top of page

Menggunakan Kunci Momen dengan Benar: Fungsi dan TeknikPerkakas atau kunci, adalah alat yang memang


Perkakas atau kunci, adalah alat yang memang berperan penting untuk membantu pekerjaan manusia. Umumnya membantu yang dimaksud adalah pekerjaan fisik, baik reparasi atau perbaikan, atau pemasangan komponen, yang mana pada bidang konstruksi, otomotif, atau lain sebagainya. Dengan peranannya yang penting, perkakas pun terdiri dari berbagai banyak jenis, yang mana tiap jenis memiliki kegunaan atau fungsinya tersendiri.


Mengetahui fungsi dari perkakas adalah penting adanya, karena tanpa mengetahui apa fungsi dari perkakas, maka tentu saja penggunaannya pun akan menjadi salah dan berujung pada hal yang tidak diinginkan. Tidak hanya fungsi, mengetahui cara menggunakan atau teknik menggunakannya pun juga penting. Seperti kunci momen yang nyatanya adalah kunci yang kurang diketahui fungsi atau teknik menggunakannya oleh banyak orang.


Inilah Fungsi dari Kunci Momen yang Perlu Anda Ketahui Semuanya


Kunci momen biasa dikenal atau disebut banyak orang dengan sebutan kunci torsi. Kunci momen atau torsi, jelas merupakan salah satu alat bantu yang berkaitan dengan kendaraan roda 2 atau roda 4, yang mana kunci tersebut sendiri sangat berfungsi untuk mengencangkan baut atau mur dengan tingkat kekencangan yang bisa diatur sesuai kebutuhannya. Jadi tidak sama dengan obeng atau kunci pas dan sebagainya, kunci momen memiliki keunikan yang dapat diatur kekencangannya.


Kunci momen adalah kunci atau perkakas yang memang begitu banyak digunakan pada sektor otomotif, alasannya karena bidang tersebut selalu berkaitan pada setiap baut atau mur yang ada di kendaraan bermotor atau mobil yang memang memiliki nilai torsi yang berbeda-beda. Jadi dengan demikian, maka hal tersebut berarti tidak semua mur atau baut yang dipasang dengan begitu kencang dapat berdampak baik. Nah seiring berjalannya waktu, kebutuhan akan kunci momen pun juga menjadi begitu beragam, sehingga kunci momen memiliki beberapa variasi lainnya.


Inilah Teknik Menggunakan Kunci Momen dengan Benar yang Perlu Dipahami


Berikut adalah teknik atau panduan cara dalam menggunakan kunci momen atau torsi secara benar dan tepat yang perlu diikuti serta dipahami oleh Anda semua:


1. Longgarkan Mur Penyetel pada Kunci Momen

Teknik pertama yang harus Anda perhatikan, adalah dengan melakukan suatu pelonggaran pada mur penyetelnya kunci momen. Apabila mur kunci momen telah dilonggarkan, maka selanjutnya Anda hanya perlu untuk menggeser skala kekencangan mur tersebut. Pastikan Anda geser sampai jarum terletak pada angka yang diinginkan. Tentunya nilai kekencangan mur satu dengan yang lainnya harus dibuat sama agar tidak rusak karena tegangan yang berbeda.


2. Mengunci Batas Bebannya

Untuk selanjutnya apabila mur penyetel kunci momen sudah berhasil dilonggarkan, maka yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah mengunci batas beban tersebut. Adapun cara penguncian tersebut bisa dilakukan dengan mengencangkan mur pengunci, sehingga dengan demikian maka batas beban pun akan segera terkunci.


3. Gunakan Kunci Biasa untuk Mengencangkan Mur serta Baut

Perlu diketahui, fungsi kunci momen memang untuk mengencangkan baut dan mur. Akan tetapi, Anda pun sebenarnya bisa menggunakan pula kunci biasa di awal pengerjaan. Nah jika mur dan baut sudah agak mengencang, barulah Anda segera gunakan kunci momen tersebut untuk lebih menguatkannya.


4. Memasang Kunci Soket

Sebagai informasi, pastikan sebelum menggunakan kunci momen Anda untuk mengencangkan baut dan mur, kunci momen Anda harus dipasang terlebih dahulu. Jadi dengan demikian, maka silahkan Anda pasang kunci soket yang sebelumnya telah disesuaikan ukurannya dengan baut atau mur ke kunci momen Anda.


5. Masukkan Mur atau Baut ke Kunci Soket

Untuk selanjutnya Anda bisa memasang kunci soket ke baut atau mur yang telah sesuai ukurannya. Caranya adalah dengan memasukkan baut atau mur tersebut ke kunci soket melalui lubang yang terdapat pada ujung kunci momen. Perlu diperhatikan, yakni haruslah ada terlebih dulu Anda pasang mur atau baut ke benda yang hendak dieratkan, barulah kemudian Anda bisa memasukkan baut atau mur tersebut ke kunci soketnya.


6. Putar Kunci Torsi Searah Jarum Jam

Cara terakhir menggunakan kunci momen adalah dengan memutar-memutar kunci tersebut searah dengan jarum jam. Anda bisa putar-putar kunci momen sampai pada nilai kekencangan yang diinginkan.


Itulah cara menggunakan kunci momen dengan benar, begitu juga dengan fungsinya yang sebenarnya. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk perkakas terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan perkakas Tenka yang bisa Anda ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page