Menggunakan Klem Selang, Ini Hal yang Harus Diperhatikan


Menggunakan Klem Selang, Ini Hal yang Harus Diperhatikan

Bagi Anda yang sudah berkecimpung di dunia industry, klem selang atau clamp selang mungkin menjadi salah satu komponen yang sudah sangat dikenal. Clamp selang sendiri adalah alat penjepit.


Tentu saja clamp selang berguna untuk menjepit selang, contohnya saja seperti selang air maupun selang bahan bakar. Seringnya, clamp selang ini dibuat dari besi maupun logam yang memiliki bentuk melingkar serta tipis.


Selain itu clamp selang biasanya juga terdapat lubang kecil beserta dengan mur serta baut yang dapat diputar serta dikencangkan sesuai dengan keinginan kita. Dengan cara ini, nantinya clamp selang bisa mengikat dengan kencang pada selang.


Hal yang Harus Diperhatikan Saat Menggunakan Klem Selang


Meskipun clamp selang digunakan untuk mengamankan penggunaan selang, namun ada berbagai macam hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika menggunakan clamp selang ini. Berikut berbagai macam hal yang harus Anda perhatikan ketika menggunakan clamp selang, antara lain:


Kencangkan ulang clamp selang


Ketika menggunakan klem selang, Anda dapat mengencangkan ulang sesuai dengan kebutuhan. biasanya, ketika clamp selang ini digunakan pada selang yang sedang mengalirkan cairan bersuhu tinggi, selang akan lebih lunak.


Oleh sebab itu pastikan Anda memperhatikan masalah ini dengan baik sehingga mengencangkan dan mengendurkan selang bisa dilakukan sesuai dengan kebutuhan.


Kencangkan klem semaksimal mungkin


Salah satu hal yang harus diperhatikan dengan baik ketika menggunakan klem selang adalah mengencangkan klem dengan semaksimal mungkin. Sebelum menggunakan selang, Anda bisa mengecek ukuran pengencangannya terlebih dahulu.


Jangan sampai, mengencangkan clamp selang tidak sesuai dengan penggunaan hingga akhirnya cairan yang keluar tidak sesuai dengan perhitungan. Selain itu ketika mengencangkan clamp selang, kencangkan dengan semaksimal mungkin.


Semakin clamp selang dikencangkan, akan semakin baik juga penggunaannya. Setelah cairan dialirkan menggunakan selang, Anda juga bisa mengecek apakah pengencangan selang sudah tepat atau belum.


Hindari mencuci selang menggunakan air panas


Salah satu hal yang harus dihindari ketika menggunakan selang adalah menghindari pencucian selang dengan menggunakan air panas atau detergen.


Ketika Anda masih menggunakan klem selang kemudian mencuci selang dengan menggunakan air panas dan detergen, nantinya selang akan kehilangan komponen minyak sehingga bisa membuat baut pengencang menjadi melekat.


Jika ingin mencuci selang beserta dengan clamp selang, Anda bisa mencuci dengan menggunakan air bersih biasa, kemudian sedikit menggosoknya agar lebih bersih.


Hati-hati ketika menggunakan obeng


Untuk mengencangkan atau mengendurkan clamp selang, Anda pasti akan menggunakan obeng bukan. ketika menggunakan obeng untuk mengendurkan atau mengencangkan klem selang ini, pastikan memperhatikannya dengan baik.


Pastikan kembali jika obeng tidak melukai tangan. Jika Anda mempercayakan pemasangan pada karyawan, akan lebih baik jika memilih karyawan yang memang sudah ahli di bidangnya atau memiliki keahlian khusus dalam pemasangan komponen.


Hindari menarik klem keluar dari housing


Ketika menggunakan clamp selang, hindari menarik clamp selang dari housing. Menarik clamp selang dari housing secara paksa bisa menyebabkan kerusakan klem selang dan memperpendek umur pemakaiannya.


Akan lebih baik, sebelum menggunakan clamp selang, Anda dapat membaca petunjuk seperti apa cara penggunaannya terlebih dahulu.


Antara salah satu produk dengan produk yang lainnya bisa saja memiliki perbedaan cara penggunaan sehingga Anda harus menyesuaikan dengan produk dari vendor yang dipilih.


Clamp selang memang menjadi salah satu komponen yang sangat penting. Meskipun sudah memilih produk ternama, bukan berarti Anda bisa menggunakan klem selang ini dengan sembarangan bukan.