top of page

Menguasai Alat Penggantian Ban: Teknik dan Alat yang Dibutuhkan untuk Pekerjaan yang Sempurna



Suatu kendaraan baik itu motor atau mobil atau bus dan truk, tidak akan bisa berguna sebagaimana mestinya bila ada beberapa komponen yang tidak ada atau tidak berfungsi. Nah salah satunya itu jelas adalah ban yang ada pada roda-roda kendaraan. Tentunya tanpa ban yang ada pada roda atau velg, maka kendaraan tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya. Sehingga dengan begitu ban menjadi komponen yang tidak terpisahkan dengan roda.


Karena umumnya digunakan secara langsung yang berkaitan dengan jalanan, maka seiring pemakaiannya ban pun akan rusak, baik ban yang menjadi botak, ban terkena objek yang menusuk sehingga bocor, atau lain sebagainya yang biasa terjadi di jalanan. Nah ketika itu terjadi, maka ban harus segera diganti dengan ban lain atau bisa juga dengan roda plus ban serep. Tentunya untuk melakukan penggantian ban, dibutuhkan beberapa alat yang harus ada!


Inilah Alat Penggantian Ban yang Dibutuhkan untuk Mengganti Ban


Tentunya mengganti ban pada kendaraan tidak akan bisa dilakukan dengan tangan kosong, hal itu karena roda dan ban sangat terpasang kuat. Jadi untuk memungkinkan melepas roda dan ban serta melepas roda utuh dari kendaraan, dibutuhkanlah beberapa alat yang tepat, yakni itu adalah alat-alat sebagai berikut:

  • Dongkrak: Berbeda dengan motor yang memiliki 2 roda, mobil, bus, dan truk tidak memiliki stand khusus yang membuatnya terangkat. Jadi untuk memungkinkan mengganti ban pada kendaraan yang memiliki roda yang lebih dari 2, maka dibutuhkan alat seperti dongkrak. Alasannya karena dongkrak bisa mengangkat tumpuan yang terarah dari dongkrak, sehingga pada bagian tertentu kendaraan akan terangkat, lalu roda pun bisa dilepaskan.

  • Kunci Ring: Adalah kunci yang bisa membongkar mur atau baut yang tertempel pada roda kendaraan. Nah sebelum mengganti ban, maka roda pun harus dilepaskan dari kendaraan, yakni pada mur atau baut yang tertempel di ass roda.

  • Kunci Roda: Seperti namanya, kunci roda adalah alat yang berbentuk seperti X, dimana tiap sisi dapat dipergunakan untuk membongkar mur atau baut yang tertempel pada roda kendaraan. Gunanya selain melepas mur roda, guna alat ini juga berguna memasang kembali mur dan baut roda tersebut.

  • Tire Changer: Alat ini umumnya berada di bengkel, itu karena alat ini memiliki bentuk dan ukuran yang cukup besar. Tentunya alat ini adalah alat untuk melepas dan memasang ban ke velg pada kendaraan beroda dua dan roda empat secara cepat dan presisi tanpa menggores velg. Jadi dengan alat ini bisa membantu teknisi ban melepas dan memasang ban dengan lebih mudah setelah roda dilepas dari kendaraan.


Teknik atau Cara untuk Mengganti Ban Kendaraan Anda

Ketika sudah memiliki beberapa peralatan yang dibutuhkan begitu juga dengan ban cadangannya, maka Anda bisa memulai penggantian ban kendaraan Anda. Nah caranya adalah langkah demi langkah antara lain:

  1. Pertama kendorkan dulu baut-baut atau mur yang ada pada roda ban yang ingin diganti. Untuk melakukannya bisa menggunakan kunci ring atau kunci roda yang sudah dipersiapkan oleh Anda.

  2. Setelah itu gunakan dongkrak atau jack stand untuk angkat mobil di ketinggian tertentu sampai ban yang mau diganti terangkat sepersekian cm.

  3. Baut atau mur yang sudah di kendorkan sebelumnya, Anda bisa lepaskan itu dengan kunci yang Anda sudah persiapkan.

  4. Cabut roda ban dari as roda kendaraan secara benar dan tepat.

  5. Kemudian lepas ban dengan benar, yakni dengan menggunakan alat berupa tire changer. Jika terjadi di keadaan genting, maka apa boleh buat Anda bisa mencungkilnya. Tapi pastikan itu dengan cara yang super hati-hati agar roda atau velg tidak baret atau tergores.

  6. Setelah dipasangkan kembali ban yang baru pada roda kendaraan, maka pasang kembali roda dan ban yang terpasang pada kendaraan Anda.

  7. Masukan kembali mur atau baut roda tersebut.

  8. Turunkan dongkrak.

  9. Terakhir kencangkan mur atau baut roda yang terpasang dengan alat kunci ring atau kunci roda Anda sebelumnya.


Itulah artikel dari kami yang membahas mengenai alat penggantian ban, begitu juga dengan cara dan beberapa alatnya. Kiranya bermanfaat bagi Anda semua. Nah jika Anda ingin memiliki alat untuk ganti ban atau alat perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


Kommentare


bottom of page