Informasi Tentang Merawat Gantry Crane yang Wajib Dilakukan Berkala



Gantry crane adalah salah satu jenis hoist crane yang memiliki empat kaki beroda dan bergerak di atas rel. Nah pada kedua kaki gantry crane tersambung pada sebuah balok dan di bagian bawah terdapat roda. Banyak sekali kegunaan hingga manfaat dari jenis crane ini, seperti dapat digunakan indoor maupun outdoor, sehingga dapat menguntungkan bagi para pengusaha industri ataupun sebagainya.


Nah walau menjadi crane yang cukup banyak digunakan masyarakat dan industri, tetapi crane satu ini akan berpotensi rusak jika crane ini tidak dirawat dengan benar. Oleh karena itu, maka penting sekali gantry crane itu dirawat, tetapi dirawat dengan benar dan pastinya berkala. Bagi anda yang ingin tahu cara merawat gantry crane secara benar dan berkala, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Informasi Tentang Cara Merawat Gantry Crane dengan Benar Serta Berkala


Layaknya crane-crane lain, gantry crane jelas perlu dirawat dengan benar. Tujuan merawat gantry crane secara benar dan berkala, yaitu jelas agar gantry crane jauh dari kerusakan apapun, hingga semuanya itu dapat mempengaruhi umur panjang dari gantry crane alias awet serta tahan lama. Nah maka dari itu, gantry crane perlu dirawat, dimana harus dirawat dengan benar serta pastinya berkala.


Berikut adalah cara merawat gantry crane secara benar dan berkala yang bisa anda coba lakukan:

  • Melumasi rantai pada poros roda di gantry crane, terutama saat terlihat kering. Nah hal itu agar roda penggerak maju mundur gantry crane dapat berfungsi atau berjalan dengan normal, sehingga proses pemindahan atau lifting tidak akan terhambat dari roda gantry crane yang macet atau bermasalah.

  • Memeriksa dan juga merawat hoist pada gantry crane. Seperti melihat apakah ada kerusakan, kelonggaran komponen hoist, trolley, girder, runway, ataupun system elektrikal yang ada pada hoist di gantry crane.

  • Hoist di gantry crane pada komponen wire rope, tentunya harus dipastikan dengan baik dalam posisi di drum grooves. Ataupun bottom block atau wire rope tidak kusut atau bersentuhan.

  • Selalu periksa dan pastikan tidak ada kontak arus di panel saat membuka panel dengan aman. Lalu jangan lupa juga memastikan tidak ada kabel terlepas, atau luka atau tegang.

  • Anda juga perlu memastikan bahwa push button pendant controls dalam kondisi baik, seperti baik dalam kondisi fisik dan kondisi label nya yang juga baik.

  • Selalu memberikan pelumasan pada bagian-bagian komponen penggerak yang ada di gantry crane. Contohnya seperti bagian derek serta sambungan seal lainnya, yang mana itu bertujuan agar komponen penggerak gantry crane tersebut tidak seret. Namun perhatikan, sebelum itu anda sebaiknya bersihkan terlebih dahulu untuk menjaga derek terbebas dari kotoran serta tetap menjaga komponen dalam kondisi baik.

  • Melakukan perawatan sekunder derek, yaitu maksudnya adalah mencakup mencakup semua pemeliharaan derek tingkat pertama. Namun dalam hal ini lebih ditekankan pada inspeksi dan penyesuaian komponen sehingga dapat mempertahankan kinerja mesin yang baik dari setiap perakitan mekanis, mekanisme operasi, hingga bagian-bagian pada gantry crane.

  • Lakukan penggantian sparepart jika memang setelah dilakukan pemeriksaan dibutuhkan penggantian sparepart. Namun jangan gunakan sparepart yang salah, karena lebih anda gunakan sparepart asli, dikarenakan itu pastinya terbaik dan berkualitas bagi gantry crane.

  • Terakhir yang tidak kalah penting, jangan pernah gunakan gantry crane pada user yang masih tidak tahu. Atau jangan gunakan gantry crane secara sembarang yang tidak sesuai dengan instruksi. Hal itu tentunya hanya akan membuat masalah dan kerugian, hingga kerusakan pada gantry crane.

Jadi itulah informasi yang berisikan cara merawat gantry crane dengan benar serta wajib juga secara berkala. Kiranya jadi manfaat untuk anda dan juga kepada semuanya. Sekian dari kami, jika ada diantara anda yang berniat ingin memiliki hoist and crane, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Elephant hoist and crane. Mengenai produk Elephant hoist and crane, tentunya bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com