Beragam Cara Merawat Genset Untuk Kantoran Agar Selalu Awet dan Prima



Apa yang anda rasakan ketika tiba-tiba listrik padam saat sedang bekerja? Atau ketika dikejar deadline dari atasan? Pastinya sangat mengecewakan, bukan? Sesekali memang PLN melakukan pemadaman listrik guna untuk pengecekan dan memperbaiki bagian listrik agar lebih optimal. Karena itulah diperlukan sebuah alat agar tak terganggu saat mobilitas sedang berjalan, terutama dalam gedung perkantoran yang notabene diisi oleh pekerja yang tentu sangat membutuhkan aliran listrik sebagai penunjang kinerjanya.


Cara Merawat Genset Untuk Kantoran

Ketika listrik padam secara tiba-tiba di kantor tempat anda bekerja, tentu saja semua aktivitas menjadi terganggu. Produktivitas juga tidak akan berjalan dengan semestinya. Karena itulah setiap kantor perlu memiliki alat yang mendukung agar mobilitas penghuni gedung tetap berjalan. Genset adalah solusinya. Apalagi jika genset tersebut berkualitas dari Jepang seperti Tenka. Diproduksi dari Honda yang tak diragukan lagi kualitasnya, memiliki garansi 1 tahun, tipe yang lengkap terutama untuk gedung perkantoran, serta teknisi yang andal dan berpengalaman. Tenka berpengalaman di industri genset selama puluhan tahun. Anda bisa melihat lebih detail mengenai genset Tenka melalui tautan ini.

Kemudian, bagaimana cara merawat genset untuk gedung perkantoran itu sendiri? Agar selalu awet dan prima, dibutuhkan beberapa perawatan serius, seperti berikut:

  • Meletakkan Generator Set pada tempat kering sebab bilamana terkena air ataupun sinar matahari langsung dapat menyebabkan kerusakan.

  • Mengkondisikan kebersihan Genset dari debu, kotoran, minyak dan air yang menempel agar bagian radiator genset tetap dalam keadaan baik.

  • Perhatikan suku cadang yang sudah aus dan lakukan penggantian agar genset atau Generator Set bisa bekerja secara optimal.

  • Ruangan genset ada sirkulasi udara yang baik untuk membuat gas buangan dari pembakaran genset dalam asap knalpot terbuang dengan baik.

  • Membaca buku petunjuk manual untuk memperhatikan pengoperasian genset agar tidak terjadi nya kerusakan pada genset.

Selain itu juga ada beberapa tips perawatan genset yang harus rutin dilakukan, di antaranya adalah : Melakukan pemanasan genset satu kali seminggu. Jadi, tidak hanya motor atau mobil saja yang dipanaskan, genset pun harus dipanaskan agar mesinnya tetap aktif berjalan saat dimulai starting. Genset yang sudah dipanaskan akan memungkinkan mesin bergerak dan tentunya lebih handal. Kemudian, periksalah tingkatan (level) oli mesin saat mesin dimatikan pada interval yang ditentukan tabel (table). Jaga level oli sedekat mungkin dengan “full” tanda pada dispstick dengan menambahkan oli yang berkualitas dan merek yang sama. Matikanlah mesin dan tunggu sekitar 10 menit untuk pembacaan yang akurat. Aktivitas ini bertujuan untuk memastikan oli bagian atas mesin mengalir ke dalam bak mesin. Untuk menghindari kerusakan lingkungan, oli dan filter bekas harus dibuang. Lalu jangan lupa juga untuk mengganti sparepart genset. Penggantian sparepart genset sangat penting terlebih jika genset telah digunakan dalam kurun waktu yang lama. Anda dapat melihat buku panduan genset untuk mengetahui komponen genset apa saja yang harus diperbaiki dan kapan waktu untuk melakukan penggantian tersebut. Anda juga bisa langsung mendatangi perusahaan tempat Anda pernah membeli genset.

Itulah beberapa informasi mengenai cara merawat genset untuk gedung perkantoran agar selalu awet dan bekerja prima. Kunjungi situs kami untuk mendapatkan informasi penting lainnya seputar genset, terutama bagi anda yang memiliki gedung kantor sendiri, tentunya informasi mengenai genset ini akan sangat membantu. Jangan lupa membagikan informasinya juga ke media sosial anda.