top of page

Mengukur Tekanan Ban dengan Akurat: Alat dan Teknik yang Tepat



Ban dan roda adalah 2 benda yang berbeda, jika roda adalah objek berbentuk lingkaran yang bersama dengan sumbu untuk dapat menghasilkan suatu gerakan dengan gesekan kecil dengan cara bergulir, maka itu berbeda dengan ban. Untuk ban ia adalah bagian penting dari sebuah kendaraan yakni peranti yang menutupi velg roda dan digunakan untuk melindungi roda dari aus akibat gesekan roda dengan jalanan.


Jika tidak ada ban, maka roda pun tidak akan bisa berjalan sebagaimana mestinya, sehingga peranan ban penting adanya di setiap roda kendaraan. Nah ban juga memerlukan perhatian khusus, yakni harus memiliki tekanan angin yang sesuai agar ban dapat digunakan secara benar. Akan tetapi tekanan pun harus sesuai dengan standar yang dibutuhkan, alias tidak terlalu tinggi dan juga tidak terlalu rendah, yang mana itu bisa berdampak pada keseimbangan.


Alat yang Tepat untuk Mengukur Tekanan Ban Suatu Kendaraan


Untuk mengetahui tekanan ban itu pantas diisi atau dikurangi, maka ban harus diukur terlebih dahulu dengan suatu alat khusus. Pengukuran tekanan ban penting adanya bagi ban, karena jika hanya memperkirakan dari laju roda atau gambaran ban yang mengempis, maka itu tidaklah akurat sehingga bisa mengakibatkan salah mengisi tekanan ban. Jadi penting mengukur dulu tekanan ban sebelum nantinya ban diisi dengan tekanan yang dibutuhkan. Nah adapun alat yang tepat untuk ukur tekanan ban antara lain:


Round Type Tire Gauge

Alat pengukur tekanan ban yang memiliki bentuk dan dimensi yang kecil, begitu juga mudah digunakan dan disimpan. Alat tekanan ban ini pastinya bisa untuk mengukur tekanan ban yang akurat sehingga bisa mengurangi keausan ban saat bersentuhan dengan aspal. Selain itu, alat ini juga disinyalir mampu mengukur hingga tekanan maksimal tertentu (psi). Untuk cirinya sendiri agar mudah dikenal, ia memiliki bentuk dan ukurannya yang kecil sehingga membuat ia praktis digunakan kapan saja dan dibawa kemana saja.


Wheel Pressure Manometer

Merupakan alat pengukur tekanan angin ban yang ada jenis digital maupun tidak. Kegunaan alat ini akan memberikan informasi tekanan ban secara cukup akurat. Untuk menggunakannya pun pengguna hanya perlu memasangkan alat ini ke ujung klep ban, kemudian untuk digital tekan tombol ON maka tekanan ban mobil bisa langsung terlihat. Sementara manual, Anda hanya perlu melakukannya secara sendiri atau manual dengan tangan.


Tire Pressure Gauge

Alat ukur tekanan ban dengan bentuk dan ukuran yang kecil. Tire Pressure Gauge dapat digunakan pada ban mobil, motor bahkan juga bisa sepeda. Untuk maksimal tekanan yang bisa dicek biasanya kurang lebih bisa 60 psi.


Tire Inflator

Untuk alat ini adalah alat yang bisa mendeteksi tekanan ban dengan dilengkapi pompa angin atau biasa disebut inflator. Tire Inflator bisa juga dibilang sebagai pompa elektrik yang memang mampu menghasilkan angin hingga 35 liter. Karena kapasitasnya terbatas, alat ini hanya bisa digunakan untuk kendaraan kecil saja, atau mobil kecil.


Keyring Pressure Gauge

Adalah alat pengukur tekanan ban dengan bentuknya yang cukup kecil. Untuk menggunakannya, maka Anda hanya tinggal tancapkan ke ujung klep ban, tahan beberapa menit sampai hasilnya bisa terlihat. Beberapa jenis lain juga dilengkapi dengan beberapa fitur. Lalu range tekanan yang diperiksa bisa mulai dari 5-99 psi.


Cara atau Teknik yang Tepat untuk Mengukur Tekanan Ban Kendaraan

Berikut adalah cara atau teknik mengukur tekanan ban kendaraan yang bisa Anda ikuti untuk mengetahui tekanan ban kendaraan Anda:


  1. Pertama buka tutup pentil ban, lalu arahkan ujung alat ukur tekanan ke ujung pentil ban kendaraan, seperti motor atau mobil.

  2. Anda bisa pastikan keduanya terpasang dengan tepat dan kuat, itu agar angin dalam ban tidak keluar secara sia-sia.

  3. Alat pengukur tekanan ban pun akan secara otomatis mengeluarkan berapa ukuran tekanan ban.

  4. Apabila ukuran tekanan ban ternyata berlebih, Anda bisa mengurangi angin dalam ban, hingga tekanan bannya pas.

  5. Namun jika tekanan ban ukurannya kurang, segera tambahkan angin ke dalam ban tersebut sampai tekanan menyentuh standarnya.

  6. Pastikan untuk melakukan pengukuran saat ban dalam keadaan dingin. Pasalnya, ukuran ban seringkali akan mengembang saat dalam keadaan panas. Jadi dengan demikian, maka itu tentu akan mengurangi tingkat akurasi pengukuran pada tekanan ban tersebut.

  7. Apabila terpaksa melakukan pengukuran saat ban tengah panas, maka Anda bisa menambahkan angin pada ban sebanyak 1 Psi saja.


Jadi itulah alat serta teknik yang tepat untuk mengukur tekanan ban. Semoga bermanfaat bagi Anda semua dalam memahaminya. Bila Anda tertarik dengan perkakas yang bisa membantu membongkar pasang ban atau roda kendaraan, maka kami rekomendasikan yang terbaik serta berkualitas dari Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Commenti


bottom of page