top of page

Cara Menjaga Kunci Roda Tetap Awet dan Fungsional yang Wajib Diketahui



Kunci atau perkakas memang memiliki peranan penting bagi dunia otomotif, hal ini karena ia bisa berperan untuk membantu membongkar pasang komponen-komponen pada suatu kendaraan yang ada. Nah jadi kunci atau perkakas pun akan terdiri dari beberapa jenis, baik untuk kunci yang dikhususkan bagi mesin layaknya busi, body, hingga untuk roda sekalipun ada kunci khusus yakni kunci roda.


Kunci roda adalah perkakas atau kunci yang berkaitan dengan roda suatu kendaraan. Jelasnya kunci tersebut bisa digunakan untuk melepas dan mengganti mur roda pada kendaraan baik itu motor atau mobil. Nah kunci roda yang terbuat dari baja di mana ujung-ujungnya mempunyai kepala soket segi 6 ini, adalah kunci penting yang perlu dirawat. Ini agar kunci tersebut bisa tetap awet hingga tetap fungsional yang memang bermanfaat bagi suatu pekerjaan.

Inilah Beberapa Cara Merawat Kunci Roda agar Bisa Tetap Awet dan Juga Fungsional

Kunci roda merupakan peralatan otomotif yang berbentuk layaknya kunci socket dengan bagian ujung matanya berbentuk heksagonal. Adapun bentuk dari kunci ini memang cukup bermacam-macam sesuai jenisnya. Seperti namanya, kunci roda memang bisa digunakan untuk komponen roda pada kendaraan. Sehingga dengan begitu maka peralatan otomotif ini berfungsi untuk mengendurkan maupun mengencangkan baut pada roda kendaraan yang memang bentuknya heksagonal.


Dengan peranan roda yang memang harus terjaga, maka peranan kunci ini juga memang penting adanya. Jadi kunci roda sudah seharusnya tidak boleh rusak atau mengalami kendala ketika hendak digunakan atau dibutuhkan. Nah untuk membuat kunci roda tetap awet serta fungsional di berbagai kebutuhan, maka kunci perkakas otomotif satu ini perlu dirawat dengan benar serta tepat. Caranya adalah seperti yang akan kami jelaskan di bawah ini!

Selalu Menjaga Kebersihan Kunci Roda

Kebersihan merupakan faktor penting bagi semua kunci atau perkakas. Hal ini karena kunci yang kotor dapat memicu reaksi korosi atau karatan. Atau bisa juga membuat kunci yang kotor dengan material padat membuat kunci tersebut tidak bisa digunakan sebagaimana mestinya. Nah maka dari itu, penting sekali menjaga kebersihan kunci roda secara tepat dan benar. Ini bisa dilakukan secara rutin dan berkala, baik itu sebelum atau sesudah digunakan.

Menggunakan Kunci Roda Sesuai dengan Fungsinya

Tentu sebuah kunci atau perkakas yang dipergunakan secara asal-asalan akan membuat kunci tersebut rusak sendiri, ini seperti patah, slek, atau lain sebagainya. Kunci seperti kunci roda memang harus selalu digunakan sesuai dengan fungsinya, yakni hanya kunci untuk mengendorkan maupun mengencangkan baut pada roda kendaraan yang memang bentuknya heksagonal.

Menaruh Kunci Roda Ditempat yang Tepat

Kunci roda ketika tidak digunakan lagi, maka Anda harus menaruh atau merapikan kunci roda tersebut pada tempat yang tepat. Tempat tersebut adalah tempat bersih yang tidak lembab atau tidak kotor yang memang dapat membuat kunci kotor serta rusak. Kemudian ada baiknya Anda tidak membanting kunci roda ketika hendak menaruh kunci tersebut, karena jika itu dilakukan maka kunci pun dapat rusak serta tidak dapat digunakan dengan benar.


Jadi itulah bagaimana Anda bisa menjaga kunci roda untuk tetap awet serta fungsional di berbagai keadaan. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk perkakas terbaik dan berkualitas yang memang bisa diandalkan, maka rekomendasi kami ada pada perkakas dari Tenka. Mengenai perkakas dari Tenka, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page