Yuk Simak Cara Merawat Genset Untuk Hotel Agar Tidak Mudah Rusak



Hotel merupakan bangunan besar yang membutuhkan tenaga listrik yang memadai. Hotel beroperasi selama 24 jam, bahkan porsi energi listrik dalam dunia perhotelan menjadi salah satu yang terbesar dikarenakan adanya peralatan seperti pompa, AC, laundry, lemari es, dapur, lampu, televisi, dan lain sebagainya, juga ada pengkondisian udara seperti cooling tower dan chiller. Karena itulah, keberadaan genset berperan penting demi kelangsungan orang-orang yang menghuni hotel itu sendiri, baik karyawan maupun tamu hotel.


Cara Merawat Genset untuk Hotel

Sebelum kita membahas tentang bagaimana cara merawat genset untuk hotel, ada baiknya jika kita mengetahui sedikit mengenai manfaat dari genset untuk dunia perhotelan. Ada beberapa manfaat yang bisa kita ketahui, seperti:


1. Melindungi perlengkapan listrik hotel dari kerusakan

Listrik yang tiba-tiba konslet atau mati mendadak bisa berakibat kerusakan signifikan pada peralatan hotel. Tentu biaya untuk perbaikannya akan sangat besar. Dari sinilah ketersediaan dari genset hotel akan memberikan dukungan signifikan agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan.


2. Menunjang hotel berdaya listrik besar

Hotel berbintang terutama dengan bintang empat ke atas tentu memiliki fasilitas yang baik sehingga tujuan untuk memuaskan para tamu tercapai. Hal tersebut harus didukung juga dengan peralatan hotel yang banyak. Sesuatu yang baik tentu di belakangnya didukung dengan alat yang baik juga, karena itu daya listrik besar akan dibutuhkan bagi hotel mewah. Kehadiran genset akan sangat membantu kinerja daya tampung besar listrik tersebut.


3. Menjaga hotel tetap beroperasi sebagaimana mestinya

Genset yang andal dan berkualitas akan menunjang hotel untuk tetap beroperasi

sebagaimana mestinya. Contoh adalah penggunaan lift , AC, dan lampu hotel yang harus terang sesuai dengan kadar watt-nya.


4. Mengutamakan kenyamanan tamu hotel

Fasilitas yang bagus dari sebuah hotel akan mempengaruhi kenyamanan para tamu hotel. Di samping tamu akan kembali menginap di hotel anda, penggunaan genset untuk memenuhi kelancaran dari fasilitas yang ditawarkan hotel akan sangat dibutuhkan.


Kalau kita berbicara mengenai genset, maka perlu memperhatikan perawatan dari genset itu sendiri, agar pasokan listrik tetap terjaga, terutama bagi dunia perhotelan. Ada beberapa cara untuk merawat genset supaya awet, yakni sebagai berikut:

  1. Lakukan pemanasan genset satu kali seminggu. Tidak hanya motor atau mobil yang memerlukan pemanasan ini, genset juga perlu agar mesinnya tetap aktif berjalan saat dimulai ‘starting’. Genset yang sudah dipanaskan akan memungkinkan mesin bergerak dan tentunya akan menjadi lebih andal.

  2. Periksa aki genset dengan memeriksa alur koneksi terminal aki agar tidak longgar. Sistem listrik DC atau aki ini pastikan tidak berkarat karena dapat menghambat ‘starting’ genset.

  3. Memastikan filter alat bakar dalam kondisi yang baik. Jalur-jalur bahan bakar pastikan juga tidak bergesekan dengan benda apapun, sebab akan menimbulkan kegagalan fungsi.

  4. Melakukan pemeriksaan sistem kontrol bermanfaat untuk melancarkan penyaluran beban. Lakukan pemeriksaan secara teratur dan pastikan log data benar selama pemanasan mesin. Jangan lupa untuk mengembalikan sistem kontrol kembali ke normal automatic stand by.

  5. Memeriksa sistem pembuangan dapat dilakukan dengan mengecek bagian knalpot dan asap yang dikeluarkan tidak terlalu berlebihan. Jika asap yang dikeluarkan berlebih, maka khawatir akan ada masalah dari kualitas bahan bakar yang kotor.

  6. Merawat sistem pendingin harus dilakukan dengan hati-hati. Ini berguna untuk menghindari kerusakan sirip-sirip pendingin. GUnakan kompresi udara tekanan rendah ke arah yang berlawanan dari aliran udara normal radiator untuk membersihkan radiator.

  7. Jaga selalu kebersihan genset dengan membersihkan kotoran, debu, dan benda asing yang mengganggu.


Begitulah penjelasan tentang bagaimana cara merawat genset untuk hotel agar tidak mudah rusak. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Apabila anda sedang mencari genset dengan kualitas yang bagus dan tahan lama, kami memiliki produk genset dengan merk Tenka yang merupakan genset berkualitas dari Jepang. Segera kunjungi situs ini untuk informasi detailnya.