetahui status permohonan PLN Anda:


  1. Anda buka aplikasi PLN Mobile yang Anda punya.

  2. Lalu setelah masuk aplikasi, maka Anda pilih menu layanan listrik.

  3. Kemudian Anda pilih tombol riwayat di pojok kanan atas.

  4. Nantinya akan ada tampilan list permohonan dan klik untuk melihat detailnya.


Melalui Layanan PLN Online

Sama dengan cara website, cara ini memungkinkan Anda harus menggunakan internet, karena cara ini adalah cara yang menggunakan layanan online dari PLN di layanan.pln.co.id. Untuk langkah-langkahnya bisa Anda ikuti di berikut ini:


  1. Bukan browser atau internet.

  2. Lalu kemudian masukan alamat berikut ini: layanan.pln.co.id

  3. Kemudian Anda klik menu Pasang Baru.

  4. Lalu setelah itu akan muncul halaman Syarat dan Ketentuan Pasang Baru, yang kemudian Anda bisa Scroll ke bawah.

  5. Klik setuju setelah membaca dan paham semua syarat dan ketentuannya.

  6. Anda bisa lanjutkan dengan isi formulir Data Pelanggan dengan data yang benar dan sesuai kartu identitas.

  7. Lalu ada juga Anda bisa isi formulir Data Pemohon Klik menu Hitung Biaya.

  8. Kemudian nantinya akan tertera berapa nominal yang harus dibayar untuk membuat sambungan baru.

  9. Untuk pembayaran bisa dilakukan di kantor PLN atau melalui ATM yang Anda punya.


Alasan Status Permohonan PLN Ditolak

Berikut adalah beberapa alasan yang kemungkinan besar membuat status permohonan PLN ditolak:


  • Isi data tidak sesuai dengan yang sesungguhnya, sehingga status permohonan ditolak.

  • Sambungan PLN memang tidak tersedia di tempat Anda, sehingga akan sulit memasang baru tiang listrik untuk memberikan daya listrik dari PLN ke tempat yang dituju.

  • Kemungkinan, adanya riwayat Anda yang buruk dengan PLN. Seperti tagihan listrik yang pernah menunggak lama tidak dibayar, ataupun sebagainya.

  • Proses administrasi Anda tidak dibayarkan atau dilunaskan, sehingga status permohonan akan seperti digantung dan akan bisa ditolak oleh PLN.

Jadi itulah cara mengetahui status permohonan PLN dan juga alasannya ditolak. Semoga bermanfaat untuk Anda semua terutama dalam menambah pengetahuan Anda. Bilamana status permohonan tidak ada kabarnya atau ditolak terus menerus, maka alternatifnya untuk mendapatkan daya listrik bisa dari Genset. Lalu Genset terbaik dan berkualitas rekomendasi kami adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.



bottom of page