Merawat Genset Diesel 5000 Watt Agar Tidak Cepat Rusak


Cara Merawat Genset Diesel 5000 Watt Agar Tidak Cepat Rusak

Genset diesel 5000 watt sangat dibutuhkan dalam dunia kelistrikan. Istilah genset mungkin sudah tak asing lagi di telinga Anda. Genset atau kepanjangan dari Generator Set adalah mesin yang terdiri dari pembangkit listrik atau generator.


Generator set ini dilengkapi dengan mesin penggerak yang disusun menjadi satu kesatuan. Kesatuan mesin ini akan menghasilkan suatu tenaga listrik dengan besaran tertentu, salah satunya genset dieset.


Keberadaan genset diesel sebagai generator listrik tentu akan membuat berbagai pekerjaan menjadi lebih mudah. Mengingat di zaman modern ini ketergantungan terhadap kebutuhan listrik sangatlah meningkat.


Genset diesel sangat memiliki manfaat besar bagi kehidupan sehari-hari. Manfaat yang paling utama dari genset diesel adalah sebagai cadangan energi dalam keadaan darurat dan cadangan energi listrik di rumah sakit.


Selain itu juga digunakan sebagai alternatif cadangan listrik ketika ada acara besar. Kesemuanya adalah manfaat utama dari genset yang sangat dibutuhkan. Terutama dalam kehidupan sehari-hari manusia.


Tips Perawatan Genset Diesel 5000 Watt


Agar genset diesel ini berfungsi maksimal, maka perlu dilakukan perawatan khusus. Perawatan pertama yang dilakukan adalah pemeriksaan umum. Terdapat beberapa bagian yang harus diperiksa secara teratur.


Bagian-bagian yang harus rutin diperiksa yaitu pada sistem pembuangan, sistem bahan bakar, sistem listrik DC, mesin, dan sistem control genset diesel 5000 watt.


Kemudian perlu dilakukan perawatan pada bagian sistem pelumasan. Anda perlu memeriksa level oli mesin saat mesin dimatikan pada interval tertentu. Matikan mesin dan tunggulah sekitar 10 menit.


Ini untuk memastikan oli pada bagian atas mesin mengalir sempurna menuju bak mesin. Lalu oli dan filter bekas harus secepatnya dibuang dengan benar agar terhindar dari kerusakan lingkungan.


Perawatan genset diesel 5000 watt yang lainnya adalah pada bagian sistem pendingin. Anda perlu memeriksa level cairan pendingin dalam keadaan mesin mati sempurna. Lalu periksalah pada interval yang ditentukan dalam table.


Anda harus melepaskan tutup radiator usai mesin didinginkan, jika perlu tambahkan pendingin hingga tingkat ¾ inch di bawah seal tutup radiator. Prosedur perawatan pada mesin genset sangat penting untuk dilakukan dengan baik.


Hal ini akan menentukan usia dan performa mesin ketika digunakan sebagai cadangan listrik. Dengan begitu, mesin genset diesel ini dipastikan berfungsi baik untuk memenuhi kebutuhan daya yang dibutuhkan.


Perawatan Sistem Bahan Bakar Genset Diesel dengan 5000 Watt


Perawatan genset diesel 5000 watt yang perlu dilakukan selanjutnya adalah memeriksa sistem bahan bakar. Sebab kualitas bahan bakar akan turun dan rusak dalam waktu tertentu penggunaan.


Inilah pentingnya memanaskan mesin secara rutin agar bahan bakar yang tersimpan dapat habis sebelum tanki rusak. Bahkan filter bahan bakar juga harus dikeringkan agar mesin genset diesel tidak cepat rusak.


Selain itu, perawatan baterai starting juga perlu diperhatikan sebagai cara merawat agar genset diesel tidak rusak. Baterai yang mulai lemah adalah faktor penyebab kegagalan genset.


Meskipun terisi penuh dan dirawat baik, pada akhirnya baterai starting tetap akan mengami penurunan kualitas. Dari waktu ke waktu baterai harus diganti sekitar 24 hingga 36 bulan penggunaan.


Cara merawat genset diesel 5000 watt yang tak kalah penting harus dilakukan pemanasan secara rutin. Hal ini akan membuat bagian-bagian mesin yang dilumasi, mencegah oksidasi kontak listrik, dan membantu memberikan starting mesin yang prima.


Perawatan genset yang dilakukan dengan baik akan meningkatkan performa saat digunakan. Selain itu perawatan yang baik juga akan mengurangi risiko kerusakan dini dan kerugian finansial akibat pemadaman listrik pada data center.


Perawatan yang sudah kami jelaskan di atas adalah sebagai cara preventif untuk meminimalisir kebutuhan perbaikan dan mengurangi biaya operasional pada genset diesel 5000 watt.