Cara Merawat Rubber Tyre Gantry Crane yang Wajib Diketahui



Rubber Tyred Gantry Crane atau biasa dipanggil RTG crane, adalah mobile gantry crane yang digunakan dalam operasi untuk mengatur atau menumpuk kontainer atau material lainnya. Selain itu, RTG juga banyak digunakan dalam industri untuk membangun struktur besar yang tidak seimbang, merakit komponen manufaktur yang berukuran besar, hingga dapat memposisikan pipa.


Tidak hanya itu, RTG juga banyak digunakan di stock yard pada industri fabrikasi baja dan pracetak, dikarenakan sifatnya yang mobile dengan mengandalkan listrik yang berasal dari generator diesel (genset) dengan kapasitas antara 100 kW hingga 600 kW. Nah dengan banyak kegunaan dan manfaat, maka RTG crane juga perlu dirawat sedemikian rupa agar bisa awet. Untuk cara merawatnya, maka anda bisa ketahui di artikel ini!


Inilah Cara Merawat Rubber Tyre Gantry Crane yang Wajib Anda Ketahui Semuanya


Rubber Tyre Gantry Crane atau RTB crane adalah salah satu jenis crane yang juga termasuk dalam jenis gantry crane. Nah tentunya sama dengan itu, RTB crane juga perlu melakukan perawatan yang benar, hal itu agar tidak membuat crane tersebut mudah rusak, malfungsi, hingga lainnya yang bisa berdampak pada kecelakaan kerja. Maka dari itu penting sekali melakukan perawatan yang benar dan pastinya berkala pada RTB crane.


Nah berikut ini adalah cara merawat Rubber Tyre Gantry Crane atau RTB crane yang bisa anda ketahui atau bisa anda terapkan pada RTB crane anda:

  • Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, RTB crane mengandalkan genset dalam suplai listriknya. Nah maka dari itu merawat RTB crane juga perlu memperhatikan genset yang terdapat pada RTB crane. Pastikan genset adalah yang terbaik dan berkualitas, lalu pastikan juga kapasitasnya sesuai dengan standar dari RTB crane.

  • Layaknya crane-crane lain, RTB crane juga termasuk dalam jenis crane, sehingga perlu sekali memperhatikan tiap komponen pada RTB crane. Contohnya pada pemeriksaan hingga melakukan pelumasan pada komponen-komponen penggerak yang ada di RTB crane. Namun jangan sembarangan melakukan pelumasan, karena pelumasan juga harus memperhatikan komponen tersebut, seperti sesuai dan tidak ada partikel yang menempel, ataupun lain sebagainya yang merusak komponen.

  • Karena RTB crane juga memiliki hoist dalam liftingnya, maka perhatikan juga pemeriksaan yang ada pada hoist tersebut. Banyak pemeriksaan pada hoist, seperti trolley, wire rope, sistem elektrikal, hingga pada panel dari hoist yang semuanya harus berada pada keadaan normal dan tepat.

  • Lakukan pemeriksaan atau service berkala pada crane dan juga hoist di RTB crane, sehingga dapat mempermudah anda dalam mengontrol kerusakan atau kejanggalan yang ada pada RTB crane.

  • Yang terpenting juga, jangan menggunakan RTB crane oleh pengguna yang tidak tahu cara menggunakannya. Karena jika demikian maka itu akan berpotensi pada kerusakan RTB crane, hingga bisa membuat kerugian dalam banyak hal. Maka dari itu, penting sekali menggunakan RTB crane sesuai dengan instruksi yang benar dalam menggunakan RTB crane.

Itulah cara anda merawat dengan benar Rubber Tyre Gantry Crane atau RTB crane, sehingga dengan begitu bisa anda dapatkan manfaatnya, terutama bisa menjadi awet serta tahan lama pada RTB crane. Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi anda semua, terutama menambah wawasan anda terkait cara merawat crane seperti RTB crane. Nah jika anda ingin memiliki hoist dan crane terbaik dan berkualitas, maka anda bisa dapatkan itu di Elephant hoist and crane yang berada di IndahJaya.com