top of page

Memperpanjang Umur Pakai: Cara Merawat Pompa Celup yang Tahan Terhadap Minyak



Minyak merupakan istilah umum untuk semua cairan organik yang tidak larut atau bercampur dalam air (hidrofobik) tetapi larut dalam pelarut organik. Nah minyak sendiri umum ditemukan pada bensin, pelumas atau oli, atau minyak lain yang memang memiliki tekstur sama dengan minyak pada umumnya. Adapun minyak memang memiliki kegunaan, yang mana dalam mengalirkan minyak maka dibutuhkan sebuah pompa yang memang bertekanan.


Dalam pekerjaan yang melibatkan minyak, maka jelas sekali pompa yang digunakan untuk itu haruslah pompa yang memang tahan terhadap minyak, seperti salah satunya adalah pompa celup tahan minyak. Tentu seperti pada pompa umumnya, pompa celup yang tahan minyak bukan berarti dia adalah pompa kuat yang tidak bisa rusak dengan sendirinya. Pompa celup tahan minyak juga harus dirawat agar pompa tersebut bisa berumur panjang.

Inilah Cara Merawat Pompa Celup Tahan Minyak yang Bisa Memperpanjang Umur Pompa

Perlu digarisbawahi, pompa celup tahan minyak bukan berarti dia adalah pompa yang tahan terhadap apapun. Jadi pompa celup tersebut hanya tahan terhadap minyak, tapi tidak dengan faktor lain yang memang merusak pompa itu sendiri. Pompa tahan minyak yang dirawat dengan benar serta tepat, jelas akan membuat pompa tersebut memiliki umur panjang. Alhasil Anda tidak perlu repot ganti pompa celup, bahkan bisa membuat pekerjaan yang melibatkan minyak tetap konsisten secara efisien dan praktis.


Nah adapun pompa tahan minyak yang dirawat dengan benar, adalah dengan cara yang akan kami jelaskan ini. Kalian bisa simak penjelasan kami mengenai cara merawat pompa celup tahan minyak yang pastinya bisa memperpanjang umur pompa celup tersebut di berikut ini:

Selalu Memastikan Pompa Celup Tahan Minyak dalam Keadaan Bersih

Pompa celup yang digunakan untuk pekerjaan minyak memang adalah pompa celup yang harus tahan terhadap segala minyak. Hal ini penting, karena bisa saja minyak akan mempengaruhi kinerja pompa celup, yakni dengan merusak komponen luar pompa celup bahkan dapat mempengaruhi pergerakan dalam dari pompa celup tersebut. Jadi dengan begitu maka tidak heran bila pekerjaan yang berkaitan dengan minyak haruslah ditangani dengan pompa celup tahan minyak.


Pompa celup yang sering terkena minyak, memang patut dibersihkan secara benar dan tepat. Anda mungkin merasa bahwa minyak yang mengalir pada pompa celup adalah baik sebagai metode pelumasan untuk pompa celup tersebut. Namun itu akan berbeda jika minyak tersebut adalah minyak yang memiliki kandungan tidak baik bagi pompa tersebut yang lama kelamaan akan menggerus pompa untuk semakin rusak. Jadi ada baiknya bersihkan pompa celup dari minyak tidak baik, baik dari luar maupun dalam bagian pompa celup.

Memperhatikan Body da Baut Pompa Celup Tahan Minyak yang Harus Rapat Adanya

Badan pompa celup tahan minyak yang memang terbuka atau pada bautnya longgar, jelas bisa membuat minyak dapat mengalir masuk ke dalam bagian pompa celup tersebut. Ini jelas berbahaya bagi pompa tersebut, yang mana akan membuat pompa celup tidak bekerja sebagaimana mestinya.


Diusulkan untuk selalu memperhatikan kondisi bagian luar pompa celup tahan minyak Anda. Ini meliputi bagian casing yang harus terus rapat, serta baut-baut tidak longgar di pompa celup. Anda bisa melakukan perawatan ini secara berkala setiap kali pompa celup tahan minyak ingin digunakan atau setelah pompa celup tahan minyak selesai digunakan Anda.

Beri Pelumas atau Oli pada Gigi Putaran dalam Pompa Celup Tahan Minyak

Pompa celup tahan minyak yang memang lama tidak digunakan, tentunya itu bisa beresiko pada pompa celup yang akan seret pada pergerakan gigi putar dalam pompa celup tersebut. Alhasil pergerakan pompa tersebut bermasalah yang malah akan berdampak pada pengerjaan dari pompa celup tahan minyak tersebut.


Oleh karena itu, maka penting sekali memberikan pelumas atau oli tepat pada gigi putaran dalam pompa celup tahan minyak Anda. Ini berguna agar perputaran gerak pompa tidak bermasalah atau mengganggu jalanya pekerjaan pompa celup tahan minyak tersebut.


Itulah cara merawat pompa celup tahan minyak agar pompa tersebut bisa berumur panjang. Kiranya artikel ini jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk pompa celup terbaik dan berkualitas yang bisa diandalkan, maka rekomendasi kami ada pada pompa celup dari Tsurumi. Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut pompa celup Tsurumi di IndahJaya.com

bottom of page