top of page

Merawat Bor Listrik Anda: Panduan Lengkap untuk Pemeliharaan dan Perawatan Bor Listrik



Perkakas yang dikenal banyak orang sebagai alat yang dapat berguna di banyak pekerjaan, tentunya itu adalah alat yang memang dikenal sebagai alat tangan karena hanya bisa digunakan menggunakan tenaga manusia atau tangan. Namun meski demikian, perkakas pun juga turut berkembang seiring perkembangan zaman, yang mana sudah banyak saat ini perkakas yang memiliki tenaga dari motor listrik alias menjadi perkakas elektrik.


Salah satu perkakas listrik atau perkakas yang dapat digerakan dengan motor listrik, tentunya itu adalah bor listrik, yaitu alat yang dapat berguna membuat lubang dengan diameter tertentu tergantung dari mata bor itu sendiri. Nah karena canggih, maka bor listrik pun sangat rentan bisa rusak, terutama bila tidak terawat dengan benar. Oleh karena itu, bagi Anda pemilik bor listrik maka rawatlah bor listrik Anda seperti cara atau panduan yang ada di bawah ini!


Inilah Panduan Lengkap untuk Merawat dan Memelihara Bor Listrik Milik Anda


Ingin prima dan awet serta tahan lama pada bor listrik milik Anda? Maka Anda wajib merawat bor listrik Anda dengan benar dan tepat. Nah cara merawat dan memelihara bor listrik Anda agar ia tetap prima awet dan tahan lama, cara-cara atau panduannya bisa Anda ikuti yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Selalu Menggunakannya dengan Benar dan Tepat

Semua alat dengan motor listrik atau alat lainnya, tentunya akan mudah rusak jika digunakan tidak sesuai dengan kesesuaiannya, begitu juga sangat sama dengan bor listrik milik Anda. Nah maka dari itu agar tidak rusak serta awet dan tetap prima, maka bor listrik milik Anda perlu digunakan dengan kesesuaiannya, alias tidak melebihi batas yang tidak dianjurkan. Contohnya pastikan watt atau tegangan bor listrik sesuai, atau tidak mengebor pada objek yang memang tidak pantas atau lain sebagainya.


Rutin Membersihkan dan Jaga Kebersihan Bor Listrik

Karena umumnya bor listrik yang akan digunakan akan membuat banyak kotoran, baik dari tembok atau kayu, maka pastinya bor listrik akan mudah menjadi kotor. Jadi ketika kotor dan Anda malah biarkan begitu saja, maka kotoran pada bor pun bisa saja menyumbat poros penggerak dari mesin bor, sehingga dengan begitu bor tidak bergerak sebagaimana mestinya. Maka dari itu, ada baiknya Anda selalu membersihkan bor listrik ketika sudah digunakan, bahkan kalau perlu jaga kebersihan bor listrik dari semua objek yang kotor dan membahayakan bor listrik.


Melepas Mata Bor dengan Cara yang Benar

Meski sepele, tetapi lepaskan mata bor itu perlu dilakukan dengan benar. Anda bisa lepaskan mata bor dengan baik dan benar, yakni dengan jangan pernah mencoba menggunakan alternatif lain seperti menggunakan palu atau tang. Anda bisa gunakan alat khusus yang memang sudah dirancang untuk membuka mata bor, itu karena semua alat pertukangan akan cepat rusak bila Anda menggunakannya dengan kasar, begitu juga dengan bor listrik.


Menempatkan Bor Listrik Pada Tempat yang Tepat

Disamping dengan alasan karena harga bor listrik yang relatif mahal, tempat penempatan bor listrik harus tepat dan benar adalah karena itu bisa juga mendatangkan masalah pada bor listrik itu sendiri, yang mana berdampak pada kerusakan komponen bor tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu tempatkan bor listrik di tempat yang benar dan tepat, seperti tempat kering dan bersih, atau kalau perlu di toolbox perkakas yang besar.


Lakukan Maintenance Secara Rutin

Meski tidak ada masalah, tapi ada baiknya bor listrik Anda yang sudah waktunya untuk dilakukan maintenance, seperti service atau ganti spare parts. Tujuannya jelas agar mesin bor listrik tetap prima, kemudian tidak mudah rusak sehingga bisa awet dalam waktu kedepannya.


Itulah cara atau panduan dari kami untuk merawat bor listrik Anda. Kiranya jadi manfaat bagi Anda semua, terutama bagi bor listrik Anda. Jika Anda ingin memiliki perkakas seperti bor atau yang lainnya, maka yang terbaik dan berkualitas ada pada Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Commenti


bottom of page