top of page

Mengganti dan Memeriksa Shock Absorber dengan Kunci Khusus



Ada banyak komponen penting yang ada pada kendaraan, seperti salah satunya adalah Shock Absorber. Dia adalah salah satu komponen penting yang terdapat pada kendaraan, itu karena ia bisa memberikan kenyamanan saat berkendara sebagai sistem kerja suspensi. Tentu mobil dengan gerakan berlebih tanpa peredam akan terasa tidak nyaman, sehingga dengan begitu maka akan sangat disayangkan jika tidak memanfaatkan shock absorber pada kendaraan.


Sama dengan komponen lainnya, Shock Absorber juga rentan mengalami kerusakan akan beberapa faktor. Ketika sudah mengalami kerusakan, sayangnya banyak orang yang akan sulit mengetahui bahwa Shock tersebut sudah rusak. Jadi untuk mengetahui jika Shock Absorber rusak atau tidak, maka dibutuhkanlah pemeriksaan lebih lanjut. Begitu juga jika sudah parah, maka ada baiknya Shock Absorber diganti dengan yang baru yang memang terbaik.


Inilah Cara Mengganti dan Memeriksa Shock Absorber dengan Kunci Khusus


Fungsi shock absorber pada suatu kendaraan layaknya mobil adalah sebagai peredam osilasi pegas atau secara sederhana meredam getaran berlebih. Dengan adanya komponen tersebut, maka mobil akan terasa nyaman saat berjalan pada kondisi jalanan yang rata maupun bergelombang. Selain itu, komponen tersebut juga bisa membuat mobil mampu meminimalisir energi aksial yang berasal dari impuls kejut menjadi energi panas, dan menambah ketinggian kendaraan.


Nah dengan peranannya tersebut, maka Shock Absorber sangat perlu dijaga dan dirawat. Apalagi harus diganti jika memang komponen tersebut sudah rusak serta memang pantas diganti karena telah mengalami beberapa masalah. Ketika hendak mengganti Shock Absorber, maka dibutuhkanlah kunci khusus. Tapi sebelum diganti, ada baiknya Shock Absorber diketahui dulu apa masalahnya dengan memeriksanya menggunakan kunci khusus. Ini penting, karena bisa jadi masalah bukan ada pada Shock Absorber, melainkan bisa saja ada pada komponen lainnya.


Cara Memeriksa Shock Absorber dengan Kunci Khusus

Shock Absorber yang sudah tidak layak pakai bisa dilihat langsung apakah ia mengalami kebocoran atau tidak. Hal ini bisa dilihat dengan melihat ke shock absorber. Jika terlihat mengalami kebocoran atau ada bekas kebocoran, maka ada kemungkinan kebocoran memang berasal dari Shock Absorber yang harus diganti dengan yang baru. Kemudian jika keadaan mobil digerakan tapi tidak tenang dalam 3 kali bounce atau lebih setelah dilakukan uji goncangan, maka bisa jadi Shock Absorber sudah tidak bagus lagi.


Untuk lebih pastinya, Shock Absorber lebih baik diperiksa secara langsung ketika ia dilepas dari kendaraan. Tentu untuk melakukannya dibutuhkan kunci atau perkakas tertentu. Adapun itu adalah dengan melakukan:


  1. Menekan Shock Absorber secara vertikal atau berdiri, ini agar sesuai dengan posisi ketika dipasang pada mobil.

  2. Anda bisa dengarkan suara yang dihasilkan oleh Shock Absorber ketika ditekan, apakah ada gerakannya yang halus dan minim suara atau kasar dan banyak suara.

  3. Kemudian tekan batang piston pada Shock Absorber lalu lepas dengan kunci yang sesuai untuk mengecek apakah batang piston bisa kembali ke posisi semula dengan cepat dan halus atau tidak


Cara Mengganti Shock Absorber dengan Kunci Khusus

Ketika sudah diketahui Shock Absorber rusak dan harus diganti, maka Anda harus dengan segera mengganti Shock Absorber tersebut pada bengkel atau orang yang profesional akan itu. Nah Anda pun sebenarnya juga bisa melakukan penggantian Shock Absorber, yaitu dengan menggunakan kunci khusus yang memang sesuai. Caranya, sebenarnya yang harus diutamakan adalah melepas Shock Absorber lama lalu pasang Shock Absorber yang baru tersebut.


Cara menggantinya, adalah dengan melepas baut Shock tersebut dengan menggunakan kunci pas dan putar berlawanan searah jarum jam. Jika kesusahan melepaskan baut, Anda bisa lumasi bagian itu terlebih dahulu menggunakan cairan penetrasi karat dan kotoran yang menumpuk di sekitar baut. Lalu Anda bisa tunggu sebentar agar itu bisa bereaksi, yang mana kemudian dilanjutkan dengan menggunakan kunci untuk melepaskan baut dan lakukan dengan pelan-pelan.


Saat melepasnya, usahakan bagian bawahnya terlebih dahulu kemudian atas. Anda bisa menggoyangkannya agar cepat terlepas. Jika sudah lepas, maka pasang Shock Absorber baru, yakni pada dudukannya. Adapun memasangnya dengan tepat, Anda diperbolehkan untuk menekan-nekan Shock tersebut agar komponen tersebut terpasang lebih kencang. Selain itu Anda juga harus mengangkat bagian komponen suspensi lain untuk pemasangan kembali ke lubang baut sesuai dengan posisinya.


Itulah cara mengganti dan memeriksa Shock Absorber dengan kunci khusus secara benar. Sekian dan kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk perkakas terbaik serta berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut hanya dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page