top of page

Menggunakan Electric Chain Hoist ini yang Harus Diperhatikan


Menggunakan Electric Chain Hoist ini Hal yang Harus Diperhatikan Saat

Electric chain hoist menjadi salah satu alat yang mudah ditemukan dalam dunia industry. Fungsi yang dimiliki chain hoist ini ialah memindahkan barang dari satu tempat ke tempat yang lainnya.


Chain hoist memiliki berbagai macam kapasitas mulai dari 0,1 ton bahkan hingga 35 tpn. Ketika perakitan chain hoist sudah dilakukan dengan baik, hal berikutnya yang harus diperhatikan adalah penggunaannya.


Hal yang Harus Dilakukan Saat Menggunakan Electric Chain Hoist


Sebelum menggunakan chain hoist, pelatihan operator yang tepat dibutuhkan sehingga nantinya pengoperasian bisa dilakukan dengan aman. Ketika menggunakan chain hoist, ada beberapa hal yang harus diperhatikan dengan baik, seperti:


1. Memilih kerekan rantai yang tepat ketika ingin menggunakannya untuk pengangkatan beban. Hindari memilih rantai secara asal karena dapat mempengaruhi kekuatan yang dimilikinya.


2. Ikuti buku panduan operator. Ketika menjalankan electric chain hoist, pastikan mengikuti manual operator serta instruksi keselamatan yang dimilikinya.


3. Cek seluruh kondisi fitur keselamatan yang dimiliki chain hoist mulai dari kain pengaman, rem beban, emergency stop hingga pelindung kejut sebelum melakukan pekerjaan.


4. Pastikan identifikasi serta tanda save di chain hoist.


5. Pastikan seluruh kait serta kerekan lantai dilengkapi dengan pengaman. Lakukan pengecekan ini sebelum menjalankannya.


6. Pastikan tidak terdapat hambatan di arah yang ditangguhkan.


7. Pastikan menyertakan staf yang terlatih serta berpengalaman ketika melakukan pekerjaan yang berhubungan dengan electric chain hoist. Hal ini disebabkan karena proses penggunaan chain hoist yang tidak mudah.


8. Gunakan alat pelindung diri yang sesuai. Meskipun Anda bertugas sebagai operator, namun risiko tetap ada, oleh sebab itu pastikan menggunakan alat pelindung diri ketika menjalankannya.


9. Pastikan sudah melakukan pemasangan pin shackle saat melakukan pemasangan dengan baik sebelum memasangnya.


10. Ketika menurunkan beban dengan kerekan lantai, Anda harus memastikan menjaga kaki tetap bersih.


Cara Melakukan Perawatan Electric Chain Hoist


Bukan hanya proses menjalankan chain hoist saja yang harus diperhatikan dengan baik, namun proses perawatan chain hoist juga harus diperhatikan. Agar fungsi chain hoist bisa dijalankan dengan optimal, Anda harus melakukan proses pengecekan.


Pengecekan terbagi menjadi dua, yakni pengecekan yang dilakukan secara rutin serta pengecekan secara periodic. Untuk pengecekan secara rutin, pengecekan ini juga sering disebut dengan pra operasional.


Pemeriksaan yang dilakukan yakni pemeriksaan secara harian atau berkala. Anda tidak perlu menyimpan catatan ketika melakukan inspeksi ini. Lakukan inspeksi rutin pada awal setiap shift agar dapat memastikan hoist bisa bekerja dengan aman.


Inspeksi dengan rutin bisa memungkinkan Anda menentukan apakah electric chain hoist ini bisa digunakan dengan aman atau tidak. Selain itu inspeksi rutin juga bisa menentukan apakah terdapat komponen yang salah dengan kerekan chain hoist sebelum menggunakannya untuk mengangkat benda.


Selain pengecekan secara rutin, pengecekan secara periodic juga harus dilakukan, pengecekan secara periodic ini membutuhkan kerekan yang lengkap, inspeksi ini dilakukan berdasarkan pada area kerja serta chain hoist yang dipergunakan.


Untuk pemeriksaan ini, Anda harus mempunyai riwayat pemeriksaan serta terdokumentasi dengan baik. Melakukan pemeriksaan berkala bisa dilakukan oleh staf atau menyewa staf pemeriksa electric chain hoist dari luar perusahaan.


Ketika melakukan pemeriksaan chain hoist ada beberapa hal yang harus diperhatikan contohnya saja seperti control kerekan. Bila control kerekan tidak memiliki label dengan benar atau tidak bisa berfungsi dengan optimal, pekerja dapat terluka.


Seperti yang sudah disinggung di atas, pengecekan komponen pada chain hoist harus dilakukan secara teratur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Selain itu pastikan melakukan penggantian komponen electric chain hoist ketika tidak berfungsi dengan baik.

Comments


bottom of page