top of page

Menuju Obeng yang Sempurna: Cara Memilih Obeng yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda



Benda dengan bentuk pengikat berulir yang dipasangkan dengan ulir jantan eksternal itu disebut sebagai baut. Nah baut sendiri erat kaitannya dengan beberapa part atau komponen, kemudian baut juga sering kali tertukar dengan sekrup karena bentuk dan sebagainya sama. Tentunya baut dapat berguna bila ia terpasang pada suatu komponen, yang mana untuk melakukannya itu adalah dengan menggunakan obeng.


Nah obeng pun dibedakan dari beberapa baut atau sekrup yang ada, yang mana obeng akan menyerupai kepala atas dari baut atau sekrup, sehingga baut dengan kepala atas plus akan cocok dengan obeng plus, begitu juga dengan seterusnya. Karena berperan cukup penting bagi banyak pekerjaan, maka obeng pun wajib Anda miliki. Agar tidak salah pilih obeng yang sesuai dengan kebutuhan Anda, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beberapa Cara Memilih Obeng yang Sesuai dengan Kebutuhan Anda Semua


Agar tidak salah pilih obeng, maka Anda wajib simak beberapa cara dari kami di berikut ini. Tujuannya agar obeng yang Anda pilih tidak salah dan sesuai dengan kebutuhan Anda dalam beberapa pekerjaan yang dibutuhkan.


Menentukan Jenis Obeng yang Akan Digunakan

Seperti yang sudah kami singgung diatas, bahwa obeng itu terdiri dari beberapa jenis, yang mana beberapa jenis tersebut akan disesuaikan dengan mata obeng itu sendiri. Jelasnya jika Anda membutuhkan alat untuk kencangkan baut min, maka Anda membutuhkan obeng min, begitu juga dengan plus, bintang, dan lain sebagainya yang harus sesuai antara obeng dan baut yang ada.


Memilih Obeng dengan Ukuran yang Sesuai

Tidak hanya mencari obeng dengan kriteria yang dibutuhkan, Anda juga perlu tentukan ukuran yang tepat untuk obeng yang ingin Anda gunakan di kebutuhan Anda. Jangan sampai obeng terlalu besar atau terlalu kecil, yang mana itu hanya akan membuat masalah atau suatu kesia-siaan saja. Jadi pastikan Anda tahu mana obeng yang sesuai dengan ukuran baut pada obeng yang Anda pilih untuk kebutuhan atau pekerjaan Anda semua.


Pilih Berdasarkan Poros Obeng

Berikutnya Anda juga dapat memilih obeng dari tipe poros obeng yang Anda butuhkan. Yaitu jelasnya seperti pada tipe penetrasi dan tipe normal (non-penetrasi). Nah pada tipe penetrasi, sumbu obeng menembus dari ujung badan obeng ke ujung pegangan. Pada obeng normal (non-penetrasi), poros obeng hanya dimasukkan setengah badan obeng ke pegangan, ditunjang dengan sumbu heksagonal, sehingga tidak dapat dipukul dengan cincin penutup seperti pada tipe penetrasi.


Kemudian ada juga obeng dengan poros bundar yang terkenal mudah diputar tangan, dan juga ada poros persegi yang dapat dipakai dengan torsi tinggi menggunakan kunci inggris/kunci pas. Sedangkan penunjang, yang memiliki poros dan pegangan berbentuk heksagonal, yang mana itu dapat digunakan untuk memberikan torsi yang lebih tinggi dengan menggunakan kunci inggris.


Pilih Obeng dengan Grip yang Nyaman dengan Telapak Anda

Karena umumnya obeng digunakan menggunakan tangan atau telapak tangan, maka carilah obeng yang memang memiliki grip atau handle yang nyaman bagi tangan atau telapak Anda. Ini penting karena obeng yang digunakan tapi tidak nyaman bisa mempengaruhi pekerjaan Anda, sehingga dengan begitu dapat membuat banyak masalah atau kerugian.


Jadi itulah obeng yang sempurna bagi Anda dan kebutuhan Anda, yang mana itu bisa didapatkan dengan cara-cara dari kami di artikel ini. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki obeng yang memang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami ada pada perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page