Mengetahui Tipe Selang Air dan Bagaimana Cara Memilihnya


Mengetahui Tipe Selang Air dan Bagaimana Cara Memilihnya

Buat Anda yang senang berkebun tentu tidak asing lagi dengan selang air. Sebuah benda yang digunakan untuk berbagai kegiatan rumah tangga salah satunya menyiram tanaman. Ternyata ada banyak tipe selang yang jarang diketahui oleh orang.


Selain itu dalam melakukan pemilihan selang, Anda tidak bisa memilihnya sembarangan. Jika salah memilih selang maka hasilnya juga tidak akan maksimal. Oleh karena itu kenali beberapa tips memilih dan tipe selang berikut ini.


Tipe Selang Air yang Dijual


Apabila Anda ingin membeli selang maka ketahui terlebih dahulu apa saja jenis-jenisnya. Terdapat banyak jenis selang yang biasanya digunakan untuk berkebun atau aktivitas lainnya. Berikut daftar tipe selang yang biasa dijual.


Selang Plastik Warna


Selang air yang pertama merupakan selang plastik warna. Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan selang plastik warna bukan? Selang plastik berwarna memiliki warna yang beragam dan biasanya juga memiliki kandungan PVC dan karet.


Kelebihan dari selang plastik warna adalah memiliki elastisitas yang tinggi dan sifatnya adalah tahan lama. Selain digunakan untuk keperluan rumah tangga selang plastik warna juga sering digunakan untuk melindungi kabel atau pembungkus kabel.


Selang plastik warna ini memiliki diameter yang berbeda-beda mulai dari 5/8 sama satu inchi. Selain ukurannya yang beragam selang plastik warna ini juga memiliki ketebalan berbeda-beda. Tingkat elastisitasnya juga berbeda-beda. Anda bisa memilihnya sesuai dengan kebutuhan.


Selang Khusus Air Panas


Jenis selang air yang berikutnya adalah selang untuk air panas. Biasanya selang ini berwarna merah dan digunakan khusus untuk mengeluarkan air panas. Sesuai dengan namanya selang yang satu ini digunakan untuk menyalurkan air panas dari shower ke bak.

Selang khusus air panas ini terbuat dari PEX dengan sifat ketahanan yang tinggi. Elastisitasnya juga tinggi dan bisa tahan sampai 200 derajat air panas.


Selang Spiral


Jenis selang air selanjutnya adalah spiral yang terbuat dari bahan PVC keras dan lunak. Jenis selang yang satu ini biasanya digunakan untuk membuang air dengan tekanan tinggi.

Warnanya juga transparan jadi bisa melihat laju air di dalamnya. Jenis selang ini tersedia banyak dipasaran dengan ukuran yang beragam. Ada yang berukuran 1 inchi ada juga 8 inchi.


Tips Memilih Selang Air yang Benar


Selain mengetahui apa saja tipe dari selang berikutnya adalah bagaimana tips memilih selang agar awet atau tahan lama. Dengan mengetahui hal tersebut maka Anda tidak akan sia-sia membeli selang.


Lebih Panjang Lebih Baik


Tips pertama yang bisa Anda lakukan adalah memilih selang panjang. Semakin panjang ukuran selang maka semakin bagus untuk digunakan. Walaupun seperti itu Anda juga bisa membeli selang yang ukurannya disesuaikan dengan kebutuhan saja.


Jika ingin membeli selang panjang maka pastikan Anda tahu bagaimana cara merawat dan menyimpannya dengan benar. Atau jika ingin lebih praktis, Anda juga bisa memilih selang meteran agar bisa disesuaikan dengan kebutuhan sehingga mudah untuk digulung.


Memilih Selang dari Material Tertentu


Memilih selang air yang berikutnya bisa dengan melihat dari material tertentu. Pilihlah selang yang materialnya fleksibel. Hal ini dikarenakan pipa dengan material fleksibel akan lebih tahan lama dan lebih mudah perawatannya.


Jika ingin mendapatkan aliran air yang banyak sebaiknya Anda memilih pipa terbuat dari kink free. Sifat dari kink free sendiri adalah memudahkan air mengalir meskipun pipa dalam keadaan melilit.


Setelah mengetahui apa saja tipe dari selang dan bagaimana tips memilih Anda bisa langsung membelinya di tempat yang terpercaya. Toko yang menjual beragam pipa dengan kualitas terbaik tentunya akan memberikan kualitas terbaik juga.


Pastikan Anda membeli selang yang sesuai dengan kebutuhan dan pastinya berkualitas. Jika sesuai dengan kebutuhan maka selang air akan lebih mudah dirawat.