top of page

Menilai Kekuatan Tekan Selang: Apa yang Harus Diketahui?


Banyak permasalahan yang akan terjadi bila suatu pekerjaan tidak diselesaikan dengan benar. Namun adapun penyebabnya itu beragam, seperti tidak disertai dengan pengetahuan serta bisa juga tidak ada disertai dengan alat bantu. Salah satunya yang umum terjadi adalah memindahkan air, yang mana itu akan lebih efisien jika menggunakan media perantara dari selang. Tentu itu dengan selang yang tepat serta sesuai dengan fokus pekerjaannya.


Sistem pada selang sendiri adalah sistem yang dirancang untuk menyalurkan atau mengangkut bahan cair atau gas dari suatu tempat ke tempat lainnya. Selang-selang yang digunakan dalam sistem ini biasanya terbuat dari bahan yang beragam, yang mana tiap bahan tersebut akan mempengaruhi kekuatan dari selang tersebut. Apa yang dipengaruhi jelas pada daya tekan selang itu yang semuanya memiliki penilaian yang berbeda adanya.

Informasi Mengenai Penilaian Kekuatan Tekan Selang yang Perlu Anda Semua Ketahui

Selang terdiri dari berbagai jenis, yakni tiap jenis yang dibedakan dari keunggulannya. Nah keunggulan tersebut ada karena bahan yang dipakai untuk membuat selang tersebut. Jadi dengan demikian, sektor pekerjaan akan memilih selang yang dirasa pas atau sesuai dengan lingkungan kerjanya. Ini seperti pekerjaan berat dengan fluida bertekanan, untuk makanan atau minuman, angin, lumpur padat, dan sebagainya.


Apa yang terasa beda dari banyaknya selang, bisa kita bedakan dari struktur selang tersebut. Ini bisa dirasakan ketika Anda memegang selang tersebut, lalu bisa juga mencoba tekan selang tersebut. Nah kekuatan tekan selang dipengaruhi oleh bahan pembuat selang itu. Jadi bila menggunakan bahan elastis, maka selang bisa ditekan secara dalam dan ketika dilepas selang akan memiliki diameter yang tetap sama. Ini tentu berbeda dengan selang yang keras yang memang tidak memungkinkan untuk ditekan.


Selang elastis yang bisa ditekan, akan sangat praktis untuk diandalkan di ruang sempit. Hal ini karena selang akan menyesuaikan diameternya bila ruang kerjanya sempit. Akan tetapi masa elastis selang tersebut yang terus ditekan akan membuat selang tersebut lama-kelamaan kendor hingga menyebabkan selang mudah lepas bahkan bocor. Berbeda dengan selang keras seperti spiral yang kuat meski ditekan dengan objek, tapi tidak dengan bobot yang sangat besar atau berat.


Penilaian tekan selang juga bisa Anda ketahui melalui tekanan kerja maksimal yang didesain dan dianjurkan pada selang tersebut. Biasanya ini akan ditulis dalam satuan MPa, PSI ataupun Bar yang tertera pada selang itu. Daya tekan selang pun juga harus diperhatikan dari standar sebuah selang dapat menahan sebelum pecah atau meledak. Sama seperti tekanan kerja, satuan yang digunakan juga adalah MPa, PSI dan Bar.


Kekuatan tekan selang akan mempengaruhi tekukan dari selang tersebut, yang mana bila memiliki kekuatan untuk menekuk cukup tajam atau berbelok, maka selang tersebut memang memiliki kekuatan tekan yang sangat elastis. Untuk itu, maka radius minimum yang dapat dicapai selang saat ditekuk adalah penilaian yang bisa Anda pertimbangkan. Nah ini biasanya ditulis dalam satuan mm atau juga bisa inch.


Jadi itulah yang perlu Anda semua ketahui mengenai penilaian kekuatan tekan selang. Semoga dapat Anda pahami serta jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda tertarik ingin memiliki atau mengganti selang Anda ke selang terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang dari Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa dapatkan itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page